Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Soal Penilaian Tema 1 Subtema 1: Tanaman Sumber Kehidupan

24

KABARPANDEGLANG.COM – Tema 1 Kelas VI sekolah dasar terdiri dari tiga subtema. Subtema 1 yaitu tanaman sumber kehidupan. Pada subtema satu ini pelajaran IPA membahas tentang perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif. Mata pelajaran PKn membahas ihwal pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran matematika membahas tentang belahan persen dan bagian desimal. Bahasa Indonesia membahas tentang menemukan info manfaat dan asal data dari teks investigasi. Pada bab akhir tema dilaksanakan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa ihwal pembelajaran yang telah diikuti. Berikut ini soal penilaian tema satu subtema 1 kelas VI Kurikulum 2013.

1. Cermati kembali teks berjudul “Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin.” Buatlah ringkasan dari teks tersebut dengan memperhatikan penggunaan kosakata baku, huruf besar, dan tanda baca.

Manusia dan hewan memerlukan kuliner untuk melaksanakan acara sehari-hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, sagu, jagung, dan umbi-umbian. Manusia dan binatang juga memerlukan kuliner yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya.

Ada bermacam-macam jenis tanaman yang mengandung protein seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain. Manusia juga memerlukan jenis makanan yang mengandung vitamin yang dipakai  untuk menjaga kesehatan dan melindungi badan kita dari serangan aneka macam penyakit. Ada bermacam-macam jenis tanaman yang mengandung vitamin adalah sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi

Baca Juga :  Jenis Jenis Ornamen Motif Batik

2. Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari sikap tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.

Nilai-nilai Pancasila Sikap Manfaat
Sila 1: KeTuhanan
  1. Beribadah.
  2. Menghormati sahabat lain yang berbeda agama.
  1. Hati menjadi damai.
  2. Hidup rukun.
Sila 2: Kemanusiaan
  1. Menghargai sobat yang berlainan agama.
  2. Bersikap dan berkata sopan pada semua sahabat.
  1. Hidup menjadi nyaman
  2. Saling menghargai sesama manusia
Sila 3: Persatuan
  1. Bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.
  2. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
  3. Mengembangkan perilaku saling menghargai.
  1. Tidak terjadi konflik-konflik
  2. Persatuan dan kesatuan terjaga.
Sila 4: Kerakyatan
  1. Menghargai hasil musyawarah.
  2. Kita tidak boleh memaksakan kehendak  kita kepada orang lain.
  3. Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
  1. Mengutamakan musyawarah mufakat
  2. Menghargai pendapat orang lain
  3. Tidak memaksakan kehendak
Sila 5: Keadilan
  1. Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain.
  2. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak-hak orang lain.
  4. Suka memberi tunjangan kepada orang lain.
  1. Berlaku adil
  2. Keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak milik orang lain.

3. Ceritakan ihwal satu proses perkembangbiakan tumbuhan yang telah kau pelajari. Jelaskan dengan singkat dan sertakan gambar sehingga tulisanmu akan tampak menarik.

Tumbuhan berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan generatif pada tanaman antara lain sebagai berikut.

 Kelas VI sekolah dasar terdiri dari tiga subtema Soal Evaluasi Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan

  • Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  • Perkembangbiakan generatif pada tanaman diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  • Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid) masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  • Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yakni peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur.
  • Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  • Zigot bermetamorfosis forum, bakal biji bermetamorfosis biji, dan bakal buah menjelma daging buah.
  • Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tanaman gres.
Baca Juga :  Wirausaha Pengadaan Barang Dan Jasa

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif ialah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses penyerbukan atau pembuahan.

Pada proses vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa santunan insan. Sedang pada vegetatif buatan, makhluk hidup gres terbentuk dengan derma insan. Perkembangbiakan secara vegetatif pada flora dikelompokkan menjadi :

  • Vegetatif Alami menggunakan Spora pola : paku, pakis. Akar tinggal (rhizoma) : kunyit, jahe, lengkuas, kunci, temulawak, rumput. Umbi: kentang/ubi jalar, singkong/wortel, bawang merah. Geragih : rumput teki, arbei, pegagan, semanggi. Tunas: pisang dan bambu.
  • Vegetatif Buatan dengan cara Cangkok : batang bermacam-macam jenis buah dari pohon berkayu yang dicangkok. Setek : batang singkong, daun cocor bebek.

4. Berikut ini yaitu data buah kesukaan siswa kelas 6 Sekolah Dasar Nusantara

Nama buah Prosentase
Jeruk 13%
Apel 45%
Sawo 34%
Semangka 8%
Baca Juga :  Relasi Saling Ketergantungan Dalam Masyarakat
Jeruk = 13  = 0,13 benar
100
Apel  = 45  = 0, 45 + Jeruk 0,13 = 0,58 benar
100
Sawo = 34  = 0,34, yang tidak menyuaki sawo 100-34 = 66% benar
100
Semangka = 8  = 0,08  benar
100

5. Perhatikan angka-angka potongan berikut ini. Angka serpihan manakah yang lebih besar? Angka potongan manakah yang lebih kecil? Bagaimana cara kamu mengetahuinya? Jelaskan dengan singkat!

10%, 1/10, dan  0,01

10% = 10  = 0,10
100
1  = 0.1
10
0,01 = 1  = 0,01
100

Kaprikornus, bilangan yang paling kecil nilainya yakni 0,01

6. Siti dan Edo mengikuti tes Matematika bahu-membahu. Siti dapat menjawab benar 23 soal dari 25 soal yang ada. Edo dapat menjawab benar 88% soal dari 25 soal yang ada. Nilai siapa yang lebih tinggi? Bagaimana cara kau mengetahuinya?

Nilai Siti = 23  x 100 = 92
25
Nilai Edo = 88  x 25 = 22 soal
100

Nilai Siti lebih besar daripada nilai Edo, alasannya adalah Siti memperoleh skor 23 sedangkan Edo hanya 22.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More