Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah biar siswa mengalami perubahan yang nyata. Penilaian berarti perjuangan untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui aktivitas mencar ilmu mengajar.

Evaluasi mampu diartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang diharapkan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terealisasi.

Contohnya dalam evaluasi pembelajaran ada yang namanya penilaian hasil mencar ilmu siswa yang merupakan langkah awal dalam proses evaluasi tersebut. Kegiatan pengukuran yang dilakukan biasanya dituangkan dalam banyak sekali bentuk tes dan hal ini yang paling banyak digunakan. Ada banyak bentuk tes yang dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran dan ada juga yang berbentuk nontes.

Pada bagian selesai setiap tema akan diadakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa juah penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut ini Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan pola!

Berpikir Global, Bertindak Lokal artinya memiliki aliran maju dan mendunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia. Contoh tindakan Beroikir Global Bertindak Lokal diantaranya yakni berbelanja di pasar tradisional, memakai barang-barang produksi dalam negeri, mengonsumsi buah-buahan lokal

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana.

  1. Komponen utama dari sumber energi ini adalah sel foltovotaik. Sel tersebut memiliki peranan untuk menangkap panas matahari yang lalu akan diubah menjadi energi listrik.  Pada siang hari panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic.
  2. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya disalurkan ke Elektronoc Box Sistem.. Electric Box System merupakan system khusus yang simpel dan flexible yang dipakai sebagai daerah pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
  3. Dari Elektric Box Sistem inilah energi listrik akan disalurkan ke peralatan listrik seperti lampu, tv, radio dan peralatan lainnya.
  4. Bila listrik DC ingin dipakai menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dan sebagainya maka dibutuhkan inverter yang mampu mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang diharapkan dengan panel sel surya, inverter, aki. Inverter yaitu perangkat elektrik yang dipakai untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat seperti batere, panel surya / solar cell menjadi AC.

3. Apa yang kau ketahui perihal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Paragraf 1: Topik Masalah

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ialah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya mempunyai fungsi yang sama, adalah menghasilkan energi listrik utuk mendukung kegiatan insan.

Paragraf 2: Deret Penjelas

Untuk mampu menghasilkan energi listrik melalui PLTS diharapkan beberapa komponen pendukung penghasil tenaga surya. Beberapa komponen yang diperlukan antara lain : Panel surya, Alat Pengatur Daya (charge controllet), Accu, dan Inverter DC to AC.

Paragraf 3: Simpulan dan pesan/ pendapat langsung penulis
Listrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal saluran informasi ke aneka macam serpihan dunia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah.

4. Mencintai produk dalam negeri yakni merupakan perilaku cinta tanah air. Apakah kamu oke dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu !

Setuju sebab dengan kita memakai produk dalam negeri berarti melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk negara lain.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

Luas Permukaan = 6 x s x s
= 6 x 6 x 6
= 6 x 36
= 216 cm²

Volume Kubus = s³ = 6³ = 216 cm³

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangkit campuran berikut.

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Luas adonan = Luas Bangun 1 + Luas bangun 2
Luas Bangun 1 = 6 x 8 x 8 = 384 cm²
Luas bangun2 = 5 x 4 x 4 = 80 cm²
Luas campuran = 384 cm² + 80 cm² = 464 cm²

7. Ida akan menciptakan 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang beliau perlukan

Luas Karton = 4 x 6 x 10 x 10 = 24 x 100 = 2.400 cm²

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan