Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

96

KABARPANDEGLANG.COM – Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok. Batok biasanya banyak terdapat pada kawasan pesisir pantai yang banyak ditumbuhi pohon nyiur atau pohon kelapa. Indonesia negara bahari yang dikelilingi oleh lautan. Tentunya setiap tempat pasti mempunyai pohon kelapa. Bagi sebagian orang, tempurung kelapa mungkin tidak berkhasiat.

Padahal bekerjsama tempurung kelapa sangat berkhasiat untuk dijadikan kerajinan. Dengan bermodalkan keterampilan dan ketekunan limbah tempurung yang dimodifikasi menyebabkan produk ini bernilai seni dan semakin banyak diminati.

Sulawesi Utara merupakan tempat yang dijuluki ‘negeri nyiur melambai’ karena banyak ditumbuhi pohon kelapa. Maka tak heran jikalau Sulawesi Utara merupakan daerah penghasil pangan tradisional klapertart yakni masakan serupa puding dengan kandungan kelapa muda yang mendominasi dan sungguh yummy rasanya.

Selain itu Sulawesi Utara juga dikenal dengan produsen kerajinan dari tempurung kelapa. Namun sekarang tidak hanya propinsi Sulawesi Utara yang memproduksi kerajinan dari tempurung kelapa, melainkan juga daerah Yogya, Bali, Lombok, dan tempat lainnya.

Buah kelapa yang telah diambil daging buahnya, akan berupa sampah yang dinamakan tempurung atau batok. Dan biasanya hanya digunakan sebagai kayu bakar, terutama tempurung atau batoknya. Namun batok kelapa tersebut akan berubah bentuk dan fungsi ketika barang tersebut sudah berada di tangan para seniman yang kreatif.

Baca Juga :  Modifikasi Karya Tari

Bahan baku yang murah dan gampang didapat merupakan keuntungan tersendiri bagi para pengrajin tempurung kelapa. Setelah diolah menjadi berbagai produk kerajinan, maka produk ini dipasarkan, dan sejauh ini para pengrajin tidak menemui kendala dalam pemasarannya. Karena kerajinan tempurung kelapa sangat menarik dan juga banyak peminatnya.

Pengolahan tempurung kelapa memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun selain alat tradisional yang dipakai untuk mengeruk bagian luar tempurung juga ada alat mesin yang menggunakan teknologi tepat guna untuk menghaluskan permukaan tempurung kelapa. Misalnya saja untuk menciptakan lubang pada tempurung kelapa dibutuhkan bor mesin, alasannya adalah tempurung kelapa ini sangat keras dan jika tidak hati-hati akan pecah.

Bahan dan Alat

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan dari batok kelapa cukup mudah untuk didapatkan.

  • Bahan utama tempurung kelapa atau batok kelapa
  • Lem kayu untuk menyatukan bab-bab kerajinan yang akan dibuat.
  • Gergaji untuk memotong tempurung kelapa.
  • Amplas bernafsu atau pecahan beling untuk menghilangkan sisa serabut kelapa.
  • Dempul, melanin/politur, amplas dan cat dipakai untuk finishing kerajinan yang akan dibuat.
Baca Juga :  Kualitas Penduduk Dan Munculnya Nasionalisme Indonesia

Selain itu untuk pembuatan produk meja dan lemari kecil diperlukan texwood untuk dijadikan rangka kerajinan sedangkan yang bagian luarnya ditempeli tempurung kelapa. Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Pada bagian serat itulah melekat nilai seni yang berpengaruh daripada jenis kerajinan ini, selain bentuk-bentuk unik yang mampu dibentuk.

Proses Pembuatan

Langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan batok kelapa sebelum diolah lebih lanjut menjadi benda-benda kerajinan. Bersihkan batok kelapa dengan hati-hati sisa-sisa serabut agresif di permukaan batok dengan memakai belahan kaca atau pisau. Bersihkan sisa-sisa serabut halus dipermukaan batok dengan menggunakan amplas bergairah. Proses pembuatan kerajinan dari bahan tempurung kelapa selanjutnya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Tempurung kelapa dipotong sesuai pola menggunakan alat pemotong/gergaji
  2. Potongan dihaluskan menggunakan gerinda atau amplas.
  3. Hasil belahan yang sudah dihaluskan divernis semoga lebih mengkilap, lalu dikeringkan dengan cara dijemur.
  4. Selanjutnya belahan disusun dengan menyatukan bagian-bab kerajinan yang akan dibentuk dengan memakai lem kayu.
 Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Produk Kerajinan Tempurung Kelapa

Kerajinan tempurung kelapa banyak dijual untuk dijadikan oleh-oleh dengan aneka macam macam bentuk. Mulai dari aksesoris wanita seperti jepitan, bingkai foto, tas, sandal hingga perabotan rumah tangga seperti; sendok garpu, piring, mangkuk gelas minum, sendok sayur/nasi, nampan, dan asbak.

 Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Selain itu batok kelapa juga mampu dibentuk menjadi penutup lampu, jam dinding, dan aneka bentuk lainnya. Aksesori yang terbuat dari tempurung kelapa seperti pin, kalung, gelang, ikat pinggang, figura, miniatur kendaraan, topeng, gesekan, Dengan sentuhan seni yang sangat halus, hasil kerajinan batok kelapa tersebut terlihat sangat artistik.

Baca Juga :  Mencari Volume Balok Kalau Diketahui Ukuran Tertentu

Bahkan hasil dari kerajinan tempurung kelapa ini mampu berupa ragam bentuk dengan banyak sekali model dan ukuran, bermacam-macam bentuk model manik-manik/kancing, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More