Puasa Ganti atau Puasa Syawal? Mana yang harus didahulukan?

  • Bagikan
Puasa Ganti atau Puasa Syawal? Mana yang harus didahulukan?

KABARPANDEGLANG.COM – Puasa Ganti atau Puasa Syawal? Mana yang harus didahulukan? Sebagai umat Islam wajib hukumnya untuk melaksanakan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan, karena berpuasa di bulan Ramadhan adalah perintah langsung dari Allah  SWT kepada umatnya. Seperti yang tertuang dalam firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 yang mewajibkan para umat Islam untuk berpuasa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S al-Baqarah:183).

Dalam ayat ini Allah SWT menjelaskan bahwa puasa pada bulan Ramadhan sangat diwajibkan bagi orang-orang yang beriman.

Baca Juga :  Segera Minta Bantuan Bila Rumah Anda Dimasuki Cacing Jenis Ini

Setelah sebulan penuh berpuasa, biasanya setelah bulan Ramadhan maka umat Islam banyak yang menjalankan puasa sunah enam hari di bulan Syawal. Seperti yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan olehMuslim berikut ini

 صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ‎

Artinya: Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapat pahala seperti berpuasa setahun penuh. ( H.R Muslim)

  • Bagikan