Perbedaan Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Elektro

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Pada dasarnya tujuan utama iklan yaitu agar masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibentuk semenarik mungkin dan seefektif mungkin. Iklan mempunyai peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk supaya mampu dikenal oleh masyarakat.

Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklanĀ  Ikmedia cetak. Iklan cetak yaitu iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektronika adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektro antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Motif Batik

Tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronika. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.

Iklan Media Elektronik Iklan Media Cetak
  1. Iklan hanya sekilas dan berlangsung pada saat itu saja.
  2. Menggunakan indera pengelihatan dan telinga.
  3. Menggunakan gambar bergerak dan menggunakan bunyi
  4. Liputan bersifat informatif dengan narasi yang cukup panjang.
  5. Bersifat pribadi dan aktual, serta mampu menyajikan peristiwa yang sesungguhnya.
  1. Iklan media cetak mampu dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang
  2. Iklan media cetak hanya ditangkap memakai indera pengelihatan
  3. Iklan media cetak hanya memakai gambar diam dan tidak ada suara.
  4. Penggunaan kalimat dalam media cetak terbatas hanya beberapa baris saja.
  5. Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan tulisan saja.

Persamaan : Keduanya punya tujuan yang sama adalah menunjukkan berita atau promosi kepada khalayak tentang suatu produk/jasa .

Baca Juga :  Menghargai Jasa Pendekar

Ayo Berdiskusi

Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertasgambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom seperti di bawah ini. Diskusikan dengan sahabat sekelompokmu tentang iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronika), dan alasan kau mengelompokkannya dalam media tersebut.

Nama Iklan Media
(Cetak/Elektronik (Radio
atau Televisi))
Alasan Pemilihan Media
Closeup-Fire-Freeze
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Media cetak Hanya memakai gambar dan goresan pena
Iklan Unilever Corporate Ramadhan 2018
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Elktronik (Televisi) Menggunakan gambar bergerak
Mnggunakan suara
Iklan Sabun Livebuoy
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Media cetak Hanya memakai gambar dan tulisan
Iklan Advan i6 Powered Full View Display
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Elktronik (Internet) Menggunakan gambar bergerak
Menggunakan suara

Ayo Mengamati

Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga :  Contoh Lagu Bertangga Nada Mayor Dan Minor

1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang memakai bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.

2. Berikan tanggapan dalam bentuk berikut ini.

  • Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
  • Jika aku mengingat iklan tersebut, maka hal yang aku ingat ialah
  • Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari
  • iklan itu yakni

Dari acara di atas, apa yang mampu kau simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan balasan tersebut sebagai materi untuk membuat kesimpulan.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan