Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Pokok Pikiran Teks Jenis-Jenis Ekosistem

40

KABARPANDEGLANG.COM – Pada dasarnya, ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin.

Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan insan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan merupakan dua acuan ekosistem buatan.

Ekosistem air tawar contohnya ekosistem danau, kolam, dan sungai. Ekosistem air tawar menerima cukup sinar matahari. Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini yaitu ganggang. Ekosistem air asin misalnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem maritim dalam.

Berbagai jenis ikan, kerang, koral, dan makhluk bahari lainnya hidup pada ekosistem ini. Terdapat juga beberapa jenis hewan kecil dan tumbuhan alga yang mampu membuat sendiri makanannya.

Ekosistem darat misalnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkat curah hujan dan iklimnya. Perbedaan tersebut menjadikan jenis tanaman dan hewan yang ada di dalamnya juga berbeda.

Baca Juga :  Kelembit Perisai Suku Dayak

Tumbuhan seperti rotan dan anggrek, serta binatang seperti monyet, burung, badak, dan harimau, berada pada ekosistem hutan hujan tropis. Ekosistem sabana memiliki curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis. Hewan-binatang yang hidup di sabana antara lain berbagai jenis serangga dan mamalia mirip zebra dan singa.

 ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua Pokok Pikiran Teks Jenis-Jenis Ekosistem

Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem sabana. Tumbuhan khas ekosistem yakni rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini misalnya bison, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular.

Gurun merupakan ekosistem yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan jenis kaktus yang memiliki duri untuk mengurangi penguapan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang mampu hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, kalajengking, dan beberapa binatang malam lainnya.

Suhu pada ekosistem taiga sangat rendah pada ekspresi dominan masbodoh. Taiga biasanya merupakan hutan yang tersusun atas satu jenis tumbuhan mirip cemara, pinus, dan sejenisnya. Hewan mirip beruang hitam dan ajag, biasanya hidup di ekosistem ini.

Baca Juga :  Membuat Cover Buku

Tundra merupakan ekosistem yang cuek dan kering. Banyak jenis tumbuhan tidak mampu hidup pada ekosistem ini alasannya adalah rendahnya suhu lingkungan sepanjang tahun. Akar-akar flora tidak dapat tumbuh pada suhu yang cuek. Tumbuhan jenis rumput tertentu saja yang bisa bertahan. Beberapa jenis burung bersarang di ekosistem tundra pada ketika animo panas, seperti angsa dan belibis.

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pikiran utama dari setiap paragraf beserta informasi yang kau anggap penting. Tuliskan pikiran utama dan berita penting tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini.

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Pada dasarnya, ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan insan untuk memenuhi kebutuhan insan.
2 Ekosistem air tawar misalnya ekosistem danau, bak, dan sungai. Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini ialah ganggang. Ekosistem air asin contohnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut dalam.
3 Ekosistem darat contohnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh
tingkat curah hujan dan iklimnya. Ekosistem sabana memiliki curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis.
4 Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan yang lebih rendah
dibandingkan dengan ekosistem sabana
Tumbuhan khas ekosistem ini ialah rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini misalnya bison, singa, anjing liar. Gurun merupakan ekosistem yang paling gersang alasannya adalah curah hujan yang sangat rendah.
5 Suhu pada ekosistem taiga sangat rendah pada demam isu masbodoh. Taiga Taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu jenis flora mirip cemara,
pinus, dan sejenisnya.Tundra merupakan ekosistem yang hambar dan kering.
Baca Juga :  Pembelajaran 4 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More