Produk Kerajinan Limbah Kertas

KABARPANDEGLANG.COM – Kertas yang berasal dari koran, surat kabar, majalah, buku bacaan dan sebagainya merupakan salah satu media cetak yang telah menyertai kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Koran dan majalah yakni media cetak yang setiap hari dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh berita.

Setelah dibaca barang media cetak ini hanya menjadi tumpukan limbah rumah tangga. Pada kenyataannya koran ini menumpuk dimana-mana, salah satu penyelesaiannya adalah hanya dibuang atau dijual kepada penadah barang rongsokan.

Bacaan Lainnya

Sebagian orang telah memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang pasar yang dapat diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Kertas-kertas bekas itu pun dapat diubah fungsinya yakni menjadi aneka macam produk seni dan kerajinan.

Selain mampu bermanfaat kembali, hasil dari produk kerajinan dari kertas bekas ini pun dapat menjadi peluang perjuangan. Kita patut bersyukur karena memperoleh manfaat dari adanya limbah kertas ini.

Baca Juga :  Cara Menghargai Jasa Para Satria

Inovasi dan wangsit kreatif para pengrajin mampu mengubah tumpukan-tumpukan kertas koran bekas dari lembaran utuh hingga serpihan-cuilan ukuran tertentu menjadi barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari maupun hiasan.

Kertas merupakan bab dari limbah organik kering, kertas dapat terurai dalam tanah. Sifat kertas mempunyai pori-pori yang lebar sehingga mudah hancur, selain itu gampang menyerap air dalam waktu singkat. Kandungan lemnya tidak begitu besar sehingga tidak menghalanginya untuk proses pelapukan.

Meskipun kertas gampang hancur bila terkena air, namun jikalau digunakan sebagai materi dasar produk kerajinan kertas dapat diolah sedemikian rupa semoga tidak gampang hancur, ialah dengan menambah kandungan lem atau zat pelindung anti air seperti melanin/politur, mampu pula dengan dilapisi plastik.

Hal ini dimaksudkan supaya produk kerajinan yang dihasilkan dari kertas mampu tahan lama, tidak gampang rusak, dan terlihat lebih berpengaruh sehingga unsur kelemahan yang ada pada kertas tidak nampak, sedangkan keunikan limbah kertasnya dapat dipertahankan.

Bahan dan Alat

Bahan dan alat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan dari limbah kertas antara lain sebagai berikut.

  1. Kertas koran atau majalah sebagai materi utama pembuatan kerajinan.
  2. Lem kertas digunakan untuk menyatukan bagian-bagian barang kerajinan.
  3. Gunting digunakan untuk memotong bagian kertas sesuai contoh yang akan kita buat.
  4. Pewarna mampu berupa cat clear.
Baca Juga :  Matematika Kelas V Mencari Volume Kerucut

Limbah kertas tidak perlu penanganan khusus mirip halnya limbah jenis organik lainnya. Sehingga dalam proses pembuatannya pun tidak menemui kendala. Limbah kertas yang tersedia di lingkungan pribadi mampu dimanfaatkan segera dengan banyak sekali teknik seperti teknik anyaman, teknik sobek, teknik lipat, teknik gulung (pilin), bubur, dan masih banyak teknik lainnya yang mampu ditemukan.

Karena limbah kertas gampang dibuat sehingga dapat dicarikan banyak sekali alternatif teknik pengerjaannya biar hasil karya kerajinan menjadi lebih menarik dan unik.

Proses Pembuatan Kerajinan dari limbah kertas dengan teknik lipat

 buku bacaan dan sebagainya merupakan salah satu media cetak yang telah menyertai kehidupa Produk Kerajinan Limbah Kertas

Produk Kerajinan Limbah Kertas

Produk kerajinan yang dihasilkan dari limbah kertas dapat sangat bervariasi dengan teknik yang bervariasi pula. Berbagai karya yang mampu dihasilkan dari limbah kertas diantaranya keranjang, vas bunga, sandal, wadah serbaguna, bunga, hiasan dinding, wadah tisu, taplak, boneka baik bentuk manusia atau pun binatang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Percobaan Pembentukan Air Tanah Dan Air Permukaan

Peluang pemasaran produk-produk kerajinan dari kertas koran ini masih terbuka luas pasarannya sehingga menjadi produk bisnis yang menguntungkan. Keunikan bentuk yang berdasar dari kreatifitas pembuatannya membuat produk kerajinan kertas koran ini memiliki jumlah peminat yang besar.

Beberapa pengerajin kertas koran penjualannya tidak hanya di pasar lokal Indonesia saja, namun telah berhasil menembus beberapa negara. Banyak dari orang-orang mancanegara yang tertarik dengan produk-produk kerajinan dari Indonesia terutama barang yang dibuat dari kertas koran.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Facebook Comments

Pos terkait