Pengertian Dan Fungsi Iklan, Slogan, Dan Poster

  • Bagikan
Pengertian Dan Fungsi Iklan, Slogan, Dan Poster

KABARPANDEGLANG.COM – Istilah iklan sudah familiar dengan dengan kehidupan sehari-hari, entah itu iklan di tv, internet, majalah, koran, banner, selebaran, baliho dan sebagainya. Dalam pelajaran di sekolah pun iklan juga merupakan salah satu bahan yang dipelajari.

Iklan mampu dibaca dan dilihat hampir di semua kawasan. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja manusia pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-daerah lainnya hampir selalu bertemu iklan.

Iklan telah mengepung dari aneka macam penjuru dan sepanjang waktu. Iklan memungkinkan untuk bisa menembus hampir semua celah kehidupan setiap orang. Apa sebetulnya iklan, poster, dan Slogan?

A. Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster

1. Iklan

Iklan merupakan salah bab dari industri perdagangan. Perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut diperlukan khalayak akan terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.

Aspek Keterangan
Ciri-ciri Iklan
  1. Informatif
  2. Bahasanya gampang dimengerti dan diingat masyarakat
  3. Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
Syarat Iklan
  1. Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
  2. Bahasa yang digunakan menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
  3. Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
  4. Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.
  5. Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, budpekerti, watak, target pasar, dan lain-lain.
Manfaat Iklan
  1. Produk menjadi lebih terkenal di mata masyarakat
  2. Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis mampu melonjak naik karena produk dipromosikan
Baca Juga :  Tugas Pancasila Dalam Menjaga Keberagaman Bangsa

2. Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang digunakan sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu perjuangan, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata. Beberapa acuan slogab antara lain sebagai berikut :

  • Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan ihwal perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.)
  • Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan perihal perlunya persatuan dan kesatuan.)
  • Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)
  • Sehat Itu Mahal, Maka Kita Harus Bisa Menjaga Kesehatan (Slogan perihal pentingnya menjaga kesehatan)
  • Didalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat (Slogan perihal pentingnya berolah raga)
  • Mari Bersama Menjaga Lingkungan Demi Kehidupan yang Lebih Baik (Slogan tentang menjaga kelestarian lingkungan)
  • Kebersihan Merupakan Sebagian Daripada Iman (Slogan ihwal pentingnya menjaga kebersihan)
  • Hentikan Pemanasan Global Sekarang Juga (Slogan perihal pengurangan pemanasan global)

Biasanya slogan dibentuk untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, baik itu untuk membeli suatu produk, atau menaati suatu hukum yang telah dibentuk. Karena itu sudah sepantasnya penggunaan kata perlu diperhatikan dan kalimat yang digunakan jangan terlalu panjang.

Slogan mempunyai ciri yang membedakan dengan iklan maupun poster. Beberapa ciri yang dapat dikenali dari slogan antara lain sebagai berikut.

  1. Terdiri dari beberapa kata saja dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat.
  2. Menjelaskan wacana sesuatu, apakah itu suatu produk atau layanan masyarakat.
  3. Slogan juga bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.

3. Poster

Poster ialah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di daerah- daerah umum. Poster hampir sama dengan iklan, yaitu pemberitahuan suatu pandangan baru, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata.

Poster lazimnya dipasang di tempat- daerah umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, terperinci, menarik, dan lengkap.

Baca Juga :  Aktivitas Literasi 2 Satria Buku

Poster dibuat untuk aneka macam tujuan dan isinya. Ada beberapa macam jenis poster berdasarkan Isinya yakni:

  1. Poster Niaga, poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen suatu produk untuk mengenalkan produknya kepada halayak umum dengan keinginan akan bisa meningkatkan penjualan.
  2. Poster Kegiatan, poster ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai suatu acara atau event. Didalam poster ini biasanya terpampang nama dari acara, lokasi serta waktu kapan dimulainya acara. Penggunaan poster ini bertujuan biar ada banyak orang yang hadir dan meramaikan program tersebut.
  3. Poster Pendidikan, poster jenis ini berisi tentang hal-hal yang bertemakan pendidikan, seperti sosialisasi sebuah acara, serta ajakan untuk giat dalam mencar ilmu.
  4. Poster Layanan Masyarakat, poster ini berisi mengenai sosialisasi ihwal program gres yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat.
Istilah iklan sudah familiar dengan dengan kehidupan sehari Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

B. Fungsi atau Tujuan

Tujuan iklan, slogan ataupun poster sama saja yaitu untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu, entah membeli atau menurutinya. Iklan tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan produk. Iklan juga turut kuat dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat.

Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.

  1. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen wacana karakteristik suatu produk juga aneka macam manfaat yang mereka peroleh.
  2. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah perilaku-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, acuan-acuan belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses.

Unsur-unsur iklan, slogan ataupun poster:
– Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
– Slogan : kata-kata dan bunyi
– Poster : gambar dan kata-kata

C. Unsur-unsur Pembentuk

Iklan, poster dan slogan terdiri dari beberapa unsur yang membangun ketiganya. Adapun maksud iklan itu sendiri dapat dipahami secara lebih lengkap menurut unsur-unsur pembentuknya, yang mencakup sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.

  1. Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan..
  2. Pesan ialah berita yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan ekspresi dan pesan nonverbal.
  3. Media adalah sarana yang dipakai, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
  4. Penerima yakni individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
  5. Efek ialah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, teladan pikir, perilaku, kebiasaan, dan teladan hidup.
  6. Umpan balik ialah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari akseptor pesan, contohnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.
Baca Juga :  Keyakinan Kepada Kitab-Kitab Allah Swt

D. Maksud Suatu Iklan

Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai berikut.

  1. Iklan strategis, dipakai untuk membangun merek ataupun gambaran nyata suatu perusahaan.
  2. Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen biar segera melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini menawarkan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen menunjukkan respons pada hari yang sama.

E. Perbedaan Iklan, Slogan dan Poster

Berdasarkan teladan-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.

  1. Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan bunyi.
  2. Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.
  3. Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di daerah-tempat umum.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan