Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Kenapa harus Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory Systemever untuk Bisnis?

0 33

KABARPANDEGLANG.COM, Kenapa harus Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory Systemever untuk Bisnis? – Seiring dengan perkembangan teknologi dan era digital, pelaku UKM semakin banyak bermunculan di Indonesia mencapai 64 juta sampai tahun 2020 ini menurut data dari Badan Pusat Statistik. Hal itu sama dengan 99.9% angka keseluruhan bisnis di Indonesia. Sebagian dari bisnis dengan skala menengah tersebut merupakan usaha informal dan jarang tercatat oleh banyak lembaga statistik. Kontribusi bisnis UKM begitu besar sehingga mampu menjadikan Indonesia survive dalam banyak episode resesi. Mungkin saja usaha bisnis kamu yang membaca ini adalah salah satunya.

Baik itu perusahaan besar ataupun yang berskalan menengah, pengelolaan managemen inventory merupakan hal yang krusial agar bisnis yang dapat dijalankan secara berkelanjutan, menghasilkan profit dan tentu menjadikan pekerjaan lebih efisien. Dengan bantuan aplikasi atau software yang tepat semua permasalahan tersebut akan dapat terselesaikan dengan baik. Namun bisa juga menjadi boomerang waktu apabila masalah yang ada tidak bisa tertangani dengan baik.

Manajemen Inventory

Dalam Bisnis UKM atau Perusahaan Jasa, Pasti ada Permasalahan

Pada setiap perusahaan atau dalam mengembangkan bisnis, pasti ada saja yang namanya “masalah” yang seringkali hadir menghantui contoh misal habisnya produk dari persediaan yang mengakibatkan potensi penjualan menjadi hilang. Selain itu customer yang sudah terlanjur berekspektasi membeli menjadi kurang merasa senang. Adapun produk-produk yang tidak segera terjual akan menjadi stok mati dan malah menambah biaya berlebih.

Saya memahami akan hal permasalahan dalam bisnis menengah yang tidak ada akan membuat kita bisa dengan bijak dalam mengatur dan mengkontrol bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ini masalah-masalah yang sering akan ditemui oleh para pembisnis bawah ataupun menengah, yuk coba perhatikan beberapa diantaranya sebagai berikut :

  • Stok produk habis
  • Stok produk yang tersisa jadi stok mati
  • Stok produk yang tersisa rusak dan busuk
  • Minimnya modal
  • Penimbunan stok produk berlebih
  • Overorder dan oversell
  • Penentuan harga yang kurang tepat
  • Kurangnya inovasi
  • Tidak relevan dengan teknologi
  • Proyeksi permintaan kurang tepat
  • Alat mengatur rantai pasok yang kurang baik
  • Dokumen laporan yang kurang lengkap dan baik
  • Laporan yang masih manual dan lambat
  • SDM yang kurang mumpuni

Adapun dengan permasalahan pada bidang perusahaan jasa, masalah yang terjadi diantara banyaknya model bisnis yang serupa, diantaranya ialah yang bergerak di bidang jasa juga. Perusahaan jasa ini khususnya pada perusahaan bidang distribusi baik itu yang berskala besar, menengah, atau kecil yang memiliki banyak sekali permasalahan yang sama dengan UKM. Namun dalam bisnis jasa ini juga banyak memiliki permasalahan-permasalahn yang unik.

Problem pada Pengelolaan Stok Produk & Penjualan

Dari berbeberapa perhal yang telah disampaikan diatas tadi bahwa sistem penjualan dan distribusi produk merupakan salah satu masalah yang dominan. Akan terbatasnya kapasitas atau banyaknya permintaan yang harus diatasi secara efektif, tepat, dan cepat. Proses yang otomatisasi dalam pengelolaannya sudah bukan menjadi hal baru lagi.

Salah satu tipe model dalam pengelolaan stok produk dan penjualan di perusahaan bidang jasa merupakan model Just In Time. Tipe produk atau jasa yang akan atau telah di kirim harus tepat waktu, maka sangat dibutuhkan dalam pengerjaan manajemen serta penyerahan laporan harus lebih efektif dan baik akan hasilnya.

Produk atau jasa yang akan atau telah di kirim ke pelanggan harus sesuai dan sebanyak apa yang dibutuhkan dalam waktu yang sudah tersedia. Hal ini juga supaya biaya-biaya dalam operasional dapat ditekankan menjadi lebih hemat. Sehingga apabila ada kerusakan-kerusakan yang dapat mengakibatkan kerugian disebabkan oleh penimbunan barang berlebihan dan dapat untuk  dihindari.

Pencatatan stok-stok dari produk yang akan atau telah dikirim ke pelanggan wajib dilakukan secara rinci. Dengan semakin luasnya ruang lingkup pekerjaan, maka harus dibutuhkan beberapa senjata yang lengkap, efektif dan software yang mumpuni dibidangnya yaitu salah satunya ialah software system manajemen inventory yang akan dapat mencatat stok-stock produk secara realtime dan otomatis. Selain itu, pengoperasian dan pemahaman dasar pada sistem manajemen inventory sangat diperlukan dalam  menunjang kinerja yang dihasilkan.

Baca Juga :  BPBD Pastikan Tidak Ada Warga Kelaparan Pasca Banjir Bandang di Kabupaten Lebak

Mengenal ERP Systemever

ERP SystemEver

Dalam perusahaan sebuah Software Sistem ERP memang sangat dibutuhkan terutama pada perusahaan yang skala menengah dan skala besar. Dengan sistem ERP ini berbagai perencanaan manajemen seperti mengenai keuangan, penjualan, penggajian, penagihan, sumber daya manusia, stok barang dan lainnya bisa dilakukan secara terintegrasi serta otomatis.

Itulah kemudahan yang tersedia pada software sistem ERP SystemEver yang sudah dikenal sejak lama dengan kehandalan dan kualitasnya. Software ERP SystemEver  mampu membuat pekerjaan yang awalnya berat dan membutuhkan banyak resource bisa lebih ditekan. Tidak perlu lagi menggunakan banyak SDM lagi untuk memantau berbagai bidang yang tersedia.

Akan sangat menyulitkan jika memiliki perusahaan dengan banyak sumber daya manusia dengan berbagai aktivitas antar departemen tanpa adanya sistem manajemen terpadu. Untuk mengelola karyawan, penggajian, logistik, penjualan, administrasi dibutuhkan sebuah sistem yang biasa dikenal dengan ERP (Enterprise Resource Planning).

Software Sistem ERP Systemever ini akan membantu segala urusan yang ada di dalam perusahaan. Penggunaya tidak terbatas pada perusahaan besar, namun  perusahaan yang masih berskala UKM juga disarankan untuk menggunakan software ini sejak dini.

Apalagi di era Revolusi Industri 4.0, perusahaan yang ingin maju dan berkembang pesat membutuhkan digitalisasi sistem manajemen yang mumpuni yang menjamin setiap departemen terkoneksi dengan baik dan terawasi optimal dari pemilik bisnis dimanapun dan kapan saja.

Apa itu Software ERP?

Secara ringkas dan sederhana ERP (Enterprise Resource Planning) dapat diartikan sebagai sebuah konsep yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan. ERP dijalankan dengan dukungan seperangkat infrastruktur software komputer dan aplikasi, baik dalam bentuk hardware maupun software yang digunakan untuk memudahkan sekaligus mengintegrasikan pengolahan data dan informasi dalam sebuah perusahaan.

Untuk lebih mengenal sistem ERP sebagai konsep perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan dalam bentuk aplikasi atau software, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa ERP terdiri atas 3 elemen, yaitu perusahaan (Enterprise), sumber daya (Resource) dan perencanaan (Planning).

Dengan teknologi komputer (komputasi), sistem ERP akan melakukan analisis dan perencanaan sumber daya yang ada pada sebuah perusahaan, seperti SDM (sumber daya manusia), finansial, akuntansi, manajemen persediaan serta yang lain untuk kemudian diintegrasikan satu dengan yang lain sehingga menciptakan kolaborasi yang efektif dan efisien.

Terintegrasinya seluruh sumber daya perusahaan tersebut membuat berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah dan akurat sehingga dapat menunjang kinerja perusahaan.

Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory Systemever Terbaik untuk Bisnis

Gambaran Sistem Management Inventory System Ever

Sistem softaware cloud ERP Indonesia banyak digunakan perusahaan untuk mengatur atau mengelola fungsi departemen dalam manajemen seperti akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko dan kepatuhan dan operasi rantai pasokan.

Manajemen bisnis kecil dan kalangan menengah yang jumlah pesanan/transaksinya masih terbatas kecil dan sumber dayanya masih sedikit, tidak menjadi masalah dengan input laporan secara manual atau menggunakan aplikasi manajemen yang sederhana.  Namun jika bisnis yang berjalan dengan berskala besar tentunya proses manajemen bisnis pun akan semakin kompleks dan melibatkan beberapa team atau banyak sumber daya manusia dengan transaksi yang diciptakan tidaklah sedikit.

Kamu membutuhkan ketelitian, kecepatan dan ketepatan misalnnya dalam melacak stock produk atau pesanan, mengecek dan memeriksa stok sekaligus mengontrol proses distribusi serta pengiriman agar barang/produk bisa diterima oleh konsumen dengan tepat waktu dan lebih cepat. Jangan sampai kehilangan kesempatan pesanan pelanggan atau deal bisnis lantaran pengelolaan manajemen yang semrawutan, kurang atau tidak efisien.

Pada tahap awal sistem software manajemen ERP (Enterprise Resources Planning) menjadi sebuah solusi manajeman bisnis. Karena software system ERP berbasis cloud kreadibiltasnya memiliki mekanisme yang otentikasi serba otomatis dalam mengelola data-data karyawan, penjualan, logistik, administrasi, penggajian dan sebagainya supaya sistem manajemen bisnisnya bisa berjalan lebih efiesien dan efektif.

Sistem ERP berbasis cloud yang mengintegrasikan data atau informasi dari berbagai departemen terkait yang terlibat langsung pada transaksi dengan sistem keuangan dengan real time dan secara otomatis. Hal ini yang memungkinkan pemilik bisnis atau pihak pengelola dari kalangan manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

Keputusan manajemen bisnis lebih efektifitas yang membutuhkan ketersediaan beragam informasi yang memadai dan data-data  akurat pada waktu yang tepat. Software ERP untuk perusahaan distribusi menyediakan data-data serta informasi dari beberapa departemen dengan memudahkan dan terus diperbarui. Dengan demikian, produktivitas bisnis akan mudah ditingkatkan lebih baik, karena setiap departemen yang terkait bisa terkoneksi dengan cepat dan terawasi secara optimal oleh pemilik bisnis atau pengelola dimanapun dan kapan saja.

Baca Juga :  Lomba Design Logo Hari Jadi Kabupaten Pandeglang 2018 Berhadiah 5 Juta Rupiah

Apa itu Sistem Cloud ERP Manajement Inventory

cloud computing inventory

Software sistem cloud ERP systemever Terkemuka dari Korea Selatan sekarang telah hadir di negara Indonesia. Dengan software SystemEver menjadikan bisnis Kamu lebih efisien dan efektif. Berbasis system cloud di Jakarta, untuk daerah Indonesia. SystemEver juga berkomitmen untuk berkembang bersama para pembisnis dan pelaku usaha.

SystemEver ERP menawarkan sistem ERP managjemen inventory berbasis Cloud yang sangat mudah diaplikasikan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga membantu untuk proses kerja yang efektif dan efisien. SystemEver menyediakan keseluruhan proses pengelolaan perusahaan mulai dari sistem Akuntansi, Laporan Keuangan, Inventory hingga Manajemen Pabrik yang terintegrasi otomatis dan secara real time.

ERP Manajement Inventory merupakan sistem manajemen pengelolaan stok barang atau produk lainnya. Pengelolaan bisnis pada perusahaan besar biasanya stok produk/barang terlebih dahulu disimpan di area pergudangan dalam bentuk bahan baku atau komponen-komponen, setalh itu kemudian akan dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan rak stok. Sedangkan  di perusahaan yang lebih kecil, barang/produk yang diterima dapat langsung ditaruh di tempat penyimpanan rak stok.

Barang/produk tersebut kemudian akan diambil dari area stok serta dipindahkan ke fasilitas produksi yang akan mengolah bahan- baku menjadi barang dan produk siap edar. Selanjutnya, barang yang siap edar dapat dikembalikan lagi ke rak-rak stok terlebih dahulu atau dikirim langsung ke pelanggan.

Sistem manajemen inventory atau manajemen inventaris merupakan sebuah kombinasi teknologi (perangkat keras dengan perangkat lunak) dan proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan atas pemeliharaan barang-barang yang disimpan oleh perusahaan.

Manfaat Sistem ERP Manajemen Inventory

 

Cloud-ERP-Manajemen-Inventory-SystemEver

Sistem manajemen inventory dapat menyederhanakan dalam proses pengelolaan persediaan yang memudahkan untuk mengelolanya, seperti pengecekan inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa manfaatnya :

1. Data Penyimpanan Terpusat

Semakin banyak data penyimpanan dan lokasi stok yang harus dikelola, maka akan semakin sulit Kamu mengelola orderan dan melacak ketersediaan stok barang yang dimiliki.

Dengan adanya sistem manajemen inventory yang memadai, Kamu bisa mengetahui data-data ketersediaan barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan beberapa detik, bahkan sekalipun barang berada di gudang atau toko yang berbeda.

2. Mengontrol Stok

Sistem manajemen inventaris memungkinkan dapat mengkontrol ketersediaan stok dan memastikannya untuk selalu berada di tingkat yang mudah di operasikan. Sistem akan memberikan notifikasi ketika persediaan yang tersedia sudah mulai menipis sehingga Kamu dapat segera melakukan pemesanan ulang.

4. Meningkatkan Efisiensi

Dengan sistem manajemen inventory, berbagai pekerjaan atau aktivitas kompleks yang termasuk dalam penanganan stok dapat dibuat menjadi lebih sederhana. Laporan inventaris bulanan hingga tahunan dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Ini adalah sesuatu yang mustahil jika dilakukan secara manual.

5. Menghemat Biaya

Solusi manajemen inventaris menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat dari berbagai human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Dengan satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, Kamu tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan Kamu.

Selain itu, Kamu juga bisa mengurangi biaya yang semestinya Kamu gunakan untuk membayar tenaga kerja profesional untuk mengelola inventaris perusahaan. Sebab, sistem ini mampu mengotomatiskan pengelolaan inventaris Kamu. Sistem ini dapat dengan mudah diimplementasikan oleh siapa pun sekalipun penggunanya bukan ahli dalam inventaris.

6. Mengoptimalkan Produktifitas

Karena berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan inventaris telah diotomatiskan, maka karyawan Kamu dapat lebih fokus pada tugas-tugas lain yang tidak kalah penting. Mereka tidak perlu lagi terjebak pada satu pekerjaan yang memakan waktu lama seperti pencatatan jumlah stok atau pembuatan laporan dengan spreadsheet.

7. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Perangkat lunak manajemen inventaris memastikan seluruh pesanan konsumen terpenuhi dengan baik melalui informasi real time terkait tingkat persediaan Kamu. Sistem juga memungkinkan Kamu untuk melacak pengiriman pesanan hingga sampai ke tangan konsumen. Sehingga pada akhirnya, sistem ini membantu meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan Kamu.

8. Prakiraan & Perencanaan yang Akurat

Sistem manajemen inventory membantu Kamu menjadi lebih proaktif ketika merencanakan dan memprediksi kebutuhan inventaris Kamu. Dengan laporan inventaris yang lengkap dan akurat, Kamu dapat mengetahui produk yang paling populer, produk yang jarang dipesan oleh konsumen, seberapa banyak barang yang harus Kamu sediakan di waktu yang akan datang, pemasok mana yang paling menguntungkan, dan berbagai informasi penting lainnya yang membantu meningkatkan produktivitas bisnis Kamu.

Baca Juga :  Mengenal Sistem Informasi Pondok Pesantren

Fitur-Fitur Utama Pada ERP Sistem Manajemen Inventory

cloud computing inventory management

Beberapa fitur utama yang harus ada dalam sistem manajemen inventaris yang baik adalah sebagai berikut :

1. Manajemen Stok

Fitur ini membantu pengguna untuk memantau pergerakan stok dari satu lokasi ke lokasi lain. Ketika barang keluar dari gudang atau toko, maka fitur ini akan secara otomatis mengurangi jumlah stok yang dimiliki (inventory on hand).

2. Manajemen Procurement

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur jumlah minimum stok dan menyalakan notifikasi yang akan memberi tahu jika persediaan sudah mencapai tingkat minimum yang sudah ditentukan. Pengguna kemudian dapat langsung melakukan pemesanan ulang secara otomatis ke supplier.

3. Manajemen Supplier

Fitur ini berfungsi menyimpan seluruh informasi lengkap terkait pemasok. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan pemasok yang ingin dihubungi dan membandingkan penawaran dari satu pemasok dengan pemasok lainnya.

4. Barcode Scanning

Ini merupakan salah satu fitur yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama yang bergerak di bidang ritel dan grosir. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat barcode secara otomatis sehingga mempercepat proses pelabelan. Sistem manajemen inventaris yang bagus menyediakan integrasi dengan barcode scanner.

5. Shipment Tracking

Dengan alat pelacakan pengiriman, penjual dapat dengan mudah melacak barang yang dikirim ke pelanggan. Beberapa sistem manajemen inventory bahkan mengizinkan pelanggan untuk mengonfirmasi penerimaan barang secara langsung di tempat melalui aplikasi seluler.

6. Laporan Inventaris

Software manajemen inventaris yang baik menyediakan alat pelaporan canggih yang menunjukkan data analitik lengkap tentang pergerakan stok, valuasi stok, jumlah stok, inventory turnover, dan masih banyak lagi. Dengan data yang akurat, maka pemangku kepentingan di perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Kesimpulan Tentang Sistem ERP Cloud Manajemen Inventory

sistem-inventory

secara singkat, sistem manajemen inventory merupakan sistem yang dirancang untuk membantu bisnis mengotomatiskan pengelolaan inventaris atau persediaan barang mereka, baik itu aset mereka sendiri maupun barang dagangan. Sistem manajemen inventory tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga bisnis kecil dan menengah.

Teknologi system cloud computing ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Karena tidak perlu melakukan installasi apapun pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer. Peritah-perintah yang digunakan oleh pengguna tadi  selanjutnya akan dilanjutkan ke server software.

Perintah yang diberikan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung dengan sistem Cloud Computing yang ada di komputer. Pengguna hanya memerlukan jaringan internet agar dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi.

Dari sisi Perusahaan juga memiliki keuntungan yang sama dalam penggunaan Cloud Computing penerapan ini contohnya Gmail, Hotmail, Yahoo, Google Drive bahkan sudah didukung teknologi saat ini. Pada saat proses mengkaskes layanan email ini, Kamu akan menyimpan informasi di server cloud. Berikut ini beberapa manfaat dari Cloud Computing, diantaranya yaitu :

1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Teknologi Cloud Computing memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah di sediakan oleh Cloud Computing. Selain itu, dari segi infrastruktur pengguna tidak tidak perlu lagi menyediakannya seperti data center, media penyimpanan, sudah tersedia secara virtual oleh Cloud Computing.

2. Keamanan Data

Dalam penerapan teknologi Cloud Computing penyedia Cloud Computing telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak , platform teknologi, jaminan ISO. Tentunya dengan Cloud Computing akan membuat data dan informasi Kamu bisa lebih aman terjaga dibandingkan metode konventional yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini.

3. Lebih Murah dan Tahan Lama

Cloud Computing tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server. Karena semua produk hardware atau fisik memiliki masa pemakaian dan setelah masa pemakaian tersebut biasanya akan terjadi beberapa kerusakan dan berfungsi tidak optimal dan sering terjadi error.

Demikian artikel ini penulis sampaikan dengan judul Kenapa harus Sistem Cloud ERP Manajemen Inventory Systemever? semoga bisa memberikan ulasan atau informasi yang bisa dijadikan sebagai bahan acuan pembaca untuk refensinya dan mudah-mudahan bermanfaat adanya.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More