Supaya Tidak Trauma Akibat Bencana, Belum Dewasa Terdampak Banjir Di Lebak Diberikan Treatment Syok Healing

  • Bagikan
Default Social Share Image

LEBAKAnak-anak di Tiga Kampung yang terdampak peristiwa banjir akibat tingginya curah hujan sementara waktu kemudian, yakni Kampung Wanti, Talagasari dan Kadujangkung, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak-Banten, diberikan Treatment Trauma Healing oleh Criminal Law Student Assosiation (CLSA) Fakultas Hukum Untirta bareng Komunitas Relawan Banten, Haji Rocker Foundation, Padepokan Kupi, dan Duta Damai.

Kegiatan Trauma Healing dijalankan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Lebak. Sekolah tersebut menjadi opsi untuk dilaksanakan Trauma Healing alasannya hampir semua siswa di sekolah tersebut terdampak banjir. Dari 384 siswa, terdapat 226 siswa yang kampung kawasan tinggalnya terdampak banjir.

Demikian hal tersebut dibilang Aliyth Prakarsa, Koordinator Lapangan (Korlap) acara Trauma Healing dalam informasi tertulis nya, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga :  Tidak Kunjung Dibangun Ruas Jalan Cibayawak Sawarna Ditutup Warga

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pemenuhan hak anak-anak yang menjadi prioritas dalam penanganan tragedi,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam Undang-undang Perlindungan Anak, anak dalam lokasi peristiwa diharapkan santunan khusus, diantaranya psycho social.

“Meskipun Trauma healing ini bab terkecil dari psycho social selaku tahapan recovery dalam siklus manajemen kebencanaan,” tandas Aliyth.

  • Bagikan