Petunjuk Menulis Daftar Riwayat Hidup

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Tahukah kamu bahwa Daftar Riwayat Hidup ialah data yang berisi gosip ihwal diri seseorang? Kamu mampu membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan mengambarkan data diri kepada orang lain.

Kamu membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan mendaftarkan diri, contohnya mendaftarkan diri ikut lomba kesenian, menjadi anggota sebuah tim, pengurus suatu acara, atau untuk melamar pekerjaan.

Setiap orang memiliki riwayat hidup masing-masing. Riwayat hidupmu niscaya berbeda dengan riwayat adikmu, kakakmu, bahkan orang tuamu. Kamu dapat menulis daftar riwayat hidup dalam bentuk singkat maupun dalam bentuk narasi atau dongeng.

Untuk membuat daftar riwayat hidup, diperlukan data diri, pengalaman, keterampilan, prestasi yang pernah diraih, serta informasi penting lainnya yang perlu diketahui orang lain.

Tulislah sebanyak mungkin berita penting tentang dirimu dalam bentuk peta pikiran sebagai materi untuk membuat daftar riwayat hidupmu pada pertemuan berikutnya.

Tahukah kamu bahwa Daftar Riwayat Hidup adalah data yang berisi informasi tentang diri ses Petunjuk Menulis Daftar Riwayat Hidup

Ayo Menulis

Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup?

Daftar riwayat hidup atau biasa disebut CV (Curriculum Vitae) ialah catatan atau sebuah dokumen yang menggambarkan diri pribadi secara singkat, pendidikan, serta mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Apa tujuan kita menciptakan daftar riwayat hidup?

Daftar Riwayat Hidup dibentuk untuk melamar sebuah pekerjaan, mendaftar beasiswa, seminar, lomba-lomba.

Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?

Beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup ialah Data Pribadi, Bidang yang diminati, Riwayat pendidikan, Kurus yang pernah diikuti, kecakapan, dan kesimpulan.

PETUNJUK PENGISIAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1. Data Pribadi
Cantumkan dalam data eksklusif nama lengkap, alamat lengkap, arahan pos, nomor telepon, jenis kelamin, tempat dan tanggal kelahiran, kewarganegaraan, dan agama.

2. Bidang yang diminati
Tuliskan bidang yang kau minati.

3. Riwayat Pendidikan
Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh, misalnya Taman Bermain, Taman Kanak-kanak A, Taman Kanak-kanak B, dan SD.

4. Ekstrakurikuler dan Kursus
Cantumkan ekstrakurikuler dan kursus yang pernah kamu ikuti.

5. Kecakapan
Tuliskan kecakapan atau keterampilan lain yang kamu miliki.

6. Kesimpulan
Tuliskan di bab kesimpulan perilaku dan keterampilan yang menonjol dalam dirimu yang mendukung bidang yang kamu pilih.

Perhatikan contoh formulir daftar riwayat hidup berikut.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Diri
Nama :
Alamat :
:
:
Kode Pos :
Nomor Telepon :
Jenis Kelamin :
Tempat/tanggal Kelahiran :
Warga Negara :
Agama :
Bidang yang diminati
Saya berminat dalam bidang olah raga

Riwayat Pendidikan
Tahun Pendidikan
2000 2001 Taman Kanak-kanak

Ekstrakurikuler dan Kursus
Kepramukaan

Kecakapan
Komputer ( MS Word, MS Excel, MS Power Point dan Internet)

Kesimpulan
Saya menguasai dengan baik keterampilan menjalankan MS Word, MS Excel, MS Power Point dan Internet

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini aku buat dengan sebenarnya.

(……………………..)

Tahukah kau bahwa gosip yang tercantum dalam daftar riwayat hidup dapat berbeda-beda. Hal tersebut tergantung kepada tujuan dan kebutuhan dari daftar riwayat hidup tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan