Nostalgia 5 Permainan Jaman Dulu yang Tidak Engkang Dipikiran

oleh -80 views

KABARPANDEGLANG.COMNostalgia Permainan Jaman Dulu yang Tidak Engkang Dipikiran, Masih ingatkah Anda dengan mainan jaman dulu, yang sering membuat kita lupa waktu dan kena marah ayah ibu karena sudah sore namun belum kembali ke rumah. Anak jaman sekarang tidak akan pernah tahu asyiknya main beramai-ramai bersama teman sepulang sekolah.

Ada beragam mainan jaman dulu yang begitu populer dan menjadi favorit anak-anak untuk bermain. Dari kelereng yang bisa dibeli, hingga mainan yang dibuat sendiri dari kayu atau pelepah pisang. Bahkan main di sungai beramai ramai pun sudah senang hati rasanya.

Mainan jaman dulu yang populer pada masanya

Zaman telah berubah. Anak-anak kecil sekarang lebih banyak bermain gadget daripada permainan diluar rumah yang melibatkan aktivitas fisik. Anak-anak pun jarang berinteraksi satu sama lain serta menjadi lebih individualis. Permainan lama pun mereka tinggalkan, dan jadi asyik sendiri dengan tablet masing-masing.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Bekasi, Jawa Barat

Padahal, permainan-permainan tradisional yang dimiliki Indonesia begitu seru, beragam dan melibatkan aktivitas motorik pada anak agar dia selalu aktif, lincah, dan dapat berinteraksi serta menjalin pertemanan satu sama lain. Aduh… kangen banget deh dengan permainan-permainan jadul ini! berikut ini Permainan Jaman Dulu yang bikin nostalgia :

1. Petak Umpet

Permainan ini mewajibkan satu orang menjadi penjaga dan menutup matanya sesuai dengan waktu ditentukan. Kemudian lainnya harus mencari tempat persembunyian yang baik, agar tidak tertangkap oleh si penjaga.

Petak umpet adalah salah satu permainan yang populer waktu itu. Lebih banyak anak yang ikut lebih seru. Satu orang menghitung dengan mata tertutup, dan lainnya mencari tempat bersembunyi. Tugas yang berjaga harus menemukan semua temannya yang bersembunyi, jika gagal, maka dia harus berjaga lagi.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Mamuju, Sulawesi Barat

Meski aturan dan cara mainnya sangat sederhana, namun tetap seru dilakukan dan bikin deg-degan takut tempat sembunyi ketahuan.

2. Kelereng

Kelereng menjadi mainan jaman dulu yang sangat populer di kalangan anak-anak, baik anak lelaki maupun anak perempuan. Bisa sampai lupa waktu, bila kelereng habis, merengek minta uang ke orangtua untuk beli lagi.

3. Main Congklak

Kamu akan mendapatkan biji serta tempat berbentuk bundar-bundar. Tugasmu adalah mengambil biji yang ada didalamnya dan masukkan sebanyak-banyaknya ke lubang biji yang kamu miliki. Biji terbanyak adalah pemenangnya.

4. Lompat Tali

Satu lagi permainan seru tanpa biaya. Kadang bisa pakai tali, bisa pakai dua pelepah pisang yang diikat, atau rangkaian karet gelang yang dikaitkan jadi satu. Dua orang memegang ujung tali, dan yang lain bergantian melompati tali sambil dihitung. Bila kaki menyentuh tali saat melompat, berarti dia kalah, dan harus bergantian memegang tali.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Bima, Nusa Tenggara Barat

5. Senapan dari Pelepah Pisang

Tak perlu beli senapan mainan yang mahal di toko, cukup dengan pelepah pisang dan lidi saja kita sudah bisa main perang-perangan dengan seru. Mainan jaman dulu ini juga kadang dibuat dari bambu atau kayu. Meski senapan dari pelepah pisang ini cepat layu, namun mainnya tetap seru, dan merasa gagah menentengnya kemana-mana seolah tentara betulan.

Adakah mainan jaman dulu yang belum disebutkan di sini? Yuk, bagikan di kolom komentar mainan masa lalu yang jadi favorit Anda dulu.