Sebab Dan Akibat Tidak Adanya Persatuan Dan Kesatuan

KABARPANDEGLANG.COM – Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pembangunan bangsa. Persatuan dan kesatuan sangat penting di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.

Indonesia adalah sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya. Indonesia memiliki konteks persatuan bangsa. Persatuan memiliki makna bahwa apa pun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang mampu memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

Bacaan Lainnya

Persatuan dan kesatuan mempunyai arti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dan kesatuan memiliki makna “bersatunya berbagai macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan harmonis”. Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia mampu diartikan sebagai persatuan bangsa / negara yang menduduki wilayah Indonesia.

Beberapa karena dan balasan yang dapat ditimbulkan alasannya tidak adanya persatuan dan kesatuan

A. Di lingkungan keluarga

Sebagai sebuah keluarga tentu persatuan yaitu hal utama yang perlu diunggulkan beserta dengan keharmonisan. Setiap anggota keluarga dapat menghormati dan menghargai satu sama lain adalah yang terbaik dan mengakibatkan kesatuan keluarga semakin kuat.

Jika dari lingkup keluarga saja sudah terpecah-belah, balasannya sebagai berikut.

  1. Terjadi pertengkaran di dalam keluarga. Apabila anggota keluarga selalu bertengkar dan tidak rukun, persatuan di dalam keluarga tidak akan terjadi. Setiap anggota keluarga harus rela mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan keluarga. Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah keluarga karena adanya unsur keegoisan dan tidak mau mengalah satu sama lain.
  2. Kurangnya kerukunan di dalam keluarga. Sebuah keluarga seharusnya mempunyai tujuan yang sama untuk diperjuangkan dan dicapai bersama. Ketika satu dengan lainnya memiliki perbedaan, maka ketidakrukunan bisa terjadi secara otomatis.
  3. Kurangnya keakraban di dalam keluarga.. Keakraban dalam keluarga sangat penting. Keakraban keluarga mampu menunjang persatuan dan kesatuan dalam keluarga. Ketidakakraban biasanya disebabkan alasannya kurangnya komunikasi antaranggota keluarga. Selain itu, pertengkaran yang selalu terjadi dalam sebuah keluarga juga menjadi penyebab kurangnya keakraban dalam keluarga.
Baca Juga :  Perilaku Menghargai Perbedaan Di Lingkungan Sekolah

B. Di lingkungan sekolah

Setelah dari lingkungan keluarga atau rumah, penerapan dari persatuan dan kesatuan juga diharapkan di lingkungan sekolah. Penerapan sikap tersebut sangat penting pada setiap aktivitas yang dilakukan di area sekolah. Ada sejumlah akhir yang timbul dari tidak adanya persatuan.

  1. Sombong dan tidak peduli dengan sesama sahabat. Rasa sombong timbul alasannya adalah adanya rasa gembira pada diri sendiri yang berlebihan. Rasa sombong mampu menciptakan kita terpisah dari sobat di kelas. Rasa sombong juga menciptakan relasi dengan teman sekolah menjadi renggang. Selain itu, rasa sombong juga mampu menjadikan kita orang yang tidak peduli terhadap sesama sahabat. Rasa sombong dan sikap tidak peduli mengakibatkan tidak adanya persatuan dan kesatuan di kelas dan lingkungan sekolah.
  2. Membeda-bedakan teman, Persatuan berarti tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, seorang penerima asuh dapat memilih-milih teman menurut agama, suku, maupun ras. Hal ini bukan merupakan perilaku terpuji dan justru bertentangan dengan Pancasila sila ke-3.
  3. Mengolok-olok teman. Mengolok-olok atau mengejek teman merupakan perbuatan yang tidak terpuji. mengolok-olok akan melukai perasaan dan hati sahabat sekolah. Mengolok-olok teman pertanda tidak adanya rasa persatuan dankesatuan yang tecermin dari seorang akseptor didik.
  4. Terjadi tawuran. Tawuran biasanya berawal dari mengolok-olok sahabat. Akibat dari olokolok berlanjut menjadi pertikaian fisik. Pertikaian fisik menjadi semakin serius dan dapat menciptakan orang lain turut merasa terluka. Tawuran mampu terjadi antarsekolah. Tawuran membuktikan tidak adanya persatuan dan kesatuan.
Persatuan dan kesatuan sudah seharusnya dijaga dan dipertahankan demi keberlanjutan pemban Sebab dan Akibat Tidak Adanya Persatuan dan Kesatuan

C. Di lingkungan masyarakat

Masyarakat yaitu lingkup yang lebih luas untuk mempraktikkan Perbedaan kepentingan dan pendapat akan menjadi dilema besar saat setiap orang tidak memiliki sikap persatuan. Ada beberapa akibat yang akan terjadi dalam masyarakat jikalau setiap warganya tidak mempunyai semangat persatuan.

  1. Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain
  2. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyarakat
  3. Tidak adanya kolaborasi yang terjalin antarwarga masyarakat
Baca Juga :  Pembelajaran 4 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

D. Di lingkup negara

Pengikat suatu negara untuk tetap kokoh dan teguh ialah semangat persatuan. Landasan serta arah usaha Indonesia adalah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Pancasila. Apabila tidak terdapat persatuan dan kesatuan dalam negara, ada beberapa akibat yang timbul.

  1. Hilangnya empati dan toleransi dalam bermasyarakat. Kehidupan sosial atau bermasyarakat membutuhkan banyak hal untuk dijalani dan dipatuhi. Misalnya, harus adanya saling toleransi dan empati biar relasi antarwarga masyarakat mampu dipertahankan dengan baik. Namun, tanpa adanya rasa persatuan, empati dan toleransi mustahil dapat bertahan.
  2. Perpecahan bangsa. Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat mengakibatkan perpecahan bangsa. Setiap individu niscaya mempunyai kepentingannya sendiri. Akan tetapi, kita dilarang hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita juga harus memedulikan kepentingan orang lain. Apabila kita tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menjadikan perpecahan bangsa.
  3. Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa. Salah satu penyebab melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa sebab rakyat yang tidak bersatu. Ketika rakyat tidak lagi bersatu, serangan dari luar akan dengan gampang masuk ke tanah air. Serangan dari luar juga mampu memperlihatkan imbas jelek bagi masyarakat.

Ayo Berlatih

1. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa. Jelaskan makna persatuan tersebut.

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa dimana persatuan ini memiliki makna bahwa apapun budaya, ras, dan sukunya tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan yang telah terjalin.

2. Sebutkan akhir yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga.

Berikut balasan tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga : Terjadi pertengkaran di dalam keluarga, Kurangnya kerukunan di dalam keluarga, dan Kurangnya keakraban di dalam keluarga.

3. Sebutkan balasan yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.

Berikut balasan tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah :Sombong dan tidak peduli dengan sesama sahabat, Membeda-bedakan sahabat, Mengolok-olok sobat, dan Terjadi tawuran

4. Sebutkan balasan yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.

Berikut balasan tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat : Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain dan Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan oleh masyarakat. Serta tidak adanya kolaborasi yang terjalin antarwarga masyarakat

5. Sebutkan balasan yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara.

Berikut akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan negara : Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat, Perpecahan bangsa, dan Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

Di dalam khidupan sehari-hari, tentu persatuan dan kesatuan sangat diharapkan, baik itu di keluarga, sekolah, masyarakat dan negara. Dalam proses mencapai sebuah tujuan, persatuan sangatlah penting. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku dan budaya mempunyai konteks persatuan bangsa di mana persatuan ini memiliki makna bahwa apapun budaya, ras dan suku kita, tidak ada yang dapat memisahkan dan menggoyahkan persatuan kita.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Facebook Comments

Pos terkait