Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Ragam Musik Indonesia

40

KABARPANDEGLANG.COM – Musik di Indonesia sangat beragam, hal ini dikarenakan suku-suku di Indonesia yang beragam, sehingga boleh dikatakan seluruh 17.508 pulaunya mempunyai budaya dan seninya sendiri. Indonesia mempunyai ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Ragam musik di Indonesia mampu dibedakan atas musik tradisi, modern, dan musik musik pop.

A. Musik Daerah/Tradisional

Musik kawasan atau musik tradisional yakni musik yang lahir dan berkembang di daerah- tempat di seluruh Indonesia. Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya). Musik tradisi mempunyai karakteristik khas, yaitu syair dan melodinya memakai bahasa dan gaya kawasan setempat.

Indonesia yaitu sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua sampai Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media lisan dari masyarakat pendukungnya.

Hampir diseluruh wilayah Indonesia memiliki seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut mampu dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya.

Baca Juga :  Mari Hidup Sederhana Dan Ikhlas

Hampir seluruh seni tradisional Indonesia mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali abjad khas orang/masyarakat Indonesia, yakni ramah dan sopan.

Salah satu bentuk musik yang paling dikenal yaitu gamelan, musik ini dimainkan oleh beberapa orang bersama alat musik perkusi, seperti metalofon, gong dan rebab bersama dengan suling bambu. Pertunjukan mirip ini umum di negara seperti Indonesia dan Malaysia, namun gamelan berasal dari pulau Jawa, Bali dan Lombok.

Adapaun beberapa musik tradisional lainnya yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut

  1. Gambang Kromong dan Tanjidor dari Betawi
  2. Dog-dog dan Arumba dari Jawa Barat
  3. Kolintang dari Minahasa Sulawesi Utara
  4. Talempong dari Sumatera Barat
  5. Krumpyung dari Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta
  6. Keso-keso dari Toraja Sulawesi Selatan

B. Musik Modern

Musik modern indonesia yaitu musik yang sudah mendapat sentuhan-sentuhan teknologi baik dari segi instrumen maupun penyajian, musik modern selalu berkembang dan ada pembaharuan seiring berkembangnya zaman, musik modern bersifat universal serta menyeluruh sehingga semua orang bisa saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern tersebut.

 pulaunya memiliki budaya dan seninya sendiri Ragam Musik Indonesia

Selain musik tradisional berkembang pula musik modern. Ada musik keroncong yang dipengaruhi musik Portugis. Istilah keroncong sendiri diduga berasal dari bahasa Portugis adalah croucho yang berarti kecil.

Baca Juga :  Mengidentifikasi Ciri Ciri Pantun

Kata tersebut digunakan untuk menyebut nama alat musik petik kecil berbentuk gitar yaitu ukulele. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan memasukkan alat musik lain sebagai suplemen sehingga menjadi musik keroncong yang ada sampai kini.

Ada pula musik dangdut yang merupakan kombinasi anatar musik melayu dan musik India. Jenis musik dangdut muncul sekitar tahun 70-an. Kata dangdut berasal dari bunyi gendang yang khas yang umum digunakan dalam pertunjukkan dangdut ialah tabla.

Gendang tersebut menghasilkan suara yang unik adalah dang dan dut sehingga disebut dangdut. Musik dangdut cepat terkenal di Masyarakat Indonesia. Hal Tersebut disebabkan suara gendang asli Indonesia. Selain itu lirik lagu dangdut juga gampang dicerna.

C. Musik Pop

Musik pop adalah nama untuk genre musik yang didengar secara luas oleh pendengarnya dan kebanyakan dari musiknya bersifat komersil.pengertian musik pop ialah musik dari segala usia yang menarik dan yummy di dengar untuk selera populer dan cenderung mengikuti perkembangan musik, musik pop biasanya mengacu pada genre musik yang lebih spesifik.

Baca Juga :  Ciri Adonan Homogen Dan Gabungan Heterogen

Daya tarik musik pop tidak dibatasi oleh budaya dan bahasa. Musik pop bersifat menghibur, mengesankan dan mudah didengar. Musik pop lahir di Amerika Serikat sehabis Perang Dunia I berakhir. Musik pop dikenal sebagai musik lantai dansa pada waktu itu.

Di indonesia sendiri musik pop atau musik populer dibedakan menjadi 2 macam ketegori, yakini musik pop anak anak dan musik pop cukup umur . musik indonesia pop anak umumnya memiliki Karakter yang lebih sederhana, dan biasanya mempunyai syair yang lebih pendek dari lagu pop indonesia dewasa.

Selain itu, komposisi musiknya tidak terlalu kompleks dan cenderung mempunyai tempo yang datar . judul,syair, dan tema dari musik pop indonesia anak-anak biasanya berkisar pada hal-hal yang mendidik, seperti mencintai orang bau tanah, Tuhan, Sekolah, dan Tanah Air.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More