Panduan Cara Bikin Vlog untuk Bisnis yang Menarik

  • Bagikan
Default Social Share Image

Panduan Cara Bikin Vlog untuk Bisnis yang Menarik – Vlog atau video blog bisa menjadi sarana berpromosi bisnis yang efektif. Banyak masyarakat Indonesia yang menggemari Youtube dan menonton konten vlog.

Ada beberapa hal positif dari merambah Youtube untuk promosi bisnis. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, youtubers atau pembuat konten di Youtube bahkan dapat mendapatkan penghasilan yang lumayan dari video kreasinya, lho.

Lantas, bagaimana cara membuat vlog yang maksimal? Simak cara membuat vlog khusus untuk bisnis agar sukses memikat banyak orang, berikut ini.

1. Mendaftar akun Youtube

Tentunya, hal pertama kali yang perlu dilakukan adalah mendaftar untuk mendapatkan akun Youtube. Anda pun akan membuat nama channel. Buatlah nama channel yang unik, agar mudah diingat oleh viewers.

2. Kumpulkan ide dan konsep

Mari mulai bekerja! Tahap awal dalam membuat konten vlog adalah merumuskan konsep vlog. Kumpulkan segala ide menarik yang ada di pikiran Anda. Kemudian, cermati ide tersebut satu persatu dan susunlah menjadi sebuah konsep menarik. Vlog yang seru adalah vlog yang memiliki suatu keunikan khas.

Baca Juga :  Belajar Cara Menulis Artikel dari 5 Influencer Kelas Dunia

Agar bisa meracik konsep vlog yang seru, Anda perlu up to date dengan perkembangan tren. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari beberapa Youtuber bisnis yang telah sukses memiliki banyak subscribers.

3. Persiapkan peralatan dan mulai merekam

Mari mulai merekam vlog! Sebelumnya, tentunya Anda perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan,

Alat pertama adalah kamera. Untuk menghasilkan video berkualitas tinggi, banyak Youtubers yang menggunakan kamera. Tak usah khawatir jika tak memiliki kamera, banyak kamera smartphone yang juga dapat menghasilkan video berkualitas.

Selain kamera, agar bisa merekam gambar dengan baik, Anda bisa menggunakan bantuan tripod serta stabilizer. Dengan demikian, video yang direkam akan lebih stabil dan tidak bergoyang-goyang.

Tata suara juga merupakan hal esensial dalam membuat vlog. Pastikan bahwa Anda merekam video dengan suara yang jelas. Anda bisa menggunakan bantuan mic alias perekam suara. Jika merekam dengan smartphone, Anda bisa menggunakan smartphone lain khusus untuk merekam suara. Dengan demikian, suara video Anda jadi lebih jelas.

Selain peralatan, hal yang tak kalah penting dalam membuat vlog adalah teknik pengambilan gambar. Perhatikanlah pencahayaan dan sudut pengambilan gambar. Video yang dihasilkan tentunya akan terlihat menawan.

Baca Juga :  PDKT dengan Calon Pelanggan Lewat 4 Cara Ampuh Ini

4. Edit video semenarik mungkin

Mengedit video adalah hal penting dalam membuat vlog yang menarik. Banyak aplikasi editor video yang bisa digunakan, berikut di antaranya:

  • MovieMaker (Windows)
  • iMovie (Mac)
  • Camtasia (Windows)
  • Screenflow (Mac)
  • Adobe Premiere Pro
  • Jukedeck (untuk mendapatkan musik video)

5. Upload video dengan strategi berikut

Youtube adalah platform yang sangat besar, ada ratusan video yang di-upload tiap menitnya. Akan ada video-video yang tidak mendapatkan spotlight alias terabaikan. Tentunya, Anda tidak ingin vlog yang Anda buat terabaikan, bukan? Oleh karenanya, ada beberapa strategi khusus yang perlu Anda terapkan ketika meng-upload video.

Pertama, pastikan bahwa video Anda berkualitas HD alias high definition. Lalu, pastikan bahwa Anda teratur dalam upload video karena hal tersebut baik untuk algoritma Youtube. Tentukan jadwal untuk upload dan umumkan kepada viewers.

Selain itu, Anda perlu mengoptimisasi meta data video. Dengan demikian, vlog Anda akan lebih banyak terpapar ketika orang-orang melakukan pencarian sesuai topik vlog Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meta data video:

  • Nama file video menggunakan kata kunci penting
  • Buatlah judul yang menarik. Letakkan kata kunci di awal judul. Anda bisa menggunakan hal yang sedang populer dan banyak dicari orang.
  • Sertakan informasi menarik tentang vlog di kolom deskripsi. Sisipkan juga kata kunci.
  • Sertakan tautan pada deskripsi. Anda bisa menyertakan tautan untuk video-video lain atau tautan menuju website bisnis. Letakkan di bagian awal deskripsi agar kemungkinan untuk diklik viewers lebih besar.
  • Berikan tag video yang relevan serta gunakan campuran kata kunci.
  • Buatlah thumbnail dengan gambar besar. Ukuran yang baik adalah sebesar 1280×720 pixels. Pilih gambar menarik dan mampu merepresentasikan video dengan baik. Jangan lupa letakkan headline.
  • Tambahkan anotasi (teks tambahan pada bagian atas video) yang relevan. Anda bisa menggunakannya sebagai call to action, misalnya dengan mengajak viewers memberikan like, comment, atau subscribe.

6. Kunci dari cara bikin vlog untuk bisnis: tingkatkan viewer action!

Viewer action adalah tindakan yang dilakukan oleh penonton konten Anda, dengan cara memberikan like, comment, serta subscribe channel Anda. Maksimalkan call to action untuk melakukan berbagai hal tersebut, misalnya melalui anotasi, menyisipkan dalam scene vlog, serta promosi di medsos lain.

Baca Juga :  Tetap Mesra Dengan Pasangan Meski Sudah Punya Anak, Ikuti 7 Tips Ini

Anda juga bisa mengajak penonton untuk mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Selain itu, jadilah interaktif. Jika ada yang berkomentar, berikanlah respon. Jalin juga interaksi dengan beberapa Youtuber.

Jangan lewatkan berbagai tips bisnis lainnya hanya disini, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

  • Bagikan