Soal Persaudaraan (Ukhuwah) Dalam Islam Pilihan Ganda Dan Tanggapan

  • Bagikan
Soal Persaudaraan (Ukhuwah) Dalam Islam Pilihan Ganda Dan Tanggapan

Soal Persaudaraan (Ukhuwah) dalam Islam Pilihan Ganda dan Jawaban –Ukhuwah yang diartikan selaku “persaudaraan”, berasal dari kata yang pada mulanya mempunyai arti “memperhatikan”. Makna kata  ini memberi kesan bahwa persaudaraan mengharuskan adanya perhatian semua pihak yang merasa bersaudara.

Soal Persaudaraan (Ukhuwah) dalam Islam Pilihan Ganda dan Jawaban

Selama ini ada kesan bahwa istilah teresebut bermakna “persaudaraan yang dijalin oleh sesama muslim”, atau dengan kata lain, kata “islamiyah” dijadikan selaku pelaku ukhuwah itu. Pemahaman ini kurang sempurna. Kata Islamiyah yang dirangkaikan dengan kata ukhuwah lebih sempurna dipahami selaku adjektiva, sehingga ukhuwah islamiyah memiliki arti “persaudaraan yang bersifat islami atau yang diajarkan oleh Islam.

Ada dua argumentasi untuk mendukung usulan ini.

  • Al-Qur’an dan Hadits memperkenalkan beragam persaudaraan.
  • Alasan kebahasaan.
Baca Juga :  Teladan Soal Taubat Opsi Ganda Dan Kunci Jawaban

Dalam bahasa Arab, kata sifat selalu mesti diadaptasi dengan kata yang disifatinya, kalau yang disifati berbentuk indefinitif maupun feminin, maka kata sifatnya pun harus demikian, ini tampaksecara jelas pada dikala kita berkata “ukhuwah Islamiyah dan Al-Ukhuwah Al-Islamiyah”.  Kata ukhuwah berakar dari kata kerja akha, misalnya dalam kalimat “akha fulanun shalihan”, (Fulan menyebabkan Shalih sebagai saudara). Sedangkan berdasarkan Imam Hasan Al Banna: Ukhuwah Islamiyah ialah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan aqidah.

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE