Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Soal Penilaian Tema 1 Subtema 2 Hewan Sahabatku

27

KABARPANDEGLANG.COM – Kurikulum 2013 yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Selain itu juga dirumuskan proses pembelajaran dan evaluasi yang dibutuhkan siswa untuk mencapai kompetensi yang diinginkan.

Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, ialah mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai siswa sehari-hari. Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan,

Pada tema satu subtema dua kelas vi sekolah dasar terdiri dari dari pelajarn IPA ihwal perkembangbiakan binatang, matematika perihal perbandingan. PJOK mempraktikkan variasi dan kombinasi contoh gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.

PKn menunjukkan acuan pelaksanaan nilai-nilai dan susila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berikut ini soal penilaian tema satu subtema dua Hewan Sahabatku.

Baca Juga :  Menelaah Ciri Bahasa Dongeng Fantasi

1. Buatlah soal kisah perihal perbandingan senilai. Jelaskan cara menjawab soal tersebut dengan bantuan tabel.

Harga 3 liter bensin Rp. 13.500,00. Jika seseorang membeli 6 liter bensin maka berapa uang yang harus beliau bayar?

No. Banyaknya Bensin (liter) Harga (Rp)
1. 3 13.500
2. 6 x

Dalam bentuk yang lain dapat ditulis menjadi

X  = 6   x 13.500
3
X  = 6 x 13.500 = 81.000  = 27.000
3 3

2. Peternakan “Hewan Sahabatku” memiliki persediaan pakan ternak untuk 60 ekor ayam selama 20 hari. Peternak itu membeli ayam 30 ekor lagi, beberapa hari persediaan pakan itu akan habis?

Diketahui
Ayam yang ada sesudah membeli lagi ada 90 ekor

Jumlah Ayam Jumlah Hari Cara Menjawab
60 20 hari (60 x 20 ) : 90 = n

1.200 = 90n

n = 1.200 : 90 = 13,33

90 n

3. Untuk mengantar pesanan susu menggunakan kendaraan, petugas di peternakan “Hewan Sahabatku” memerlukan 5 liter bensin untuk jarak 30 km. Berapa jarak yang mampu ditempuh dengan bensin sebanyak 7 liter?

5  = 7  = 5x = 7 x 30
30 x
x  = 7 x 30  = 210  = 42, jadi dengan 7 liter dapat menempuh 42 km
5 5

Saat ini, persediaan bensin 12 liter. Apakah bensin tersebut mencukupi untuk menempuh jarak 80 km? Jelaskan.

7  = 12  = 7x = 12 x 42
42 x
x  = 12 x 42 = 504  = 72, jadi bensin 12 tidak cukup untuk jarak 80 km
7 7

4. Jelaskan 3 cara binatang berkembang biak dan berikan contohnya.

  • Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Contoh ayam, penyu, cicak, buaya dan jenis burung lainnya.
  • Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Sapi, kucing, dan gajah teladan binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan.
  • Ada juga binatang yang berkembang dengan cara bertelur dan melahirkan contohnya ialah ular. Ular tidak selamanya melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada ketika mengeluarkan anak-anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus melahirkan (ovovivipar).

 Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap Soal Evaluasi Tema 1 Subtema 2 Hewan Sahabatku

5. Apakah makna kerja keras bagimu? Jelaskan teladan yang pernah kamu alami.

Kerja keras yakni suatu usaha yang dilakukan untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan ataupun untuk menerima  hasil yang terbaik. pola yang pernah aku alami, saat aku harus bekerja keras dalam proses berguru untuk menerima hasil yang maksimal.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More