Pemprov Banten Dorong Peningkatan Buatan Kacang Kedelai

  • Bagikan
Default Social Share Image

SERANGPemerintah Provinsi Banten lewat Dinas Pertanian terus mendorong peningkatan bikinan kacang kedelai untuk kebutuhan materi baku pembuatan tempe dan tahu. Menjadi salah satu upaya Pemprov Banten biar harga kacang kedelai stabil. Saat ini harga kedelai menyentuh angka Rp.10.200 per kilogram.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid mengatakan, salah satu upaya yang dijalankan adalah dengan kenaikan buatan kedelai setempat dengan perlindungan pemberian benih dan fasilitas buatan kepada petani seluas 2.050 ha. Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Pemerintah Pusat dan Pemprov Banten. Selain itu, pelatihan kepada petani secara kontinyu terus dikerjakan, terutama dalam hal penanganan paska panen.

Baca Juga :  Melihat Perjuangan Emping Melinjo Di Cijeruk Pandeglang, Tetap Eksis Di Tengah Pandemi

“Kedelai lokal yang dihasilkan petani Banten memiliki ukuran yang bermacam-macam sehingga lebih banyak diserap oleh industri tahu. Sementara untuk industri tempe tidak mampu banyak menyerap karena memerlukan ukuran kacang yang sama. Upaya yang mampu dilakukan petani ialah melakukan sortir kedelai yang dipanen. Untuk yang berskala besar dipasarkan ke industri tempe dan sisanya dipasarkan ke industri tahu,” kata Agus, Kamis (18/3/2021)

  • Bagikan