Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Pembelajaran 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, Dan Iklim

323

KABARPANDEGLANG.COM – Ayo Mencoba, Bermain Papan Informasi Udin dan sahabat-sahabat berkumpul di dalam kelas saat istirahat datang. Mereka saling bertukar gosip wacana cuaca, ekspresi dominan, dan iklim.

Udin mengajak sahabat-teman di kelas bermain papan info. Udin meminta mereka membentuk kelompok. Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok memberikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.

Ajaklah sahabat-temanmu untuk bermain mirip mereka. Informasi apa saja yang mampu dituliskan di papan tersebut? Kumpulkan gosip yang akan ditulis di papan.

Cuaca, ekspresi dominan, dan iklim merupakan keadaanudara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan mampu berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca mampu berubah.

Baca Juga :  Aktivitas Literasi 2 Satria Buku

Musim yakni keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau yaitu waktu tertentu yang sedikit hujan.

Musim terjadi dalam waktu yang lebih usang daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua ekspresi dominan: isu terkini kemarau dan
ekspresi dominan hujan.

Iklim yakni kondisi rata-rata cuaca menurut waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun Keadaan atmosfer yang diamati harian Indonesia terletak di garis khatulistiwa Meliputi wilayah yang amat luas Keadaan cuaca yang diamati dalam 1 tahun Indonesia mempunyai 2 ekspresi dominan Dapat berubah dalam waktu sehari Bergantung pada kondisi geografis di bumi Keadaan udara yang diamati dalam waktu yang sangat usang

Ayo Bercerita

Usai bermain, waktu istirahat pun tamat. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan info awut-awutan di lantai kelas. Siti mengajak teman-sobat untuk membersihkan kelas. Teman-teman, mari kita membersihkan kelas. Jika dilakukan gotong royong, pekerjaan akan segera akhir.

Baca Juga :  Tangga Nada Diatonis Mayor Dan Diatonis Minor

Betul, Siti, saya oke. Saya mau menghapus papan tulis. Saya mau mengelap meja.

Ajaklah sahabat-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat. Bersatu dalam keberagaman dalam melakukan hal sangat penting dan bermanfaat. Contohnya yaitu saat membersihkan ruang kelas. Ada yang menghapus papan tulis, ada yang menyapu laintai, dan ada yang mengelap meja.

Masing-masing menerima bagian tugas tanpa membeda-bedakan. Dengan bersatu pekerjaan yang dilakukan menjadi cepat simpulan. Selain itu dengan bersatu akan terjalin rasa saling mencintai sesama sahabat.

Ayo Mengamati

Berkarya dengan Kertas Bekas Kelas Siti dan sahabat-teman sudah terlihat higienis. Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain terbuang percuma.

Siti mengambil sisa kertas tadi dan menciptakan belahan kertas untuk mencar ilmu pengurangan penggalan berpenyebut sama. Inilah acuan alat peraga Siti dari barang bekas.

teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba Pembelajaran 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

Masih ingatkah kau dengan pengurangan potongan berpenyebut sama? Kamu mampu membuat alat peraga untuk membantu berguru pengurangan serpihan berpenyebut sama.

Baca Juga :  Langkah Langkah Membuat Buklet Sederhana

Ayo Berlatih

Kerjakanlah soal latihan berikut ihwal pengurangan belahan berpenyebut sama. Tuliskan lambang bilangan belahan lengkap dengan gambarnya.

teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba Pembelajaran 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

4. Kerjakan soal berikut tanpa disertai gambar.

a. = 3 2 = 1
7 7 7
b. = 5 3 = 2
6 6 6
c. = 4 1 = 3
5 5 5

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More