Pentingnya Peran Kyai (Guru) Dalam Mewujudkan Keberkahan Ilmu

  • Bagikan
Pentingnya Peran Kyai (Guru) Dalam Mewujudkan Keberkahan Ilmu

KABARPANDEGLANG.COM – Kyai merupakan ahli ilmu yang namanya taka sing lagi di kalangan para santri (penuntut ilmu), merupakan orang yang menurut santri harus dihormati dan dipatuhi. Karena kyai adalah wasilah para santri mendapatkan pelajaran mengaji, mengenal agama, dan mengetahui jati diri serta mengajarkan bagaimana hakikat menjadi seorang hamba yang taat kepada sang khalik.

Apa yang diharapkan santri dari seorang kyai ?, para santri berkhidmat kepada kyai untuk mewujudkan keberkahan dalam hidup, bukan hanya sekedar mendapatkan ilmu, namun juga mengarah pada kemanfaatan ilmu tersebut. Karena jika hidup sudah barokah, hal apapun akan terasa mudah.

Namun dewasa ini yang dibutuhkan dan dicari oleh para remaja muslim/ah bukan lagi sosok kyai (guru), mereka sudah merasa tercukupi dengan adanya teknologi, dengan pesatnya teknologi manusia bisa dengan mudah menggali informasi tanpa harus bersusah payah berguru pada kyai, smua ilmu baik umum maupun agama bisa dengan sangat mudah untuk diakses dan dicari, tanpa mengeluarkan banyak uang untuk membeli kitab ataupun belajar di pondok-pondok pesantren yang dipenuhi berbagai aturan.

  • Bagikan