Hobby Jadi Bisnis : Tas Anyaman Dari Tali Kur

oleh -1.285 views
Tas Anyaman Dari Tali Kur

KABARPANDEGLANG.COMHobby Jadi Bisnis : Tas Anyaman Dari Tali Kur, Tas merupakan sebuah wadah atau tempat penyimpanan barang yang praktis dan banyak di pakai untuk orang berpergian,Orang-orang juga banyak menggunakan tas sebagai fashion, Tas juga mempunyai beberapa jenis yang bisa di kelompokan berdasarkan bahan pembuatan tas itu sendiri.

Tas anyaman adalah sebuah tempat penyimpanan yang praktis yang terbuat dari berbagai bahan dan salah satunya yang terbuat dari tumbuhan yang di anyam. Bahan-bahan tumbuhan yang di anyam antara lain , Daun pandan, Eceng gondok, Rotan, Bambu dan Tumbuhan lainnya yang sudah di keringkan. Salahsatunya yaitu tas anyaman dari tali kur.  Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara dasar membuat Tas Anyaman yang terbuat tali kur.

Akan tetapi, Dari setiap bahan yang di guanakan itu sendiri mempunyai kekurangan dan kelebihannya. Kekurangan dari tas tali kur ini adalah cara pembuatannya yang cukup rumit, Selain rumit juga membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam pembuatan tas nya, Sehingga banyak orang yang kurang sabar kemungkinan besar akan jenuh dengan membuat tas dari tali kur tersebut.

Saya akan sedikitnya menjelaskan alasan saya mengapa membuat artikel tentang “” karna, saya adalah mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Provinsi Banten. Awalnya saya tidak terpikirkan bahwa saya akan menjalankan usaha tas dari tali kur ini. Tetapi seiring jalannya waktu saya berpikir untuk ingin mempunyai usaha sendiri yang dapat membantu perekonomian keluarga dan mengisi waktu luang saya ketika tidak ada tugas di kampus. Alhamdulillah  dengan saya bermodalkan uang sebesar Rp 50.000,00 untuk membeli tali kur dan saya buat tas anyaman dari tali kur bisa saya jual dengan harga Rp 200.000,00.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Jeneponto, Sulawesi Selatan

Proses pembuatannya pun cukup menyita waktu sekitar dua minggu saya bisa mengerjakan satu tas anyaman dari tali kur. Jadi, Alasan saya untuk membuat artikel ini untuk membagi sedikit ilmu dalam hal pembuatan tas dari tali kur ini dan sebagai referesni bagi yang lain dalam hal bisnis di kalangan mahasiswa. Banyak model-model yang dapat kita buat dan itu juga bisa menentukan harga jual tas tali kur tersebut. Semakin cantik dan rumit semakin baik pula harga yang di patok. Sekarang langsung saja kita masuk ke pembahasan cara pembuatan tas dari tali kur .

tali kur

Cara membuat tas dari tali kur sederhana

Bahan dan Alat yang dibutuhkan untuk membuat Tas dari Tali Kur sederhana.

  • Tali kur , banyak dan warna sesuai dengan kebutuhan dan selera.
  • Bahan, untuk bagian dalam tas.
  • Jarum dan benang, untuk mengabungkan bagian-bagian terentu.
  • Cutter atau gunting untuk memotong tali kur.
  • Resleting, sesuai dengan ukuran tas.
  • Korek api, untuk menggabungkan dua tali atau menutup ujung tali.
Baca Juga :  Tips Terbaik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teknik dasar untuk membuat tas dari tali kur sederhana

Setelah kita siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan tas dari tali kur, Alangkah baik nya kita mengetahui teknik dasar cara membuat tas dari tali kur.

  1. Siapkan dua buah tali kur dengan ukuran yang sama yaitu masing-masing 2 meter. Lipat menjadi dua bagian sebagai patokannya. Disejajarkan masing –masing tali sehingga membentuk empat Lihat gambar di atas kita urutkan tali yang paling kiri sebagai nomor 1 dan sampai ujung kana itu nomor 4.
  2. Selanjutnya, Ambil tali nomor 4 lalu tarik kebelakang mengarah ke paling kiri menuju nomor 1.
  3. Kemudian, Ambil tali nomor 1, lalu letakan ke belakang tali nomor 4.
  4. Selanjutnya, ambil tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan tali nomor 1 ke lubang nomor 3 dan tali nomor 4.
  5. Selanjutnya, Tali nomor 1 diarahkan menuju ke arah kiri, Kemudian di gunakan tali nomor 4 untuk mengunci dengan cara melipatnya menuju arah kanan lalu memasukanya ke lubang belakang.
  6. Kemudian, Tarik dengan kuat tali tersebut sehingga menjadi satu kepala pada bagian dasar. Lalu, Buatlah dasar kepala dengan jumlah yang genap supaya tas seimbang antara kiri dan kanan. Semakin besar ukuran tas yang akan dibuat maka semakin banyak pula dasar kepala yang harus di buat.
  7. Selanjutnya, Untuk menyambung kepala-kepala yang sudah dibuat itu dengan cara yang sama dengan cara awal kita membuat kepala tadi. Hanya saja 2 kepala yang dirangkai harus dijadikan 2 utas tali untuk bagian kanan pada dua utas tali bagian kiri dan dua utas untuk bagian kanan pada dasar kepala yang berbeda.
  8. Selanjutnya, Buatlah model rangkaian bawah tas supaya hasilnya lebih bagus dan rapih.
Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Batang, Jawa Tengah

Untuk referensi model-model tas dari tali kur bisa di lihat di chanel youtube yang menjelaskan model-model tas tali kur yang anda ingin kan atau bisa juga dari kreativitas anda sendiri untuk membuat model-model tas dari tali kur itu sendiri. /Selviana Rahayu, (Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten)