Pembelajaran 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, Dan Iklim

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Ayo Mencoba, Bermain Papan Informasi Udin dan sahabat-sahabat berkumpul di dalam kelas saat istirahat datang. Mereka saling bertukar gosip wacana cuaca, ekspresi dominan, dan iklim.

Udin mengajak sahabat-teman di kelas bermain papan info. Udin meminta mereka membentuk kelompok. Setiap informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok memberikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.

Ajaklah sahabat-temanmu untuk bermain mirip mereka. Informasi apa saja yang mampu dituliskan di papan tersebut? Kumpulkan gosip yang akan ditulis di papan.

Cuaca, ekspresi dominan, dan iklim merupakan keadaanudara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan mampu berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca mampu berubah.

Baca Juga :  Pembelajaran 5 Subtema 1 Saya Anggota Pramuka

Musim yakni keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau yaitu waktu tertentu yang sedikit hujan.

Musim terjadi dalam waktu yang lebih usang daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua ekspresi dominan: isu terkini kemarau dan
ekspresi dominan hujan.

Iklim yakni kondisi rata-rata cuaca menurut waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun Keadaan atmosfer yang diamati harian Indonesia terletak di garis khatulistiwa Meliputi wilayah yang amat luas Keadaan cuaca yang diamati dalam 1 tahun Indonesia mempunyai 2 ekspresi dominan Dapat berubah dalam waktu sehari Bergantung pada kondisi geografis di bumi Keadaan udara yang diamati dalam waktu yang sangat usang

  • Bagikan