Penyebab Wanita Gampang Emosi Saat Haid dan Begini Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Penyebab Wanita Gampang Emosi Saat Haid dan Begini Cara Mengatasinya
Penyebab Wanita Gampang Emosi Saat Haid dan Begini Cara Mengatasinya
hallosehat.com

Wanita akan menjadi lebih sensitif dari biasanya ketika haid. Melansir dari Healthline, haid bisa menyebabkan mood swing wanita atau mengalami perubahan emosi secara drastis.

Mudah marah-marah tanpa alasan karena tubuh sedang melepaskan sel telur, kadar estrogen dan progesteron menurun sehingga meninbulkan gejala emosional dan fisik.

Menurut Alexandra Gabriella, M. Psi, seorang psikolog sekaligus hipnoterapis mengatakan bahwa beberapa hari sebelum menstruasi akan mengalami perubahan hormon terutama penurunan level estrogen sehingga mempengaruhi kondisi fisik dan emosi wanita.

Sehingga tak jarang wanita mengalami kelelahan, mual, sakit bagian payudara dan perut. Kondisi fiisik inilah membuat wanita mudah cemas, marah tersinggung bahkan merasa sedih.

Baca Juga :  Sikap Wanita Akan Berubah Seperti Ini Saat Sedang Jatuh Cinta, Kamu Mengalaminya?

Selain itu wanita haid mengalami Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). PMDD adalah bentuk PMS yang lebih berat sehingga dikatakan sebagai masalah psikologis.

Menurut Alexandra, perubahan hormon dicurigai mempengaruhi kondisi neurotransmitter di otak. Neurotransmitter ini merupakan senyawa kimia yang mengatur jaringan saraf dan pengendalian sistem tubuh.

Ia berakata bahwa ketidak seimbangan neurotransmitter akan membuat seseorang merasakan depresi, panik, merasa hampa bakan gejala lainnya intensitas yang cukup signifikan.

  • Bagikan