Sancang Lodaya, Pasukan Berani Mati Dari Gunung Karang

  • Bagikan
Default Social Share Image

Setelah di rawat oleh dokter Satrio yang waktu itu sedang berada di Gunung Karang, dengan perawatan yang sangat sederhana sekali Tb A Gozali masih tetap mampu berjalan seperti biasa walaupun dengan satu tangan.

Pertempuran sengit di Gunung Karang Pandeglang ini terdengar sampai ke indera pendengaran

Bung Tomo selaku panglima TKR, dan ingin membuktikan bahwa tentara TKR di Pandeglang sudah bisa mengalahkan Belanda tanpa senjata yang mencukupi, Bung Tomo pun tiba ke Daerah Banten dan dia berkata ternyata yang terus-menerus ada peperangan cuma di Gunung Karang yang di pimpin oleh Tb A Gozali

Tb A Gozali di sektor 15 yang di namakan Sancang Lodaya sektor 15 Gunung Karang. Setelah itu Tb A Gozali di angkat menjadi Komandan batalyon Sektor Gunung Karang. Walupun tangan kanan nya putus tinggal sebelah, tapi kemampuan gerilya nya sangat ditakuti Belanda.

Baca Juga :  Jamang, Busana Khas Pandeglang Yang Ditelan Zaman

Karena peristiwa itu, maka di buatlah suatu Tugu Perjuangan di kawasan mengger oleh Bung Tomo yang di perintah oleh Bung Karno. Tugu tersebut masih ada hingga sekarang yang terletak di kawasan Mengger tepatnya di Jalan Raya Labuan Km7 Pandeglang meski kondisinya kurang terawat.

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE