Petani Sobang Budidayakan Porang Lokal

  • Bagikan
Default Social Share Image

LEBAKPorang sekarang menjadi tumbuhan komiditi ekspor yang memiliki bermacam manfaat. Untuk itu para petani Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, ketika ini tengah membudidayakan flora yang banyak berkembang di kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun (TNGHS) tersebut yang mampu menjadi tanaman alternatif yang bernilai ekonomi bagi sebagian penduduk disaat era pandemi ini.

Seperti dituturkan oleh Cecep Sobari, selaku Ketua Komunitas Petani Porang Mahkota Durga di Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, menyampaikan, berdirinya komunitas petani Porang merupakan langkah kongkrit untuk menjaga kepunahan komoditas Porang asal kawasan Sobang.

“Kami ajak para pencari porang liar di kawasan hutan biar menjadi petani Porang, yang bukan cuma mampu menjual namun mampu juga mengembangbiakan Porang. Artinya, tidak semua Porang yang mereka peroleh untuk dijual, tetapi mereka juga mampu menyisakan untuk dijadikan bibit yang nantinya dikembangbiakan, sehingga tanaman porang tidak musnah di hutan,” ujar Cecep di Sobang, Senin (04/01/2021).

Baca Juga :  Resep Cara Menciptakan Bakso Bakar Madu Lezat Banget Pake Teflon, Dijamin Enak Banget

Selain itu, kata Cecep, dibentuknya komunitas petani Porang Mahkota Durga bermaksud agar Kecamatan Sobang menjadi pusat hibrida komiditas Porang yang berkualitas.

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE