Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Pikiran Utama Dan Isu Penting Teks Ekosistem

3

KABARPANDEGLANG.COM – Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bab yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik).

Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tanaman, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.

Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu flora membuat masakan. Air dan tanah merupakan bab penting dari sebuah lingkungan.

Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.

Baca Juga :  Para Penerus Usaha Nabi Muhammad Saw.

Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

Individu ialah makhluk hidup tunggal, contohnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi ialah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu kawasan tertentu.

Contoh, di sebuah bak, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas yaitu populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas yaitu komunitas sungai dan komunitas padang rumput.

Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya Pikiran Utama dan Informasi Penting Teks Ekosistem

Tuliskanlah pikiran utama dan berita penting tersebut di daerah yang tersedia di bawah ini.

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya Lingkungan yakni segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bab tak hidup (abiotik).
2 Cahaya matahari mampu menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari membantu tanaman membuat kuliner. Air dan tanah merupakan bab penting dari sebuah lingkungan.
3 Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
4 Individu yaitu makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi yakni kumpulan individu sejenis yang menempati suatu kawasan tertentu. Komunitas ialah populasi makhluk hidup di suatu kawasan tertentu.
Baca Juga :  Kegiatan Literasi 6 Laporan Wisata Sejarah Ke Museum Fatahillah

Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More