Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

  • Bagikan
Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

KABARPANDEGLANG.COM, Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial – Generasi millenial dikenal sebagai anak muda yang lebih konsumtif dan kurang memiliki perencanaan keuangan yang baik. Padahal rencana finansial harus dilakukan secara matang agar masa depan lebih terjamin. Jika gaji Anda setiap bulan masih pas-pasan, bagaimana cara mengelola keuangan yang lebih baik tersebut? Pastikan Anda menggunakan aplikasi Astra Financial bila ingin mengelola keuangan lebih baik, termasuk kemudahan mengajukan pembiayaan sesuai kebutuhan tanpa membuat keuangan terganggu.

7 kiat penting dalam merencanakan keuangan

Anak muda memang identik dengan foya-foya sesuai dengan tuntutan jaman di era digital ini. Tidak hanya bentuk konsumtif dalam gaya hidup saja, tetapi anak muda acap tidak memikirkan keuangan masa depan. Padahal situasi ekonomi bisa berubah kapan saja, termasuk risiko tidak punya pekerjaan pada masa pandemi yang tidak bisa diprediksi. Supaya Anda bisa memiliki keuangan yang lebih terencana, ada baiknya mencoba kiat penting dalam merencanakan keuangan berikut :

Menentukan rencana finansial jangka pendek dan panjang

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial
Sumber : Astrafinancial.co.id

Coba tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai apa tujuan keuangan Anda dalam beberapa waktu kedepan! Hal ini sangat mempengaruhi perencanaan keuangan Anda jangka pendek dan panjang. Apa yang ingin Anda miliki dalam waktu 5 tahun dari sekarang atau bagaimana keinginan finansial Anda pada masa tua nanti?

Misalnya Anda ingin memiliki tabungan sebesar 50 juta dalam waktu lima tahun mendatang, punya rumah minimalis, punya mobil, biaya pernikahan, dan lain-lain. Memiliki tujuan dalam waktu pendek atau panjang bisa membantu Anda menekan laju pengeluaran untuk gaya hidup mewah atau hedon. Jika penghasilan belum memadai, maka gaya hidup hedon akan membuat Anda tidak mencapai tujuan dalam waktu yang direncanakan.

Baca Juga :  Tips Cepat Move On dan Membuat Mantanmu Menyesal

Membuat pencatatan lebih detail

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

Buat kalkulasi pencatatan yang lebih detail mengenai harta atau aset yang Anda miliki hingga pinjaman yang ada. Jika Anda punya pengeluaran rutin untuk membayar kredit mobil, kartu kredit dan lain-lain, buat daftar khusus yang bisa memberikan informasi nilai hutang Anda secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa mencatat pendapatan setiap bulan yang dihasilkan dari gaji utama, pekerjaan sampingan dan investasi.

Membuat daftar pengeluaran lebih teliti

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

Rekap daftar pengeluaran Anda mulai pengeluaran paling pokok hingga kebutuhan sekunder lain. Usahakan mencatat kebutuhan prioritas di daftar utama yang mencakup biaya sewa rumah, biaya makan, biaya transportasi, listrik, air, biaya anak sekolah, hutang, dan lain-lain.

Usahakan membuat daftar prosentase pengeluaran yang lebih aman agar gaji Anda cukup memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya Anda membuat nilai prosentase hutang hanya 20-30 persen saja, kebutuhan hidup seluruh keluarga sekitar 40 persen, maka alokasi 30 persen lain harus Anda gunakan untuk kebutuhan yang tidak kalah penting dalam perencanaan keuangan kelak seperti asuransi, investasi, tabungan, hiburan, dan sebagainya.

Berhemat dan bayarkan tagihan tepat waktu

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

Pastikan Anda membayar tagihan tepat waktu agar tidak menimbulkan kerugian finansial berupa denda keterlambatan pembayaran yang jatuh tempo. Hal ini akan semakin membebani keuangan Anda bila tidak segera membayar tepat waktu, lho! Setidaknya pembayaran tagihan tepat waktu bisa memberikan ketenangan batin sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lebih produktif.

Bila Anda ingin memiliki tabungan atau rencana finansial dalam waktu tertentu terlaksana, maka usahakan selalu berhemat dalam menekan biaya yang lain. Jika Anda memiliki kebutuhan bulan depan dari dana tabungan, maka coba hemat pengeluaran makan Anda dengan memangkasnya. Misalnya Anda terbiasa makan daging ayam, maka kurangi biaya pengeluaran dengan menu yang lebih sederhana. Terdengar menyiksa, ya? Namun, Anda harus melakukan trik penghematan agar finansial masa depan tidak terganggu.

