Perpindahan Kalor Secara Radiasi

  • Bagikan
Perpindahan Kalor Secara Radiasi

KABARPANDEGLANG.COM – Bagaimana panas matahari dapat sampai ke bumi? Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi, sebab udara yang terdapat dalam atmosfer termasuk konduktor yang paling jelek.

Kalor dari matahari pun tidak dapat menghantar secara konveksi alasannya antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat mediator.

Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat mediator dinamakan radiasi. Dapatkah kamu memperlihatkan teladan lainnya perambatan kalor secara radiasi? Ketika kamu dan temantemanmu pergi berkemah ke pegunungan, udara di pegunungan sangat acuh taacuh. Untuk menghangatkan badan, kau perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuhmu tanpa melalui zat mediator. Perpindahan panas mirip ini dikatakan secara radiasi.

Pernahkah kamu pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam? Apa yang kau rasakan? Ketika kau keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam, badanmu akan terasa panas.

Hal ini disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik. Benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor bila dibandingkan dengan benda-benda yang berwarna putih dan berkilap.

Sebaliknya, pada malam hari orang yang menggunakan baju hitam merasa lebih masbodoh daripada orang yang mengenakan baju putih. Tahukah kau mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan badan.

Baca Juga :  Cara Merawat Benda Peninggalan Sejarah

Ayo Menulis

Buatlah daftar hal-hal penting yang kau temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

Paragraf Paragraf
Satu
  1. Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi alasannya adalah udara termasuk konduktor yang paling jelek.
  2. Kalor dari matahari tidak dapat menghantar secara konveksi alasannya adalah antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa.
  3. Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.
Dua
  1. Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi.
  2. Ketika berkemah ke pegunungan untuk menghangatkan tubuh dengan api unggun, panas dari api unggun berpindah secara radiasi.
Tiga
  1. Ketika keluar rumah pada siang hari memakai baju hitam badan akan terasa panas.
  2. Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.
  3. Pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih acuh taacuh daripada orang yang mengenakan baju putih sebab pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan badan.

Buatlah sebuah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan. Buatlah garis dari judul bacaan yang mewakili pokok pikiran dari bacaan ke arah pokok pikiran dari masing-masing paragraf. Berilah keterangan bagaimana isi baca berafiliasi dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya.

Bagaimana panas matahari dapat sampai ke bumi Perpindahan Kalor secara Radiasi

Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi? Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat mediator
  2. Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konveksi? Perbedaannya ialah bila perpindahan panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sebaliknya kalau perpindahan panas secara konveksi memerlukan zat perantara
  3. Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi? Perbedaannya adalah panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat mediator berupa benda logam.
  4. Jelaskan paling sedikit tiga teladan perpindahan panas secara radiasi yang kau ketahui! Api unggun, panas api dari kompor, dan panas matahari.
Baca Juga :  Menghargai Aktivitas Usaha Ekonomi Orang Lain

Lalu tuliskanlah pemahamanmu perihal isi bacaan dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kalimat lengkap dan kata-kata baku.

Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara. Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Contoh peristiwa radiasi adalah saat bersahabat api unggun panas dari api unggun berpindah secara radiasi. Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.

Ayo Mencoba

Lakukanlah aktivitas berikut bersama dengan kelompokmu untuk menerangkan cara perpindahan panas secara radiasi. Persiapkanlah alat dan bahan yang diperlukan dan ikutilah langkah percobannya. Jangan lupa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan ini!

Alat dan Bahan:

1. satu batang lilin
2. korek api
3. penggaris

Cara Kerja:

Bagaimana panas matahari dapat sampai ke bumi Perpindahan Kalor secara Radiasi
  1. Nyalakan lilin dengan memakai korek api yang telah disiapkan.
  2. Dekatkan tanganmu ke nyala api pada jarak 2 cm, gunakan penggaris untuk mengukur jarak (hati-hati jangan sampai menyentuh api). Apa yang kau rasakan dan catatlah!
  3. Pindahkan tanganmu pada jarak 4 cm dari nyala api. Apa yang kau rasakan? Catatlah!
  4. Pindahkan tanganmu pada jarak 8 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!

Pertanyaan:

  1. Apa yang kau rasakan dikala kau mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm? Agak panas.
  2. Apa yang kau rasakan ketika kau mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 4 cm? Agak hangat.
  3. Apa yang kau rasakan saat kau mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm? Hangatnya tidak begitu terasa.
  4. Bagaimana panas dari nyala api mampu kamu rasakan? Karena radiasi.
  5. Perpindahan panas mirip yang kau lakukan pada percobaan di atas disebut ? radiasi.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan