Ragam Lagu Dan Musik Nusantara

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Musik merupakan salah satu cabang seni yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan insan. Musik dipakai oleh insan sebagai media untuk mencurahkan hasil pikiran dan perasaan.

Berbagai musik yang kita dengar setiap hari, selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat juga merupakan media komunikasi.

Bentuk musik yang dikenal ada dua ialah musik vokal dan musik instrumental. Musik cokal merupakan verbal musik memalui suara manusia, sedangkan musik instrumental yakni lisan musik melalui alat musik. Selain itu kita juga mengenal musik tradisional dan musik modern.

A. Musik Nusantara

Musik Nusantara yakni musik yang berkembang diseluruh wilayah kepulauan dan merupakan kebiasaan tutun temurun yang masih dijalankan oleh masyarakat. Musik Nusantara tersebat hampir diseluruh pelosok negeri dan masing-masing tempat mempunyai ciri-ciri yang berbeda.

Fungsi Musik Nusantara

Musik nusantara memiliki banyak fungsi. secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana atau media upacara ritual, media hiburan, media lisan diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi. Fungsi musik nusantara antara lain yakni:

  1. Sebagai Media Pendidikan. Dalam proses mencar ilmu, musik sangat berperan dalam pembentukan berfikir kreatif, sebagai media pendidikan lagu-lagu dan musik nusantara harus mampu menanamkan jiwa dan kecerdikan perkerrti yang luhur, contohnya keagungan Tuhan, cinta orang renta, cinta tanah air dan perilaku baik lainnya.
  2. Sebagai Media Hiburan. Dalam media hiburan, musik nusantara menempati ruang yang paling luas. Baik dari musik tradisional hingga musik modern, telah banyak digunkan insan sebagai media rekreatif untuk melepas kecapekan atau kepenatan hidup sehari-hari.
  3. Sarana Ekspresi Diri. Bagi para seniman (baik pencipta lagu maupun pemain musik), musik ialah media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya.
  4. Sarana upacara budaya (ritual). Musik di Indonesia, biasanya berkaitan akrab dengan upacara- upacara ajal, perkawinan, kelahiran, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Di beberapa kawasan, bunyi yang dihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis.
  5. Pengiring Tarian. Di berbagai tempat di Indonesia, bunyi- bunyian atau musik diciptakan oleh masyarakat untuk mengiringi tarian- tarian tempat. Oleh alasannya adalah itu, kebanyakan tarian daerah di Indonesia hanya mampu diiringi olehmusik wilayahnya sendiri.
  6. Sarana Ekonomi. Bagi para musisi dan artis professional, musik tidak hanya sekadar berfungsi sebagai media mulut dan aktualisasi diri. Musik juga merupakan sumber penghasilan. Mereka merekam hasil karya mereka dalam bentuk pita kaset dan cakram padat (Compact Disk/CD) serta menjualnya ke pasaran.

B. Jenis-Jenis Musik Nusantara

Musik nusantara yaitu seluruh musik yang berkembang di nusantara, yang memberikan ciri keindonesiaan. Musik memiliki fungsi sebagai sarana atau media ritual, media hiburan media verbal diri, media komunikasi, pengiring tari, dan sarana ekonomi.

Ragam musik nusantara yang berkembang mampu dibedakan menjadi musik tradisi, musik keroncong, musik dangdut, musik perjuangan, dan musik pop Jenis-jenis lagu-lagu di Indonesia sangat beragam dan aneka macam di antaranya:

1. Lagu Daerah.

Lagu tempat adalah lagu yang lahir alasannya budaya setempat yang bersifat turun temurun dan kedaerahan. Bahasa yang digunakan dan gaya yang dipakai sesuai sengan bahasa dan gaya daerah setempat. Berikut ini beberapa contoh lagu tempat.

No. Judul Lagu Daerah Asal Daerah Isi Lagu
1. Manuk Dadali Jawa Barat Isi lirik lagu ini berisi ihwal keperkasaan manuk dadali alias burung garuda.
2. Bungong Jeumpa NAD Lagu ini menggambarkan, bahwa Aceh adalah salah satu propinsi di Indonesia yang ingin membuat harum negaranya seperti bunga Jeumpa / Bunga melati
3. Ampar-ampar Pisang Kalimantan Selatan Ampar pisang menceritakan tentang pisang yang diampar ( disusun ) dan dikerebuti oleh binatang kecil yang mampu terbang yang senang dengan aroma pisang. binatang ini di kalimantan dengan nama bari – bari. pada final lagu diceritakan tentang hewan yang ditakuti anak kecilpada zaman dulu ( lihat di kata “dikitipi dawang” ) yang artinya digigit biawak. katanya kata “dikitipi dawang” itu digunakan untuk menakuti anak – anak yang suka mencuri pisang.
4. Anging Mamiri Sulawesi Selatan Anging mammiri ciptaan Bora D. G. Irate ialah lagu Makassar, Sulawesi Selatan, yang artinya “angin bertiup, yang membawa kesegaran dan pesan untuk memberikan kerinduan kepada orang yang disayang”.
5. Ayam Den Lapeh Sumatera Selatan Lagu Ayam Den Lapeh lagu ini yakni verbal perasaan kehilangan sesuatu yang berharga, yang lalu dikonotasikan dengan (ayam). Lagu ini dimaksudkan untuk menertawakan nasib buruk yang telah lewat dan mirip berpesan tak ada gunanya berlarut-larut dalam kesedihan.
6. Kambanglah Bungo Sumatera Barat Sebuah lagu bernuansa melayu pedalaman Padang di potongan barat pulau Sumatera yang secara spektakuler lirisnya sangat kaya dengan perlambang yang unik sekali. Kemegahan budaya berkait dengan kegagahan yang maskulin dan ayoman yang feminin sekaligus dalam bentuk mekarnya kembang.
7. Padhang Wulan Jawa tengah Dalam tembang dolanan padang bulan mengandung makna religius (kagamaan). Maksud dari tembang dolanan tersebut yakni kita hendaknya bersyukur kepada yang Maha Kuasa untuk menikmati keindahan alam. Untuk menawarkan rasa syukur itu kita diperlukan tidak tidur terlalu sore sebab kita mampu melakukan ibadah di waktu malam.
8. Piso Surit Sumatera Utara Menceritakan ihwal sang gadis yang sering sekali tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan kekasihnya dan selalu teringat akan kekasihnya itu sehingga mengandaikan dirinya sebagai burung Piso Surit yang selalu berkicau sendu. Sang gadis ini selalu menanyakan keadaan dan eksistensi kekasihnya sambil menangis dalam penantiannya.sang gadis mengatakan di dalam hatinya kepada kekasihnya untuk segera pulang dan menyudahi penantiannya.
9. Sinanggar Tulo Sumatera Utara Sinanggar tulo itu tidak ada artinya, itu semacam suara- bunyi khas para penyair di tapanuli. Makna lagunya yakni seseorang yang lagi bingung alasannya ingin mencariranting- ranting untuk di jadikan kayu bakar. Yang meruupakan ungkapan seseorang alasannya adalah kebingungan untuk mencari gadis bemarga tobing yang unyuk dijadikan pacar atau teman.
10. Butet Sumatera Utara Seorang ibu yang mengasih tau putrinya bahwa ayahnya si putri itu sedang pergi ke medan perang tuk melawan penjajah yang waktu itu dalah tentara belanda,, jadi si ibu berpesan ke putrinya agar yakin bahwa ayahnya niscaya mengalahkan penjajah yaitu belanda,, dan si ibu juga berpesan pada si putri agar cepat gede dan jadilah generasi penerus bangsa yang tangguh dan cerdik biar jangan dibodoh bodohi bangsa lain.
Baca Juga :  Ragam Musik Indonesia
2. Lagu Pop.

Lagu pop yaitu lagu yang sedang digemari atau disenangi oleh masyarakat pada saat tertentu atau dalam kurun waktu tertentu. Beberapa acuan lagu pop antara lain sebagai berikut.

No Musisi/penyanyi Judul lagu Keunggulan karya
1 Armada Mabuk Cinta Lirik lagu yang sangat lezat didengar sehingga banyak orang menyukainya
2. Iwan Fals Ibu Makna ihwal kasih sayang ibu terhadap anaknya hingga rela berkorban mempertaruhkan nyawanya demi anaknya.
3 Rossa Ayat-ayat Cinta Irama lagu yang sangat menyentuh dan disukai oleh kalangan dewasa
4 Afgan Terimah Kasih Cinta Ungkapan perasaan melalui lagu yang mampu memikat hati wanita
5 Geisha Lumpuhkanlah Ingatanku Lirik lagu yang mengenai pasangan yang telah usang menjalin hubungan
6 Anang Hermansyah Separuh Jiwaku Pergi Lagu yang mengingatkan kita semoga mencintai seseorang dan menyentuh
7 Wali Bang Toyib Lirik lagu yang romantis, lucu-lucu, dan yummy didengar disuguhkan di dalam lagunya
3. Lagu Hiburan.

Lagu hiburan ialah lagu yang bertujuan untuk menghibur pendengarnya dengan syair-syair atau liriknya.

4. Lagu Perjuangan.

Lagu perjuangan yakni lagu yang lahir alasannya kondisi masyarakat Indonesia yang sedang dijajah oleh bangsa lain. Dengan musik para pejuang berusaha membangkitkan semangat persatuan untuk melawan penjajah.Beberapa acuan lagu usaha antara lain sebagai berikut.

No. Judul Lagu Isi Lagu
1. Bangun Pemudi Pemuda Lagu ini mampu membuat kita lebih semangat dalam melaksakan kewajiban-kewajiban kita, baik sebagai pelajar, pekerja, kepala rumah tangga, dan lain-lain.
2. Syukur Lagu ini bercerita wacana rasa syukur yang syahdu dari seorang anak bangsa yang merasa sangat beruntung telah dilahirkan di Indonesia. Ia pun bersyukur kepada Tuhan atas nikmat yang sudah dikaruniakan ke dalam hidupnya.
3. Bagimu Negeri Lagu Bagimu Negeri ini mengingatkan kita wacana komitmen bawah umur bangsa untuk berjuang sepenuh hati demi kesejahteraan negaranya. Sangat bertema nasionalis dan menyentuh!
4. Gugur Bunga Gugur Bunga bercerita wacana wafatnya satria negara yang telah mengabdikan dirinya untuk Indonesia. Lagu ini berisi puji-kebanggaan terhadap hero yang telah wafat, kenangan terhadap jasa-jasanya, serta keinginan akan tumbuhnya hero-satria gres yang mampu membela nama Indonesia.
5. Rayuan Pulau Kelapa Rayuan Pulau Kelapa yaitu salah satu lagu terbaik yang memperlihatkan banyak sekali puji-kebanggaan terhadap keindahan Indonesia yang begitu bersahabat di hati kita. Berbagai aspek, mulai dari keindahan alam hingga ramah tamah masyarakat Indonesia, semua dibahas dalam lagu ini.
6. Garuda Pancasila Garuda Pancasila juga memiliki nilai filosofi yang luar biasa. Lagu ini seolah ingin memperlihatkan keperkasaan Indonesia yang mengusung Burung Garuda sebagai lambang dan Pancasila sebagai dasar negara.
7. Berkibarlah Benderaku Lagu Berkibarlah Benderaku memperlihatkan kebanggaan rakyat Indonesia tentang berhasilnya Sang Merah Putih berkibar dengan gagah di bumi nusantara.
8. Tanah Airku Lagu ini mempunyai makna yang sangat dalam. Benar-benar sebuah lagu yang mampu membangkitkan rasa nasionalisme dalam waktu singkat.
9. Indonesia Raya Lagu kebanggaan Indonesia yang menjadi bukti kedaulatan negara. Lagu inilah yang diputar setiap kali atlet-atlet Indonesia meraih prestasi di dunia internasional.
10. Indonesia Pusaka Indonesia adalah tanah tempat kita lahir, tumbuh besar, sekaligus kawasan beristirahat kelak di hari tua. Sudah sewajarnya apabila kita mencoba untuk sedikit memberi balas budi pada tanah pertiwi, setidaknya dengan menumbuhkan rasa cinta Indonesia.
Baca Juga :  Kelembit Perisai Suku Dayak
5. Lagu Seriosa

Lagu seriosa yaitu lagu yang harus dinyanyikan oleh penyanyi dengan serius yang mendekati kemampuan penciptanya dan bernilai teknik tinggi art music. Beberapa contoh lagu seriosa natara lain sebagai berikut.

Seuntai Manikam (Djohari), Keluhan Kuncup Melati (Ibu Sud), Cempaka Kuning (Syafei Embut), Taufan (C. Simandjuntak), Fajar Harapan (Ismail Marzuki), Karam (Iskandar), Kasih di Ambang Pintu (Iskandar), Bukit Kemenangan (saya lupa penciptanya), Bintang Sejuta (Ismail Marzuki), Senja Semerah Bara (F.A. Warsono), Mekar Melati (C. Simandjuntak), Kisah Angin Malam (Saiful Bahri), Puisi Rumah Bambu (FX Sutopo), Wanita (Ismail Marzuki), Kisah Mawar di Malam Hari (Iskandar), Embun (GWR Sinsu), Di Sela-Sela Rumput Hijau (Maladi), Citra (C. Simandjuntak), Dewi Anggraeni (F.X. Sutopo), Kembang dan Kumpang (Sancaya HR).

6. Lagu Dangdut.

Lagu dangdut ialah merupakan perpaduan antara musik india dengan musik melayu, iramanya sangat ringan sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya menggerakkan anggota badan. Lagu dangdut juga berasal dari indonesia asli. Berikut ini beberapa acuan lagu dangdut.

  1. Haram (Rhoma Irama feat Noer Halimah).
  2. Kangen (Evie Tamala).
  3. Terbayang-bayang (Ona Sutera)
  4. Jogja-Bandung (Johny Iskandar feat Evie Tamala).
  5. Dokter Cinta (Evie Tamala)
  6. Tamu Tak Diundang (Iis Dahlia).
  7. Gubuk Bambu (Meggy Z).
  8. Bukan Pengemis Cinta (Johny Iskandar).
7. Lagu Anak-Anak.

Lagu anak-anak ialah lagu yang diciptakan untuk mendidik bawah umur yang lagunya sederhana, dan kalimatnya tidak terlalu panjang, lagu bawah umur sangat gampang dimengerti dan dipahami. Beberapa pola lagu anak antara lain sebagai berikut.

Judul Lagu Anak Judul Lagu Anak Judul Lagu Anak
  1. Abang Tukang Baso (Mamo/Agil)
  2. Aku Anak Indonesia (lagu) (AT Mahmud)
  3. Aku Seorang Kapiten
  4. Ambilkan Bulan Bu (AT Mahmud)
  5. Amelia (AT Mahmud)
  6. Amrin Membolos
  7. Anak Gembala (AT Mahmud)
  8. Anak Kuat (Ibu Sud)
  9. Ayo Mama
  10. Andai Aku Besar Nanti (Sherina)
  11. Balonku (AT Mahmud
  12. Bagi Dua
  13. Bangun Tidur
  14. Bermain (N.N)
  15. Bernyanyi Bergembira
  16. Bintang Kecil(Daljono)
  17. Bintang Kejora (lagu) (AT Mahmud)
  18. Buka Pintu
  19. Bulan Sabit (AT Mahmud)
  20. Bunda (Umay Shahab)
  21. Bunda Piara
  22. Bunga Hiasan
  23. Bungaku (Cornel Simanjuntak)
  24. Burung Hantu
  25. Burung Kakatua (Lagu daerah Maluku)
  26. Burung Kutilang (Ibu Sud)
  27. Burung Nuri (AT Mahmud)
  28. Burung Unta
  29. Cemara (AT Mahmud)
  30. Cerita Tikus
  31. Cicak di Dinding
  32. Cik Cik Periuk
  33. Citaria (AT Mahmud)
  34. Cilukba (AT Mahmud)
  35. Di Sini Senang di Sana Senang
  36. Dakocan
  37. Dengar Katak Bernyanyi (Ibu Sud)
  38. Desaku (Ibu Sud)
  39. Di Pantai (AT Mahmud)
  40. Dua Ekor Anak Kucing (AT Mahmud)
  41. Dua Mata Saya (Pak Kasur)
  1. Cangkul (Ibu Sud)
  2. Jangan Marah
  3. Jangkrik (AT Mahmud)
  4. Jakarta Berulang Tahun (AT Mahmud)
  5. Jaranan (lagu anak tempat dari Yogyakarta)
  6. Kakak Nia
  7. Kampung Halamanku (Ibu Sud)
  8. Kapal Api
  9. Kasih Ibu (SM. Muchtar)
  10. Kelasku Yang Baru (M. Suharto)
  11. Kelinciku
  12. Kincir Air (AT Mahmud)
  13. Kembang Apiku (Pak Kasur)
  14. Ke Pasar Ikan (AT Mahmud)
  15. Keranjang Sampah
  16. Kereta Apiku (AT Mahmud)
  17. Kring Ada Sepeda
  18. Kucingku (Pak Kasur)
  19. Kunang-Kunang (AT Mahmud)
  20. Kupu-kupu (Ibu Sud)
  21. Lagu Bermain (Ibu Sud)
  22. Lagu Gembira (Ibu Sud)
  23. Lagu Tor-Tor (AT Mahmud)
  24. Layang Layang
  25. Layang-layangku (AT Mahmud)
  26. Lenggang Kangkung (lagu anak daerah dari DKI Jakarta)
  27. Lihat Kebunku (Ibu Sud)
  28. Mandi (Pak Dal)
  29. Matahari (Kak Irwan)
  30. Main Ular-Ularan (Ibu Sud)
  31. Menanam Jagung (Ibu Sud)
  32. Mendaki Gunung (AT Mahmud)
  33. Mobilku
  34. Musim Panen (AT Mahmud)
  35. Naik Becak
  36. Naik Delman (Ibu Sud)
  37. Naik Kelas (AT Mahmud)
  38. Naik Kereta Api (lagu anak)
  39. Naik Naik ke Puncak Gunung (Ibu Sud)
  40. Nasihat Ibu (AT Mahmud)
  41. Nenek Moyang (Ibu Sud)
  1. Nina Bobo
  2. Nona Manis (lagu anak kawasan dari Maluku)
  3. Oh Ibu dan Ayah
  4. Pagi-pagi (Ibu Sud)
  5. pak polisi (umay shahab)
  6. Paman Datang (AT Mahmud)
  7. Pelangi (AT Mahmud)
  8. Pemandangan (AT Mahmud)
  9. Peramah Dan Sopan (Pak Dal)
  10. Pergi Belajar (Ibu Sud)
  11. Pulang Memancing (AT Mahmud)
  12. Rasa Sayange (Lagu anak kawasan dari Maluku)
  13. Ruri Abangku (AT Mahmud)
  14. Satu-Satu
  15. Sapu Tangan
  16. Sayonara
  17. Selamat Ulang Tahun (lagu) (Adikarso)
  18. Sekuntum Mawar (AT Mahmud)
  19. Selamat Pagi Bu Guru (Pak Kasur)
  20. Semut Kecil
  21. Senam (AT Mahmud)
  22. Serumpun Padi (R Maladi)
  23. Sepasang Burung Kenari (SM Mochtar)
  24. Si Kancil Nakal
  25. SKJ(umay shahab)
  26. Soleram
  27. Suka Hati (lagu) (Kalau kau Suka Hati tepuk tangan)
  28. Taman Kanak-Kanak
  29. Tari Topeng
  30. Teka-Teki (Ibu Sud)
  31. Tek Kotek-Kotek
  32. Tepuk Tangan (AT Mahmud)
  33. Tidur Anakku (Ibu Sud)
  34. Tidurlah Adik (AT Mahmud)
  35. Timang Adik Timang (AT Mahmud)
  36. Tik Tik Bunyi Hujan (Ibu Sud)
  37. Tukang Kayu
  38. Tukang Pos
  39. Tupai (AT Mahmud)
  40. Topi Saya Bundar (Pak Kasur)
8. Lagu Keroncong.

Lagu keroncong yakni lagu yang memiliki harmoni musik dan improvisai yang sangat terbatas, umumnya lagu-lagunya mempunyai bentuk dan susunan yang sama. Beberapa acuan lagu keroncong antara lain sebagai berikut.

  1. Aryati M. Rivany
  2. JANGAN DI TANYA KEMANA AKU PERGI Tuti Maryati
  3. Jembatan Merah Rita S
  4. TINGGI GUNUNG SERIBU JANJI Narsih K
  5. SEPASANG MATA BOLA Sri Hartati
  6. KECEWA Ismanto
  7. Mengapa Kau Menangis Lagi Khairizal Khaidir
  8. Pasar Gambir Waljinah
  9. Rayuan Pulau Kelapa Waljinah
  10. Sabda Alam Wiwiek Sumbogo
9. Lagu Langgam.

Lagu langgam yakni lagu yang sejenis dengan keroncong tapi tidak menggunakan ukulele pada musiknya. Beberapa lagu langgam Jawa sangat popular dan dikenal hampir setiap orang di wilayah berbahasa Jawa, mirip

Musik merupakan salah satu cabang seni yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusi Ragam Lagu dan Musik Nusantara
  1. Gambang Suling (ciptaan Ki Narto Sabdo)
  2. Yen Ing Tawang (ciptaan Andjar Any)
  3. Caping Gunung (ciptaan Gesang, 1973)
  4. Jenang Gula (ciptaan Andjar Any)
  5. Jangkrik Genggong (ciptaan Andjar Any)
  6. Pamitan (ciptaan Gesang)
  7. Aja Lamis (ciptaan Gesang).
10. Lagu Stambul.

Lagu stambul yaitu lagu yang berirama mendayu-dayu, bait dan liriknya lazim berupa pantun “A-B-A-B” dalam tutur atau bahasa yang indah yang berisi puji-pujian dan hikmah. Beberapa contoh lagu stambul antara lain sebagai berikut.

  1. Stambul I, misalnya lagu Terang Bulan, Potong Padi. Ciri permainannya dimulai dengan Tonika. Terdiri dari 8 birama yang dinyanyikan 2 X 8 birama, dengan kata-kata yang umumnya berupa pantun.
  2. Stambul II, pola lagu Kenangan (Sapari & WS Nardi), Kecewa (Samsidi). Permainannya dimulai dengan solo vocal, kemudian disusul musiknya dengan kord Sub Dominan. Biasanya terdiri dari 18 birama, kodanya Tonika – Sub Dominan – Dominan – Tonika. Terdiri dari 16 birama, yang dinyanyikan 2 X 16 birama, dengan syair berupa pantun.
  3. Stambul III, contohnya lagu Sarinah, Keroncong Kemayoran. Merupakan campuran antara lagu stambul dan keroncong. Harmoni dimulai dengan kord Dominan septim kemudian beralih ke Tonika, kadang-kadang sebagai pelengkap juga memakai Dubbledominan.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan