Sistem Organ Dan Organisme

  • Bagikan
Sistem Organ Dan Organisme

KABARPANDEGLANG.COM – Setiap makhluk hidup terdiri dari sel atau sekumpulan sel, sekumpulan sel membentuk jaringan, sekumpulan jaringan membentuk organ dan sekumpulan organ membentuk sistem organ.

Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan fungsi tertentu disebut organ. Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melaksanakan fungsi tertentu.

Sel berada di tingkatan struktural terendah yang masih bisa menjalankan semua fungsi kehidupan. Sel-sel yang memiliki fungsi dan bentuk yang sama akan berkelompok.

Kelompok sel itu dinamakan jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melaksanakan fungsi tertentu.

A. Sistem Organ

Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lainnya. Tanpa ada kerja sama dengan organ lain, maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi.

Baca Juga :  Apresiasi Karya Kerajinan Anyaman Daerah
No. Sistem Organ Organ Fungsi
1. Sistem pencernaan Mulut (pengecap, gigi), faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas, dan anus Mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul masakan yang sudah disederhanakan
2. Sistem pernapasan Hidung, tenggorokan, trakea, laring, bronkus, bronkiolus, paru-paru Untuk mengangkut udara ke dalam paru-paru dan untuk memfasilitasi difusi Oksigen ke dalam ajaran darah. Yang juga mendapatkan limbah Karbon Dioksida dari darah dan hembuskan itu
3. Sistem gerak (rangka) Tulang Menyokong dan melindungi organ dalam
4. Sistem transportasi/ sirkulasi/ peredaran darah Jantung,arteri, vena, kapiler, dan sel-sel darah. Mengangkut oksigen dan sari masakan ke seluruh sel badan, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel badan, serta melindungi badan dari mikroorganisme penyebab penyakit
5. Sistem ekskresi Paru-paru, ginjal, kulit, dan hati Mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam badan dan menjaga keseimbangan sel dengan ingkungannya
Setiap makhluk hidup terdiri dari sel atau sekumpulan sel Sistem Organ dan Organisme
6. Sistem Syaraf Badan sel, dednrit, akson, Mengatur seluruh aktifitas badan insan memiliki tiga fungsi utama, yakni sebagai alat komunikasi, pengendali atau pengatur kerja, dan sentra pengendali balasan
7. Sistem reproduksi Ovarium,rahim, dan vagina. Perkembangbiakan Makhluk hidup
Baca Juga :  Jumlah Dan Pertumbuhan Penduduk

Pada kelompok makhluk hidup multiseluler seperti insan, antarsistem organ saling bekerjasama dan bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. Sistem organ ini kemudian membentuk organisme, yaitu satu jenis makhluk hidup/individu, misalnya manusia.

B. Organisme

Organisme adalah makhluk hidup terdiri dari banyak komponen yang saling terkait dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisme hadir dalam aneka macam ukuran, bentuk dan gaya hidup, tetapi mereka semua mengembangkan beberapa ciri yang sama. Semua organisme membutuhkan kuliner (nutrisi) dan mengeluarkan limbah, tumbuh, berkembang biak dan jadinya, mati.

Hewan ialah organisme yang paling aktif dari semua organisme, dan hewan termasuk spesies mirip manusia, hiu dan semut. Setelah berkembang mereka bertahan hidup di lingkungannya.

Baca Juga :  Menelaah Struktur Cerita Fantas

Tanaman yaitu salah satu kelompok terbesar dari organisme, dan tanaman merupakan bab penting dari rantai masakan. Tumbuhan disebut “produsen” dari dunia kehidupan, sebab mereka memanfaatkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi bentuk energi kimia. proses yang disebut fotosintesis, memungkinkan seluruh rantai kuliner berfungsi.

Sedangkan bakteri yaitu organisme yang sangat sederhana, dan nenek moyang mereka disebut-sebut sebagai bentuk awal kehidupan bumi. Banyak kuman yang bermanfaat dan diperlukan untuk hidup, sementara yang lain mampu sangat berbahaya. Jenis lain dari organisme termasuk protozoa, alga dan jamur.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan