Oknum Kpps Disangka Lakukan Pelanggaran, Tps Di Pandeglang Ini Lakukan Pemungutan Suara Ulang

  • Bagikan
Default Social Share Image

PANDEGLANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang menunjukkan saran Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 di Kampung Cilincing, Desa Pasirmae, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang Minggu, (13/12/2020).

Rekomendasi itu didasarkan atas adanya prasangka Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tersebut yang memberikan hak suara lebih dari satu kali pada Pilkada Pandeglang kemarin.

Koordinator Divisi Pengawasan pada Bawaslu Pandeglang, Karsono mengungkapkan, sesuai Undang-undang nomor 1 tahun 2015 pasal 112 ayat 2 karakter D disebutkan bahwa pemungutan suara ulang bisa dilaksanakan bila salahsatunya terjadi pemilih yang menentukan lebih dari satu kali di TPS yang serupa atau yang berlawanan.

Baca Juga :  Tim Thoni-Imat Desak Kpu Pandeglang Lakukan Pemungutan Suara Ulang Di Seluruh Tps

“Indikasinya ada pemilih yang memilih lebih dari 1 kali. Yang melaksanakan pelanggaran itu disangka yaitu penyelenggara dalam hal ini oknum KPPS,” ungkap Karsono dikala dijumpai di Kantor Bawaslu Pandeglang, mirip dilansir dari bantennews.co.id Sabtu, (12/12/2020).

Ia mengatakan, saran PSU itu berdasarkan usulan pengawas TPS yang dilaporkan ke pengawas kecamatan dan dari pengawas kecamatan dijalankan observasi setelah itu dilaporkan ke Bawaslu sehingga Bawaslu merekomendasikan PSU.

  • Bagikan