Wisata Alam : Pesona Alam Gunung Luhur, Wisata Negeri Awan

Pesona Alam Gunung Luhur

KABARPANDEGLANG.COMPesona  Alam Gunung luhur, Ayo jelajahi betapa indahnya  Banten. Dan salah satu destinasi yang masih jarang diketahui atau dikinjungi yaitu sebuah objek wisata yang bernama “negeri  diatas awan di Gunung Luhur”. Wisata Negeri Di Atas Awan di Kabupaten Lebak ini yang sedang hits dan viral disekitar daerah lebak dan sekitarnya.

Tempat wisata tersebut berada di kawasan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak) Gunung Luhur terletak di Kp. Ciusul Desa Citorek Kidul Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Banten, dengan titik koordinat -6.7502778, 106.3252778.Gunung Luhur juga masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), kurang lebih 9 km dari Wewengkon Adat Citorek.

Dimana rata -rata tingkatan usia pengunjung yang datang, tidak lagi hanya didominasi oleh para pemuda-pemudi saja, melainkan juga para orangtua bersama dengan keluarganya untuk menikmati panorama alam yang menawan yang jarang ditemui ditempat lain. Objek wisata ini berada tepat di puncak Gunung Luhur dengan posisi awan yang melayang ada di bawah kita dan sangat tepat sebagai sarana rekreasi keluarga. Walaupun melalui proses perjalanan yang lumayan cukup panjang dan melelahkan ,tetapi Anda tidak dibuat repot untuk mendaki seperti gunung pada umumnya, pergi ke Gunung luhur anda akan disuguhkan pemadangan alam selama perjalan yang begitu Indan dan asri yang jarang ditemukan di tempat lain.

Baca Juga :  Yuk Kenali Semboyan dan Logo Kabupaten Pandeglang

Jika anda sudah berada di puncaknya, Anda akan melihat hamparan awan yang begitu indah menyelimuti hampir di seluruh kawasan pegunungan seperti negeri di atas awan yang ada di Yogyakarta, selain itu untuk melihat dan menikmati awan diatas disarankan untuk mendaki gunung ini ketika matahari pertama kali muncul, Anda akan melihat keindahan sunrise yang begitu menakjubkan hingga pukul 10.00 WIB .dan jam-jam selanjutnya wisatawan akan disuguhi suasana kabut dan sejuknya suasana pemandangan alam pegunungannya.

Objek wisata yang populer populer dengan nama  “Negeri Di atas Awan” Kabupaten Lebak ini masih membutuhkan penyempurnaan fasilitas  dan untuk saat ini beberapa fasilitas sedang dibangun oleh Kepala Desa (Kades) Citorek Kidul.Selaku penanggung jawab obyek wisata, kini Kades Citorek sedang melakukan pembenahan fasilitas di tempat obyek wisata tersebut, seperti parkir, MCK, bumi perkemahan dan tempat beristirahat para pengunjung. Gunung ini memang tidak terlalu tinggi layaknya seperti gunung aktif lain yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Ke Borobudur, Jangan Sampai Melewatkan Banyak Kegiatan Seru Di Komplek Candi

Gunung Luhur ini memiliki ketinggian 1.037 mdpl.Dan disana juga sudah tersedia peralatan untuk menginap seperti sewa tenda: 50.000, dan bagi yang membawa tenda sendiri hanya membayar 30 untuk sewa tempat dan disana juga tersedia lahan parkir yang lumayan cukup luas  untuk tarif tiket parkir : parkir motor: 5.000, parkir mobil: 10.000. Jika tertarik untuk mendaki Gunung Luhur,Jangan lewatkan untuk membawa kamera, karena ada banyak spot Instagramable yang dapat Anda incar untuk berfoto.Dan setelah banyak orang yang mengetahui keindahan negeri diatas awan mulai bermunculan foto-foto di medsos tentang betapa indahnya Destinasi wisata ini.

Setelah wisata kebun teh cikuya yang sudah terkenal lebih awal kemudian disusul oleh wisata air terjun ciporolak dan yang sangat baru juga wisata alam pohon damar yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, sahabat, pacar dan yang lainnya. Gunung Luhur menyajikan pemandangan yang memukau dengan julukan yang biasa pengunjung sebut yaitu “Negeri di atas Awan“. Julukan ini diberikan karena memang wisata Gunung Luhur ini menyajikan pemandangan awan yang indah. /Ahmad Rizal Zailani , (Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten)

Facebook Comments

Pos terkait