Baca Juga :  Top 5 Situs Pinjaman Online Terbaik dan Legal

Mencari pendapatan tambahan

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

Jika pendapatan dari pekerjaan utama terasa kurang, Anda bisa mencoba menggali potensi dengan mencari pendapatan tambahan. Perlu susah payah untuk membangun aset dengan mengurangi waktu tidur, bekerja lebih giat dan cerdas, bisa membagi waktu dengan baik, dan berbagai tips trik mendapatkan penghasilan tambahan.

Dewasa ini, generasi muda bisa lebih mudah mendapatkan uang dengan kemajuan teknologi dan informasi yang sangat cepat. Anda bisa bekerja memanfaatkan kemampuan yang ada, misalnya penulis di platform digital, jasa desain paruh waktu, penerjemah, dan lain-lain. Bila bisa menghasilkan uang dari hobi yang dilakoni tanpa mengganggu pekerjaan utama, kenapa tidak?

Memulai investasi yang tepat

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

Keuangan masa depan akan terjamin lebih baik kalau Anda mulai open minded dengan investasi. Potensi keuntungan dari investasi sangat besar di era serba digital ini asal Anda tahu tips dan trik menjalani investasi yang aman hingga berisiko. Bagi pemula yang masih awam, maka pilih investasi paling aman seperti logam mulia, deposito berjangka, reksadana, dan lain-lain.

Bila Anda sudah paham tentang investasi, maka bisa mencoba investasi berisiko tinggi tapi memberikan nilai yang tidak kalah tinggi. Jenis investasi yang bisa Anda coba adalah trading saham, kripto dan lain-lain. Hanya saja Anda harus giat mencari informasi, belajar dari senior dan terus belajar tentang bisnis investasi ini.

Asuransi

Merencanakan Masa Depan Keuangan Terbaik Bersama Astra Financial

Kunci finansial aman pada masa pensiun adalah memilih produk asuransi terbaik sejak usia produktif. Meskipun masih muda dan belum menikah pun, Anda wajib mempertimbangkan asuransi sejak dini. Bila sudah mulai berkeluarga, maka pastikan Anda dan keluarga tercover asuransi yang menjamin keamanan finansial tanpa bengkak.

Baca Juga :  Untuk Wanita, Ini 5 Cara Mengungkapkan Cinta Pada Pria Tanpa Kehilangan Harga Diri

Asuransi yang wajib Anda pilih mulai asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, dan lain-lain. Jangan lupa bayarkan asuransi Anda setiap bulan atau tahunan di aplikasi MOXA yang membantu perencanaan keuangan lebih terjamin. Anda bisa mendapatkan kehidupan yang lebih tenang sebab pos pengeluaran asuransi yang Anda bayarkan akan memberi manfaat pada masa dibutuhkan.

Hanya saja Anda harus memastikan bahwa perusahaan asuransi yang dipilih memiliki rekam jejak yang kredibel mulai produk yang ditawarkan, nilai pertanggungan, kemudahan klaim, dan lain-lain. Perhatikan testimoni dari orang lain yang menggunakan asuransi yang sama agar Anda yakin menandatangani polis yang disepakati dalam waktu tertentu. Jangan mudah tergoda penawaran premi setiap bulan murah, tetapi tidak memberikan kemudahan pengajuan klaim atau risiko buruk lainnya.

Dari beberapa kiat merencanakan finansial masa depan di atas, pastikan Anda mencoba menerapkannya mulai sekarang. Perencanaan keuangan yang bagus akan mendukung masa depan Anda dan keluarga lebih terjamin, apalagi risiko keuangan bisa terjadi kapan saja karena faktor tertentu, misalnya pandemi, PHK sepihak, penurunan ekonomi dunia, dan lain-lain. Lakukan perencanaan keuangan Anda dengan aplikasi pembiayaan yang bermanfaat dari Astra Financial.

Anda bisa menggunakan layanan MOXA untuk membeli mobil atau motor baru, traveling, pembiayaan pinjaman, dan lain-lain. Jika butuh dana darurat pada waktu tertentu untuk kebutuhan tidak terduga atau tambahan modal usaha, Anda bisa mengajukan pembiayaan yang lebih mudah dan fleksibel. Asal Anda bisa mengatur keuangan dengan cicilan yang lancar, hutang produktif bisa membantu keuangan Anda lebih lancar, kok.

  • Bagikan