Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Permainan Tradisional Rangku Alu

15

KABARPANDEGLANG.COM – Permainan tradisional ialah permainan yang dimainkan oleh masyarakat di suatu tempat. Permainan ini biasanya dikembangkan secara bebuyutan. Kebanyakan permainan tradisional ini dilakukan dengan cara kelompok.

Kehidupan masyarakat tradisional yang bisa dibilang tidak mengenal dunia luar telah mengarahkan dan menuntun mereka pada aktivitas sosial dan kebersamaan yang tinggi. Permainan tradisional ini selain sebagai hiburan juga merupakan alat komunikasi di dalam masyarakat.

Salah satu permainan tradisional yang masih sering dimainkan yakni permainan Rangku Alu yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan pertanian.

Rangkuk Alu sendiri merupakan permainan tradisional yang menggunakan bambu sebagai alat permainannya. Rangkuk Alu tidak hanya sekedar permainan biasa. Selain sebagai sarana hiburan permainan Rangku Alu juga mampu menjadi sarana edukasi dan pembentukan diri. Dalam memainkan permainan ini mampu melatih konsentrasi, ketangkasan, dan kelincahan dalam bertindak.

  1. Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal. Konsentrasi sangat diharapkan dalam permainan Rangku Alu terutama konsentrasi antara gerak kaki dan gerak bambu yang dimainkan. Apabila konsentrasi kita kurang maka kaki akan terjepit bambu.
  2. Kelincahan merupakan kemampuan untuk mengubah arah secara cepat tanpa mengakibatkan gangguan pada keseimbangan. Seseorang dikatakan memiliki kelincahan jikalau beliau mampu bergerak secara cepat sekaligus mampu mengubah arah secara cepat pula tanpa terganggu keseimbangannya. Dalam permainan ini kelincahan jelas sangat dibutuhkan.
  3. Ketangkasan jasmani (motor skill fitness) yaitu kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang dikoordinir. Dalam hal ini diperlukan keterampilan tertentu dan kemampuan daya tahan. Pada gerakan yang dikoordinir terpadu komponen-komponen (unsur-unsur) mempertahankan keseimbangan, fleksibilitas, ketangkasan, kekuatan, bergerak sekonyong-konyong (agility), sehingga untuk semua ini diharapkan kekuatan otot dan daya tahan.
Baca Juga :  Berpikir Global, Bertindak Lokal

A. Alat yang dipakai:

Alat yang digunakan dalam permainan ini sangat sederhana dan mudah didapatkan. Alat yang dipakai ialah 4 buah bambu dengan panjang 2 meter.

B. Cara Bermain

Untuk mampu memainkan permainan Rangku Alu ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar permainan tersebut mampu berjalan dengan baik.

  1. Pemain terdiri atas 2 kelompok, yakni kelompok yang bermain dan kelompok yang menjaga. Kelompok yang menjaga menggerak-gerakkan bambu (empat orang berjongkok membentuk bidang persegi dan memegang dua bambu) sambil menyanyi.
  2. Kelompok pemain yang menerima giliran bermain akan melompat di sela-sela bambu. Mereka harus menghindari jepitan bambu. Penari akan masuk dalam bidang persegi dan melompat-lompat sesuai irama buka-tutup bambu.

 Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh masyarakat di suatu daerah Permainan Tradisional Rangku Alu

Ketika bermain, bambu yang digerakkan menghasilkan irama yang berpola. Kamu dapat menciptakan permainan tersebut lebih menarik lagi dengan menyanyi gotong royong mengikuti acuan irama suara bambu.

Baca Juga :  Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Bulat

Salah satu lagu yang mampu digunakan untuk mengiringi permainan yaitu lagu Ampar-Ampar Psang. Syair Lagu Aslinya yakni sebagai berikut :

Ampar-ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi, dihurung bari-bari 2x

Manggalepak, manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api,
apinya cang curupan

Nang mana batis kutung, dikitip bidawang 2x

Apabila syairnya diubahsuaikan dengan ‘Kami Berbeda, Tapi Rukun’ maka kira-kira seperti ini.

Kami memang beda
Aneka suku bangsa
Lima agama selalu tenggang rasa 2x

Ayo rukun, ayo rukun
Bersama membangun
Berbicara santun
Bila salah minta ampun

Kami slalu rukun, jaya negaraku 2x

Berbeda itu indah. Perbedaan yaitu anugerah jikalau kita melihatnya dari kaca-mata yang bijak. Anda bisa melihat perbedaan sebagai sebagai sumber kekuatan. Hidup rukun merupakan impian setiap warga negara. Rukun dalam perbedaan akan memberikan kedamaian dan ketenteraman.

Baca Juga :  Rantai Masakan Dan Jaring Kuliner

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More