Pola Soal Dakwah Nabi Muhammad Saw Di Mekkah Dan Madinah

  • Bagikan
Pola Soal Dakwah Nabi Muhammad Saw Di Mekkah Dan Madinah

Soal Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah dan Madinah dan Jawaban – Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah berjalan selama 13 tahun di mana 3 tahun pertama adalah dakwah sembunyi-sembunyi dan 10 tahun selanjutnya yaitu dakwah terperinci-terangan. Dakwah sembunyi-sembunyi dilaksanakan Nabi Muhammad SAW sesudah turunnya Surah Al-Mudassir ayat 1 – 7. Sementara dakwah terperinci-terangan mulai dijalankan sehabis turunnya Surah Al-Hijr ayat 94 – 95.

  • Dakwah sembunyi-sembunyi hanya dilaksanakan nabi Muhammad SAW pada orang-orang terdekatnya saja. Orang orang yang memeluk islam pada dakwah sembunyi-sembunyi ini kemudian diketahui sebagai kelompok assabiqunal awwalun. Beberapa di antara mereka adalah Khadijah, Ali Bin Abu Thalib, Abu Bakar Ash-Siddiq dan lain lain.
  • Dakwah terang – terangan  diawali Rasulullah SAW dengan menghimpun masyarakatMekkah di bukit Shafa dan mengajak mereka menyembah Allah SWT dan meninggalkan berhala. Pada dakwah ini, Rasulullah SAW menerima penolakan keras yang salah satunya datang dari paman kandungnya sendiri ialah Abu lahab.
Baca Juga :  Soal Masa Demokrasi Liberal Dan Terpimpin Di Indonesia

Ajaran Islam abad Mekah, yang harus didakwahkan Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah selaku berikut:

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE