Saatnya UMKM Go Digital dengan Digital Marketing!

  • Bagikan
Default Social Share Image

Saatnya UMKM Go Digital dengan Digital Marketing! – Pada era dengan arus teknologi yang deras seperti sekarang, strategi pemasaran dengan digital marketing pun semakin berkembang. Digital marketing bermanfaat bagi seluruh jenis usaha, termasuk juga UMKM. Simak pentingnya manfaat digital marketing untuk UMKM dalam ulasan berikut ini.

UMKM Go Digital: memaksimalkan potensi UMKM dengan digital marketing

Pemasaran produk adalah hal yang penting untuk kemajuan usaha. Semakin baik pemasaran, semakin tinggi juga kemungkinan untuk meraup untung besar.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan pemasaran digital marketing? Sesuai dengan namanya, pemasaran secara digital marketing dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti telepon seluler dan internet. Hal tersebut adalah buah dari perkembangan teknologi, karena kini teknologi digital hampir ada di setiap aspek kehidupan.

Pemasaran produk atau bisnis dengan digital marketing memiliki banyak kelebihan. Digital marketing memudahkan Anda untuk menjangkau lebih banyak calon customer karena target pemasarannya sangat luas. Selain itu, biayanya juga terhitung murah. Oleh karenanya, dengan menerapkan strategi digital marketing, UMKM Anda pun bisa semakin laris manis.

Baca Juga :  3 Strategi Komunikasi dengan Customer di Era Pandemi

Beberapa strategi digital marketing yang bisa diterapkan untuk UMKM

Ada banyak strategi digital marketing promosi UMKM bisa Anda terapkan untuk bisnis. Berikut adalah contohnya:

1. Social Media Marketing

Sesuai dengan namanya, strategi digital marketing yang satu ini dilakukan dengan cara mempromosikan bisnis lewat berbagai platform medsos. Tak dipungkiri, popularitas medsos seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sangatlah tinggi karena masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan medsos. Medsos pun dapat menjadi wadah berpromosi yang efektif.

Namun, ada hal yang perlu diingat mengenai social media marketing. Masing-masing medsos sendiri memiliki strategi yang khas dan berbeda. Oleh karenanya kita perlu mempelajari karakter masing-masing medsos.

2. SEO

Kita kerap kali menggunakan search engine atau mesin pencarian semacam Google. Saat mencari suatu hal, kita akan mendapatkan urutan halaman website yang memuat hal tersebut. Tentunya, kita cenderung membuka website pada halaman pertama.

Baca Juga :  Warga Kelurahan Taman Gres Curhat Ke Calon Wakil Walikota Lian Firman

Itulah hal yang ingin dicapai oleh strategi SEO. Dengan menerapkan SEO, website pun bisa ditemukan dengan mudah dalam hasil pencarian. Penerapan teknik SEO yang optimal bahkan dapat mengantarkan website Anda menempati halaman pertama.

3. Content Marketing

Strategi dengan content marketing berfokus kepada pembuatan dan distribusi konten agar dapat memikat target audiens. Saat berhasil memikat target audiens, mereka pun bisa menjadi konsumen Anda.

Tentunya, membuat konten tidak boleh sembarangan. Pertama Anda perlu menentukan target audiens Anda. Pahamilah karakter umumnya serta masalah yang sering mereka hadapi. Selain itu, Anda juga perlu menonjolkan daya tarik produk Anda agar kepada target audiens.

4. Email Marketing

Strategi ini dilakukan dengan cara mengirimkan email berisi pesan komersial kepada calon customer. Pesan komersial tersebut bisa berupa promosi produk, katalog produk terbaru, penawaran untuk berlangganan newsletter, hingga informasi diskon.

Email marketing cukup jitu karena calon customer langsung mendapatkan pesan Anda. Selain itu, melakukan promosi dengan email marketing juga dipermudah dengan berbagai tools khusus email marketing.

5. Pay Per Click

Kini, masyarakat banyak yang terhubung dengan internet. Industri periklanan pun perlahan bergeser ke metode iklan secara online. Pay Per Click adalah salah satu sistem periklanan dengan memasang iklan di berbagai platform internet. Beberapa platform yang menyediakan fitur Pay Per Click di antaranya yakni Google, Facebook, serta Instagram.

Baca Juga :  Pemprov Banten Raih Kategori Informatif

Dengan Pay Per Click, Anda bisa memasang iklan dengan lebih efisien, terutama terkait dana. Sebagai pemasang iklan, Anda hanya perlu membayar biaya untuk setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Menarik sekali, bukan?

6. Google Bisnisku (Google My Business)

Google pun menyediakan fitur layanan yang bisa meningkatkan pemasaran usaha Anda, yakni Google Bisnisku. Anda bisa mengelola usaha milik Anda agar informasi mengenai usaha bisa muncul di berbagai produk Google seperti Maps dan Penelusuran.

Tentunya, fitur ini sangat bermanfaat untuk bisnis. Orang lain pun bisa menemukan usaha Anda dengan mudah. Selain itu, untuk mendaftar Google Bisnisku ini tidak dipungut biaya alias gratis!

Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar marketing serta bisnis hanya disini, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

 

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE