Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Pentas Perpaduan Musik Tari Dan Bahasa

18

KABARPANDEGLANG.COM – Pentas seni adalah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu atau kelompok. Pementasan seni perlu dipersiapkan dengan baik semoga berjalan dengan lancar.

Pentas seni merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pertunjukkan banyak sekali macam kreativitas seni yang dilakukan siswa di sekolah. Manfaat pentas seni bagi siswa merupakan ajang pertunjukan talenta dimana mereka mampu menyalurkan kreativitas.

Seni mempunyai banyak sisi dan dapat dipelajari mulai dari tingkat dasar. Pementasan seni dapat memperlihatkan kesempatan bagi bawah umur untuk menjadi kreatif.

Seni yakni sebuah jalan untuk membimbing anak-anak muda ke arah kreativitas dan perkembangan otak yang sehat. Berikut ini beberapa aktivitas yang dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan pementasan seni.

1. Tahap Persiapan Pementasan

Sebelum pementasan dilaksanakan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Beberapa tahapan yang yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut.

Baca Juga :  Unsur Unsur Tari Nusantara
a. Membentuk Kepanitiaan

Dengan bimbingan bapak/ibu guru di kelas siswa membentuk susunan kepanitiaan pementasan. Susunan panitia terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, seksi pementasan, seksi dekorasi, seksi publikasi, dan seksi konsumsi.

  1. Ketua panitia adalah pimpinan penyelenggaraan pementasan yang bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan program pementasan. Ketua dalam pelaksanaan tugasnya harus bekerja sama dengan banyak sekali pihak yang mendukung dan menyukseskan aktivitas pementasan.
  2. Tugas pokok sekretaris dalam suatu aktivitas pementasan yakni menulis seluruh acara panitia selama penyelenggaraan pementasan. Tugas sekretaris lainnya yaitu dalam urusan surat-surat.
  3. Seorang bendahara bertanggung jawab secara penuh ihwal penggunaan, penyimpanan, dan penerimaan uang dana yang masuk sebagai biaya penyelenggaraan pementasan. Bendahara harus juga dapat menyusun laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dan pengelolaan keuangan selama pementasan berlangsung.
  4. Seksi-seksi dibuat dalam rangka membantu tugas dan menyukseskan aktivitas yang akan dilaksanakan. Pembentukan seksi-seksi bisa berkembang sesuai kebutuhan program yang akan digelar. Seksi-seksi harus mempunyai perilaku jujur, bertangung jawab, dan disiplin dalam melakukan tugas-tugasnya.
Baca Juga :  Pembelajaran 4 Subtema 4 Cuaca, Isu Terkini, Dan Iklim

Tugas seksi pementasan mengumpulkan materi-materi yang akan dipentaskan. Apabila pementasan berkaitan dengan seni musik, tari, bahasa dan materinya yang perlu dipersiapkan meliputi menyanyi, bermain ansambel, menari, bermain drama, dan baca puisi dan deklamasi.

Bagilah tugas perlu dibagi siapa saja yang akan bernyanyi, bermain ansambel, menari, bermain drama, membaca puisi dan deklamasi.

Pentas seni adalah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu atau kelompok Pentas Perpaduan Musik Tari dan Bahasa
b. Pengisi Pementasan

Para pengisi pememntasan harus melakukan latihan dengan sebaik-baiknya. Tentukan jadwal latihan dan taatilah agenda latihan yang telah dibentuk. Disiplinlah dalam melakukan latihan supaya pementasan sukses.

2. Tahapan Pelaksanaan Pementasan

Sebelum pelaksanaa pertunjukkan perlu dilakukan gladi bersih dahulu. Gladi bersih adalah persiapan terakhir menuju sebuah pementasa.Tujuan dari tahapan ini yakni simulasi pada hari-H semoga panitia yang terlibat siap menghadapi kendala dalam pementasan.

Dalam tahapan pelaksanaan pementasan hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.

  1. Seluruh anggota panitia bekerja dengan sebaik-baiknya dan bekerja sama demi keberhasilan pementasan.
  2. Pengisi acara pementasan harus bersikap hening dan percaya diri dalam menampilkan pementasan, baik yang bertugas menyanyi, bermain musik, bermain drama maupun membaca puisi dan deklamasi.
Baca Juga :  Cara Menghargai Aktivitas Usaha Ekonomi Orang Lain

Pada  dasarnya  saat  pementasan  adalah  kurun  penerapan  hasil  pembinaan.  Apa  saja yang  sudah Anda  lakukan  dalam  pelatihan  akan dipraktekan.

3. Tahap Evaluasi

Pada tahap ini hal penting yang harus Anda lakukan yaitu evaluasi dan tindak lanjut. Evaluasi penting Anda lakukan biar Anda mengetahui kekurangan yang ada.

Pengetahuan akan kekurangan (dan kelebihan) inilah yang kemudian harus Anda tindaklanjuti, dalam arti hal-hal yang sudah baik Anda tingkatkan, dan hal-hal yang masih kurang harus Anda perbaiki.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More