Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Mengidentifikasi Sifat Adonan

51

KABARPANDEGLANG.COM – Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal yaitu air, garam, gula, dan emas 24 karat. Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis bahan atau zat tunggal. Campuran mampu dibedakan menjadi campuran homogen dan adonan heterogen.

Campuran homogen merupakan gabungan yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan. Sedangkan adonan heterogen merupakan gabungan yang zat penyusunnya tidak tercampur tepat.

Baca Juga :  Menyajikan Data Dalam Bentuk Diagram Gambar

Pada gabungan heterogen, zat penyusunnya masih mampu dibedakan. Contoh: gabungan air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Perbedaan Campuran Homogen dan Campuran Heterogen antara lain : Setiap bab dari gabungan homogen adalah serba sama (warna, rasa, dan perbandingan zat-zat tercampur sama). Contoh campuran homogen: Sesendok gula dilarutkan dalam segelas air.

Sedangkan pada gabungan heterogen tidak sama (tidak sama warna, perbandingan zat tercampur dan konsentrasinya). Contoh adonan heterogen : Pasir yang dilarutkan dalam air.

Ingat kembali pembelajaran tentang zat tunggal dan zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk membedakannya. Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat adonan. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:

1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.
2. Buatlah adonan sesuai tabel berikut, kemudian catat hasil pengamatanmu.

Baca Juga :  Menciptakan Peta Pikiran Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan

Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.

Gelas Komponen Penyusun Tercampur Sempurna Tidak Tercampur Sempurna
1. Air + gula
2. air + minyak
3. air + pasir
4. air + pewarna makanan
5. minyak + pasir
6. minyak + pewarna masakan
7. minyak + gula

a. Campuran manakah yang tercampur tepat?

Campuran yang tercampur sempurna yaitu Air + gula dan Air + pewarna makanan

b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?

Campuran yang tidak tercampur sempurna ialah; air + minyak, air + pasir, minyak + pasir minyak + pewarna makanan, minyak + gula

Ayo Mencoba

Pernahkah kamu melihat penjual jamu mencampur air dengan serbuk dari kunyit dan buah asam? Percampuran antara air, serbuk kunyit, dan buah asam menghasilkan minuman kunyit asam. Apakah adonan itu tercampur sempurna atau tidak tercampur sempurna?

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi Mengidentifikasi Sifat Campuran

Ayo, lakukan percobaan berikut.
Sediakan gelas, air putih, serbuk kunyit, dan serbuk asam. Lakukan percobaan seperti pada percobaan di atas.

Baca Juga :  Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional

Tuliskan hasil percobaanmu di buku latihanmu, Setelah itu, laporkan karenanya kepada Ibu/Bapak Gurumu.

Campuran air dengan serbuk kunyit maupun air dengan serbuk asam, keduanya tidak dapat tercampur sempurna.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More