Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Penyebab Dan Imbas Pemanasan Global

12

KABARPANDEGLANG.COM – Pemanasan global ialah istilah yang dipakai untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim Bumi.

Proses pemanasan global dimulai dari cahaya matahari yang menyinari bumi, sebagian panas diserap oleh bumi dan sebagian lagi dikembalikan ke angkasa (atmosfer).

Sinar matahari yang dikembalikan ke angkasa terperangkap oleh gas-gas yang ada di atmosfer seperti gas karbon dioksida, welirang dioksida, metana, uap air dan lain sebagainya yang mana kejadian ini dimanakan imbas rumah beling.

Radiasi sinar matahari di atmosfer bumi menimbulkan lapisan ozon semakin menipis dan ini menciptakan sinar matahari yang menyinari bumi semakin panas.

Efek rumah beling juga menimbulkan sinar matahari yang kembali ke angkasa dipantulkan ke bumi. Hal ini yang mengakibatkan bumi semakin usang semakin panas. Dan seperti itulah proses terjadinya global warming.

1. Penyebab Pemanasan Global

Bumi ketika ini yang mengalami perubahan balasan kegiatan manusia. Pembakaran materi bakar fosil dan penebangan hutan dapat meningkatkan kadar CO₂ di atmosfer. Dikarenakan CO₂ adalah salah satu gas rumah kaca, maka meningkatnya kadar CO₂ di atmosfer akan berkontribusi terjadinya pemanasan global.

Baca Juga :  Kisah Pola Luqman Al-Hakim

Oleh alasannya adalah itu, setiap tahun kadar CO₂ di atmosfer terus menerus meningkat.Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global di antaranya, yakni sebagai berikut

  1. Emisi CO₂ yang berasal dari pembakaran materi bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik.
  2. Emisi CO₂ yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai materi bakar alat transportasi.
  3. Emisi metana dari hewan, lahan pertanian, dan dari dasar laut Arktik.
  4. Deforestation (penebangan liar) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan.
  5. Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigator (pendingin).
  6. Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.

2. Dampak Pemanasan Global

Aktivitas insan telah mengubah kealamian dari gas rumah beling di atmosfer. Konsekuensi dari perubahan gas rumah beling di atmosfer sulit diprediksi, tetapi beberapa pengaruh yang telah nampak, yaitu sebagai berikut.

Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata Penyebab dan Dampak Pemanasan Global
  1. Temperatur Bumi menjadi semakin tinggi, di beberapa wilayah mungkin temperaturnya menjadi lebih tinggi dan di wilayah lainnya mungkin tidak.
  2. Tingginya temperatur Bumi dapat menimbulkan lebih banyak penguapan dan curah hujan secara keseluruhan, tetapi masingmasing wilayah akan bervariasi, beberapa menjadi lembap dan bab lainnya kering.
  3. Mencairnya glasier yang menjadikan kadar air maritim meningkat. Begitu pula dengan daratan pantai yang landai, lama kelamaan akan mengalami peningkatan akibat penggenangan air.
  4. Hilangnya terumbu karang. Sebuah laporan perihal terumbu karang yang dinyatakan bahwa dalam kondisi terburuk, populasi karang akan hilang pada tahun 2100 alasannya adalah meningkatnya suhu dan pengasaman bahari.
  5. Kepunahan spesies yang semakin meluas. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam majalah Nature, peningkatan suhu mampu menimbulkan kepunahan lebih dari satu juta spesies. Sampai ketika ini hilangnya spesies semakin meluas dan daftar spesies yang terancam punah terus berkembang dan bertambah.
  6. Kegagalan panen besar-besaran. Menurut penelitian terbaru, terdapat 90% kemungkinan bahwa 3 miliar orang di seluruh dunia harus menentukan antara pergi bersama keluarganya ke kawasan yang beriklim baik atau kelaparan balasan perubahan iklim dalam kala waktu 100 tahun.
  7. Penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon yaitu salah satu lapisan atmosfer yang berada di dalam lapisan stratosfer, yakni sekitar 17-25 km di atas permukaan Bumi. Lapisan inilah yang melindungi Bumi dari bahaya radiasi sinar ultra violet (UV). Berdasarkan pengamatan satelit, diketahui bahwa lapisan ozon secara berangsur-angsur mengalami penipisan semenjak pertengahan tahun 1970.
Baca Juga :  Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

3. Usaha Penanggulangan Pemanasan Global

Beberapa perjuangan yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global, di antaranya sebagai berikut.

  1. Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara, gasoline, kayu, dan bahan bakar organik lainnya.
  2. Meningkatkan efisiensi materi bakar kendaraan.
  3. Mengurangi deforestation.
  4. Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFCs) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.
  5. Mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More