Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Perubahan Wujud Benda Mencair Membeku Dan Menguap

36

KABARPANDEGLANG.COM – Benda-benda di sekitar kita mempunyai sifat dan ciri yang unik. Dengan memahami sifat-sifat benda, kita mampu mempelajari fenomena alam yang terjadi di sekitar kita dengan baik.

Dengan memahami sifat benda, kau tahu apa yang akan kau lakukan ketika kau berada di sungai, di laut, atau di danau. Dengan mengetahui sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mengubah bentuk benda-benda tersebut.

Meskipun hanya tiga wujud benda, tetapi ketiganya mampu mengalami perubahan wujud dengan cara yang berbeda. Perubahan wujud benda disebabkan oleh lingkungan yang berubah, contohnya suhu lingkungan yang menjadi panas atau hambar. Perubahan wujud suatu benda yang terjadi antara lain yakni insiden membeku, mencair, menguap, mengembun, atau menyublim.

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Perubahan ini terjadi sebab suhu di lingkungan menjadi dingin. Benda cair akan membeku jika suhunya di bawah 0°C. Perubahan air menjadi es merupakan salah satu kejadian yang sering dijumpai sehari-hari.

Baca Juga :  Pemeliharaan Diri Dan Orang Lain Dari Penyakit

Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas. Beberapa insiden di sekitarmu mudah kamu temui untuk memperlihatkan insiden ini.

Salah satunya yakni es mencair. Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Peristiwa ini mudah dijumpai ketika ada acara masak-memasak.

Pada dikala air dipanaskan di atas api kompor, dalam beberapa ketika, air akan mendidih. Peristiwa mendidih adalah acuan terjadinya penguapan atau perubahan dari benda cair ke gas dan pada dikala yang sama, terjadi pengurangan volume air.

Ayo Berdiskusi

  1. Jelaskan perbedaan antara insiden membeku dan mencair! membeku: dari benda cair menjadi benda padat. mencair: dari benda padat menjadi benda cair.
  2. Jelaskan perbedaan insiden membeku dan menguap! membeku: dari benda cair menjadi benda padat. menguap: dari benda cair menjadi benda gas.
  3. Jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap! mencair: dari benda padat menjadi benda cair. menguap: dari benda cair menjadi benda gas.
  4. Apa saja yang menjadikan terjadinya insiden membeku, mencair dan menguap? perubahan lingkungan
  5. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang memperlihatkan terjadinya kejadian mencair? es batu terkena sinar matahari
  6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya kejadian membeku? air disimpan di dalam lemari pendingin
  7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menawarkan terjadinya insiden menguap? genangan air di jalan terkena sinar matahari
Baca Juga :  Sifat Jaring Dan Diagram Frayer Prisma Segitiga

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sekelompokmu, rancanglah percobaan untuk memberikan terjadinya peristiwa mencair, membeku, dan menguap.

  1. Siapkanlah alat dan materi yang diharapkan.
  2. Tulislah tahap dan langkah-langkahnya.
  3. Gambarlah setiap tahapan yang kau rancang.
  4. Lakukan percobaan sesuai tahap yang telah kamu rancang.
  5. Catatlah setiap perubahan yang terjadi dengan saksama.
  6. Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster.
  7. Pada poster, jelaskan perbedaan utama ketiga kejadian perubahan wujud benda tersebut.
  8. Gambarkanlah relasi antara ketiga perubahan wujud benda tersebut dalam sebuah denah, dan jelaskanlah.
  9. Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.

Percobaan Peristiwa Mencair, Membeku dan Menguap

Alat dan Bahan
  1. Lilin
  2. Korek api
  3. Sendok
  4. Air secukupnya
Langkah Kegiatan
  1. Percobaan mencair dilakukan dengan memperabukan lilin menggunakan korek api.
  2. Amati apa yang terjadi pada lilin setelah dibakar.
  3. Percobaan kejadian membeku dapat dilakukan dengan cara mengamati lilin yang telah mencair.
  4. Amati apa yang terjadi pada lilin yang mencair sesudah beberapa menit.
  5. Percobaan menguap dapat dilakukan dengan membakar sendok yang berisi air
  6. Amati apa yang terjadi dengan air yang ada di atas sendok.
Baca Juga :  Istilah Dan Arti Dalam Motif Ukir

Poster Peristiwa Perubahan Wujud Benda

benda di sekitar kita memiliki sifat dan ciri yang unik Perubahan Wujud Benda Mencair Membeku dan Menguap

Perubahan wujud zat terbagi atas perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika yakni perubahan suatu zat tanpa menghasilkan zat gres. Perubahan fisika dibagi beberapa kategori antara lain penguapan yakni perubahan wujud dari cair menjadi gas, pengembunan yakni perubahan wujud dari gas menjadi cair,

pembekuan yaitu perubahan wujud cair menjadi padat, pencairan yakni perubahan wujud padat menjadi cair, penyubliman yakni perubahan wujud padat menjadi gas, dan penghabluran yakni perubahan wujud dari gas menjadi padat.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More