Soal Pertumbuhan Islam Pada Kurun Abad Pertengahan Dan Balasan

  • Bagikan
Soal Pertumbuhan Islam Pada Kurun Abad Pertengahan Dan Balasan

Contoh Soal Perkembangan Islam Pada Masa Abad Pertengahan dan Jawaban – Dalam buku Ensiklopedi Islam, Jilid 2 (Jakarta, Ichtar Baru Van Hoeve) diterangkan bahwa sejarah Islam sudah melalui tiga abad, adalah abad klasik (650-1250), periode pertengahan (1250-1800 M), dan abad modern(1800-kini).

Soal Perkembangan Islam Pada Masa Abad Pertengahan dan Jawaban

Pada kurun klasik, Islam mengalami kemajuan dan kurun keemasan. Hal ini ditandai dengan sungguh luasnya wilayah kekuasaan Islam, adanya integrasi antarwilayah Islam, dan adanya kemajuan di bidang ilmu dan sains. Pada kala pertengahan, Islam mengalami kemunduran. Hal ini ditandai dengan tidak adanya lagi kekuasaan Islam yang utuh yang mencakup seluruh daerah Islam, dan terpecahnya. Islam menjadi kerajaan-kerajaan yang terpisah. Kerajaan-kerajaan itu antara lain:

  • Kerajaan Ottoman di Turki
  • Kerajaan Mogul di India
  • Kerajaan Safawi di Persia (kini Iran)
Baca Juga :  Acuan Soal Perkembangan Islam Di Indonesia Dan Balasan

Perkembangan Islam pada era pertengahan ini dikerjakan lewat tiga jalan yang dilalui untuk memperkenalkan Islam pada penduduk Eropa. Ketiga jalan tersebut adalah :

  • Jalan Barat. Proses melalui jalan barat dimulai dari kawasan Afrika Utara dengan melewati Semenanjung Iberia. Para pejuang Islam yang melalui jalan ini dipimpin oleh Thariq bin Ziyad dan dimulai pada tahun 711 M. Perjalanan Thariq dan rombongannya ini diketahui lantaran prestasinya yang mampu melewati Pegunungan Pirenia yang pada waktu itu populer sangat menakutkan.
  • Jalan Tengah. Rute jalan tengah ini dimulai dari kawasan Tunisia. Rombongan yang melewati jalan tengah ini menuju Apenina dengan lewat Sisilia. Sisilia serta Italia Selatan sempat dikuasai oleh pejuang Islam meski tidak terlampau lama.
  • Jalan Tiimur. Pada 1453, Turki yang dipimpin Sultan Muhammad II mampu mengalahkan Byzantium. Caranya dengan menyerang Konstantinopel lewat laut Hitam yang merupakan bagian belakang Konstantinopel.
  • Bagikan