Produk Kerajinan Limbah Jerami

KABARPANDEGLANG.COM – Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian yang sangat banyak didapat di tempat persawahan. Terutama pada ketika periode panen padi datang. Selama ini jerami biasa dipergunakan sebagai kuliner ternak, media tanam jamur merang. Meskipun demikian jerami yang ada masih berlimpah dan harus dibakar.

Terkadang petani memanfaatkannya sebagai materi bakar ketika pembakaran watu bata atau genteng yang dilakukan di tempat sawah. Bagi para pedagang telur dan buah, jerami juga dapat dimanfaatkan sebagai alas, supaya barang dagangan mereka tidak gampang rusak balasan goncangan. Biasanya petani hanya menumpuknya dipinggir sawah dan membiarkannya busuk, sehingga mampu digunakan sebagai pupuk tanaman lainnya.

Bacaan Lainnya

Limbah padi atau jerami tersebut ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari jerami masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi untuk mampu dikembangkan. Untuk masyarakat yang tinggal di erat persawahan atau pasar tentunya tidak menemui kesulitan dalam mencari limbah jerami dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana.

Baca Juga :  Latihan Daya Tahan Jantung Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani

Pemanfaatan limbah jerami menjadi produk kerajinan memiliki nilai lebih di bidang ekonomi. Sekarang ini orang sudah mulai menyenangi produk kerajinan yang berasal dari materi jerami, sebab selain menarik juga ramah lingkungan. Maka dapat dikatakan bahwa peluang usaha dari limbah jerami dapat menguntungkan.

Bagian-bab jerami memiliki keunikan masing-masing, ialah mampu dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan, dari mulai batang padi, ranting padi, selongsong padi dan gabah kosong yang telah dirontokkan dari ranting padi.

Bahan dan Alat

Pengolahan jerami hampir sama dengan limbah jenis daun-daunan atau kulit buah, karena jerami pun mempunyai kandungan air, maka pengolahan yang paling sederhana dilakukan adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Perlu diperhatikan yakni; pisahkan semua bab yang berpotensi untuk dijadikan produk kerajinan yang sesuai. Misalnya, batang padi sangat cocok dipakai pada bagian pembentuk wadah pensil atau frame foto. Sedangkan ranting jerami yang lebih halus, dapat dimanfaatkan untuk menciptakan bunga-bunga.

Jerami dapat pula diberi warna dengan menggunakan pewarna tekstil. Proses pewarnaan pun sama dengan mewarnai kulit jagung, yakni dengan dimasak dengan cairan yang sudah diberi zat warna masakan dengan komposisi yang diinginkan.

Baca Juga :  Tradisi Rasulan Masyarakat Gunung Kidul

Setelah direndam beberapa saat, kemudian jerami dijemur di bawah sinar matahari pribadi hingga benar-benar kering.

Alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan barang kerajinan dari limbah jerami antara lain sebagai berikut.

  1. Gunting digunakan untuk memotong jerami sesuai contoh yang akan dibuat.
  2. Lem tembak digunakan untuk menyatukan bab-bab kerajinan.
  3. Pisau dipakai untuk memotong jerami.
  4. Lilin untuk membentuk jerami sesuai acuan

Proses Pembuatan Kerajinan dari limbah jerami :

 Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian yang sangat banyak didap Produk Kerajinan Limbah Jerami

Untuk menciptakan kerajinan dari bahan jerami antara lain sebagai berikut :

  1. Lengkungkan batang jerami memakai lilin agar dapat terbentuk sesuai teladan yang akan dibentuk.
  2. Susun beberapa batang jerami kemudian potong memakai gunting. Untuk mempermudah pekerjaan dikala memakai batang jerami untuk produk tertentu, maka batang jerami perlu dirakit berjajar supaya mampu dipotong sesuai acuan. Beri alas dari kertas untuk menjajarkan jerami. Gunakan lem untuk saling merekatkan batang jerami dengan demikian demikian jerami mampu dibuat dan dipotong sesuai selera.
  3. Satukan bagian-bagian memakai lem sebagai tangkai daun yang akan dibentuk.
  4. Satukan kepingan jerami yang telah dibentuk sebagai daun dengan batang. Buat beberapa daun pohon.
  5. Satukan beberapa tangkai daun pohon tersebut yang nantinya akan menjadi batang dari miniatur pohon kelapa yang akan dibuat.
  6. Lilitkan pelepah pisang untuk menyatukan tangkai-tangkai daun yang telah dibuat dengan bab batang.
  7. Jadilah sebuah miniatur pohon kelapa yang terbuat dari limbah jerami.
Baca Juga :  Hidup Sehat Dengan Makanan Dan Minuman Halal Serta Bergizi

Produk Kerajinan Limbah Jerami

Berbekal keterampilan, kreatifitas, dan hanya menggunakan alat sederhana, produk kerajinan dari limbah jerami ini dapat diolah menjadi banyak sekali bentuk mirip hiasan dinding, bunga, bingkai foto, wadah serbaguna, wadah pensil, dan sebagainya. Selain materi dasar jerami, ada pula yang memanfaatkan limbah lain untuk memberi aksen pada produk kerajinan yang dibuat semoga nampak lebih memiliki nilai ekonomis.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Facebook Comments

Pos terkait