Perubahan Sosial Budaya

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi tersebut diakibatkan adanya perubahan pada setiap individu yang lalu mempengaruhi kelompok sosial yang lebih besar seperti masyarakat, bangsa, dan negara.

Masyarakat yang ada di sekitar kita berubah dari masyarakat yang sederhana menjadi masyarakat yang komplek. Selain itu perubahan juga dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Setiap masyarakat tidak akan berhenti berkembang alasannya mereka mengalami perubahan baik secara lambat maupun cepat.

A. Faktor-faktor Penyebab Perubahan

Perubahan sosial budaya adalah perubahan acuan perilaku, kekerabatan sosial, forum, dan struktur sosial pada waktu tertentu. Difinisi lainnya perubahan sosial yakni segala perubahan-perubahan pada forum kemasyarakatan yang kemudian mensugesti nilai-nilai, perilaku-sikap, pola-contoh perilaku antara kelompok-kelompok yang terdapat dalam masyarakat.

Adakalanya perubahan yang terjadi dalam masyarakat dilakukan secara sadar oleh masyarakat, tetapi juga ada perubahan yang tidak sadari. Perubahan terjadi dengan berbagai alasan. Misalnya suatu hasil budaya itu sudah tidak berfungsi lagi (rusak), perlu pembaharuan (ketinggalan jaman), untuk meningkapkan produktivitas, dan sebagainya.

Karena itu harus menyesuaikan dengan faktor-faktor lain yang sudah mengalami perubahan terlebih dahulu. Dari beberapa faktor penyebab terjadinya perubahan itu, berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab perubahan.

Baca Juga :  Zat Gabungan Homogen Dan Heterogen Di Lingkungan Sekitar
1. Faktor Geografis. 

Faktor geografis meliputi lingkungan fisik, lingkungan alam. Faktor fisik seperti letak geografisnya akan mempengaruhi perubahan. Misalnya saja pada tempat yang sulit untuk dijangkau tentu perubahan akan sangat lamban terjadi alasannya adalah kontak budaya akan terbatas.

Hal tersebut pertanda bahwa perubahan budaya berkaitan dengan lingkungan alam. Banyak bangunan kuno menjadi perubah secara fisik sebab faktor temperatur termasuk keadaan cuaca. Bangunan candi misalnya akan cepat ditumbuhi lumut jika temperaturnya lembab.

2. Faktor-faktor Teknologis 

Faktor teknologis berkaitan dengana adanya inovasi baru dari masyarakat. Penemuan-penemuan baru yang terjadi dalam masyarakat dapat dalam bentuk 2 macam yakni discovery (inovasi) dan invention (diterima/diterapkan).

  • Discovery adalah inovasi baru baik berupa alat (fisik) maupun pandangan baru (non fisik). Misalnya mesin penggilingan gabah yang menghasilkan beras.
  • Invention yakni jika masyarakat sudah mengakui, menerima dan menerapkan inovasi gres itu. Masyarakat menerima proses penggilingan gabah itu sehingga meninggalkan cara lama dengan menumbuk padi. Dulu masyarakat membajak sawah dengan bantuan sapi, tetapi kini menggunakan traktor tangan.
  • Dengan demikian discovary menjadi invention, walaupun memerlukan waktu yang usang untuk proses penyesuaian.
3. Penduduk 

Pertambahan penduduk terlalu cepat mengakibatkan terjadinya beberapa perubahan. Misalnya struktur masyarakat dan lembaga kemasyarakatan. Muncul perkampungan gres dengan penduduk yang hiterogin. Di kompleks perumahan yang baru, tinggal masyarakat majemuk sebab mereka berasal dari aneka macam tempat, suku bangsa, agama.

Baca Juga :  Langkah-Langkah Membuat Gambar Kisah

Disamping faktor-faktor yang menjadi penyebab perubahan sosial dan budaya, terdapat juga faktor penghambat atau faktor-faktor yang menghalangi terjadinya perubahan. Faktor-faktor itu antara lain:

  • Kurangnya korelasi dengan masyarakat lain
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lamban
  • Sikap masyarakat yang masih sangat tradisional
  • Prasangka negatif terhadap hal-hal gres atau abnormal atau sikap tertutup (eksklusif).

Dampak Perubahan Sosial dan Budaya

Dampak perubahan sosial akan berdampak luas pada masyarakat. Beberrapa efek dari perubahan sosia dalam masyarakat antara lain sebagai berikut :

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dirasakan masyarakat mampu mendorong makin maju dan meningkatnya tingkat kehidupan.

Betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini Perubahan Sosial Budaya

Jika diperhatikan kehidupan insan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Peningkatan yang dapat dilihat dan dirasakan langsung adalag sistem teknologi. Banyaknya inovasi baru mempermudah masyarakat dalam melakukan pekerjaannya.

Teknologi tradisional yang banyak dipakai oleh masyarakat diganti dengan teknologi yang lebih modern alasannya adalah mampu memperingan perjuangan manusia. Meningkatnya produksi yang dihasilkan akan membawa peningkatan kehidupan yang lebih baik. Berikut ini beberapa perubahan sosial yang membawa laba bagi masyarakat :

1. Setrika

Setrika digunakan untuk merapikan pakaian. Pada jaman dahulu saat akan menyetrika pakaian harus mengkremasi arang terlebih dahulu. Dengan kemajuan teknologi ketika akan menyetrika hanya tinggal menghubungkan dengan listrik saja.

Betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini Perubahan Sosial Budaya
2. Telepon

Telepon digunakan sebagai alat komunikasi. Telepon mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dulu telepon hanya mampu untuk menerima telepon saja, namun kini dengan adanya telepon seluler kita dapat mendapatkan dan mengirim pesan.

Betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini Perubahan Sosial Budaya
3. Mesin Ketik

Mesin ketik digunakan untuk menuis. Pada jaman dahulu mesin ketik masih memakai mesin ketik manual yang tentunya mempunyai banyak kekurangan kalau dibandingkan dengan mesin ketik yang ada saat ini.

Betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini Perubahan Sosial Budaya

Perilaku masyarakat dalam menyikapi peribahan akan menerima bila perubhan itu memperlihatkan laba (masyarakat merasa membutuhkan, perubahan itu dapat difahami dan dikuasai, menguntungkan masyarakat, tidak merusak prestise, mendorong untuk meningkatkan taraf hidup, tidak bertentangan dengan tata nilai yang ada dalam masyarakat)

Baca Juga :  Cara Menyambung Tanaman

dan menolak kalau merugikan (menggunakan hal yang baru akan menerima eksekusi dari masyarakat, inovasi baik material maupun non material sulit diintegrasikan dalam teladan kebudayaan dimana perubahan itu timbul, menghambat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bertentangan dengan tata nilai yang dianut oleh masyarakat).

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan