Pembelajaran 1 Subtema 4 Cuaca, Isu Terkini, Dan Iklim

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Indonesia yakni negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Musim di negara kita hanya ada 2 jenis, ialah musim hujan dan ekspresi dominan kemarau. Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda trend kemarau sedang berlangsung. Sesekali cuaca berawan.

Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda demam isu hujan telah tiba. Jika cuaca cerah dan hujan tiba silih berganti, itu menandakan sedang memasuki era peralihan atau pancaroba. Saat mirip ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.

Ayo Mengamati

Beberapa hari lalu, hujan selalu turun. Pagi ini cuaca cukup cerah. Matahari tampak sedikit dari balik awan. Sinarnya menembus kumpulan awan. Di jalanan tampak beberapa genangan air yang belum kering.

Baca Juga :  Pembelajaran 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, Dan Iklim

Siti dan sobat-sahabat berangkat ke sekolah bahu-membahu. Siti dan teman-teman bercakapcakap sepanjang jalan menuju ke sekolah.

Ayo Membaca

Bacalah percakapan Siti dan teman-sobat berikut!

Siti : Cuaca final-tamat ini sering hujan, ya. Hanya kadang kala cuaca terlihat cerah. Mengapa hal itu bisa terjadi, ya?
Lani : Sepertinya, kita akan mengalami musim hujan. Sekarang, kita sedang mengalami kurun peralihan atau pancaroba.
Dayu : Mengapa disebut masa peralihan atau pancaroba?
Lani : Indonesia adalah negara yang memiliki 2 demam isu saja. Peralihan dari animo kemarau ke ekspresi dominan hujan disebut pancaroba.
Dayu : Mengapa disebut isu terkini? Apa bedanya dengan cuaca?
Udin : Pertanyaan yang anggun, Dayu. Yuk, kita ke perpustakaan sekolah. Dimana bukunya banyak. Kita mampu mampu jawabannya.
Siti : Saya setuju. Saya juga mau ikut mencari info itu.
Baca Juga :  Perkembangan Masyarakat Masa Munculnya Rasa Kebangsaan

Siti dan teman-teman tiba di sekolah. Mereka berencana mencari buku di perpustakaan saat istirahat nanti.

Waktu istirahat telah tiba. Siti dan teman-sahabat pergi ke perpustakaan sekolah. Di sana, banyak buku yang berisi info perihal cuaca, animo, dan iklim. Di dalam perpustakaan kita harus hening biar tidak mengganggu pengunjung yang lain.

  • Bagikan