Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Proses Mendesain Poster Dengan Tangan

9

KABARPANDEGLANG.COM – Poster yaitu salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan menunjukkan informasi kepada masyarakat. Umunya poster dipasang di daerah-tempat yang ramai dan strategis seperti sekolah, pasar, kantor, mall, puskesmas, dan lain-lain. Sifat info yang di sampaikan dalam poster umumnya bersifat mengajak.

Poster berfungsi untuk memberi tambahan pemahaman tentang suatu gosip kepada banyak orang atau para pembaca ihwal apa yang ingin di sampaikan oleh pembuat poster melalui gambar dan kalimat yang singkat dan terperinci.

Poster juga dipakai sebagai media publikasi supaya masyarakat mampu membacanya dan melaksanakan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Poster dibuat tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, contohnya untuk tujuan komersial, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Teks Laporan Pengamatan Pembiasaan Diri Pada Tumbuhan

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan biar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster. Ayo, kita mengenal poster sebagai bagian dari reklame.

Ayo Mengamati

Amati poster berikut

Poster adalah salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok
1. Bagaimana pendapatmu ihwal poster tersebut? Jelaskan!

Poster tersebut di atas menyajikan informasi mengenai Pameran Batik dan Pameran Gerabah. Poster tersebut  mampu memikat para pembaca dan info yang disampaikan pun dapat dicerna lebih baik.

2. Apa saja keterampilan yang diharapkan untuk menciptakan poster?

Keterampilan yang dibutuhkan dalam menciptakan poster yakni kemampuan membuat desain dan penggunaan kalimat yang efektif.

3. Bisakah kau mengira langkah-langkah cara menciptakan poster tersebut? Jelaskan.

Memilih kertas dan ukurannya, menciptakan garis, menciptakan denah, memberi warna.

Ayo Berkreasi

Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Baca Juga :  Laporan Kegiatan Membedakan Adonan Dan Larutan
Langkah 1

Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan mampu sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak
indah dan menarik.

Langkah 2

Pilih kertas polos sesuai harapan. Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kau dapat memilih ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3

Buatlah 3 garis tipis. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bagian ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis berita perihal hal-hal yang kamu ingin semoga orang lain mengetahuinya, misalnya mencantumkan daerah, tanggal, nomor telepon, mirip “Kunjungilah pekan raya kami!”

Poster adalah salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Langkah 4

Buatlah judul. Buatlah judul pada bab atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis.
Kamu mampu menyesuaikan besar aksara dengan ukuran kertas.

Langkah 5

Buatlah catatan kaki. Gambar dan buat goresan pena secara tipis pada bagian bawah kertas.

Baca Juga :  Varabel Bebas Dan Variabel Terikat
Langkah 6

Isi bab tengah. Isi bab tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster bazar seni, kau akan menciptakan gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya gerabah. Kamu dapat menciptakan satu atau beberapa gambar. Buatlah denah dengan tipis.

Langkah 7

Warnailah Postermu. Sekarang, sehabis poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah aksara-karakter dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.

Langkah 8

Lakukan Eksperimen Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.

Sekarang, saatnya kamu merancang poster dengan menggunakan tangan. Tuliskan rencanamu terlebih dahulu pada kolom berikut berdasarkan langkahlangkah di atas.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More