Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Teknik Dan Ciri Ciri Gambar Cerita

113

KABARPANDEGLANG.COM – Gambar cerita yakni gambar yang memberikan aktivitas orang-orang atau hewan-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita mampu ditemui pada buku-buku kisah, terutama untuk belum dewasa, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau dongeng khayalan. Bagaimana gambar cerita dibuat?

Menggambar dongeng dapat dilakukan dengan teknik kering atau teknik berair. Teknik kering memakai media pensil, arang, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik berair memakai media berupa cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer.

Dalam pelaksanaannya, kau mampu memakai aneka macam macam teknik. Kamu mampu menggambar cerita dengan teknik kering saja. Kamu mampu menciptakan gambar dongeng dengan teknik lembap saja. Namun, kau juga dapat menggambar dongeng dengan menggabungkan teknik kering dan teknik berair.

Baca Juga :  Pasar Tradisional Muara Kuin

Gambar cerita merupakan salah satu karya seni berupa gambar dua dimensi yang disusun sedemikian rupa untuk kemudian menjalin sebuah dongeng. Gambar-gambar dilengkapi teks obrolan maupun narasi, lalu dicetak baik di koran, buku, atau media digital.. Ciri-ciri gambar dongeng:

  1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu klarifikasi atau dongeng.
  2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  3. Menambah nilai keindahan hidangan sebuah tulisan atau kisah.

Ayo Mengamati

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang Teknik dan Ciri Ciri Gambar Cerita

Gambar tersebut merupakan cuplikan dari buku dongeng bergambar yang berjudul “Kakek Bangau yang Baik Hati”. Buku tersebut menceritakan sebuah sawah yang kekeringan. Ketam dan katak yang biasa hidup di situ menjadi sangat tersiksa.

Mereka meminta sumbangan kepada Kakek Bangau. Merasa iba, maka Kakek Bangau terbang berkeliling mencarikan daerah basah bagi ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek Bangau menemukan sebuah telaga, kemudian dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam ke telaga itu.

Baca Juga :  Mengidentifikasi Sifat Adonan

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

  1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita? Ya.
  2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu? Karena gambar tersebut emudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau kisah.

Karya gambar kisah banyak kita temui pada buku dongeng, terutama buku dongeng bergambar atau komik. Perhatikan gambar berikut.

Ikan dan Kak Diko

Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang Teknik dan Ciri Ciri Gambar Cerita

Ayo Menulis

Kamu telah melihat pola karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tulislah dalam kotak berikut.

Ciri-ciri gambar kisah:

  1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau kisah.
  2. Memberikan gambaran singkat isi goresan pena atau cerita yang disampaikan.
  3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.

Ayo Mencoba

Tentukan satu tema yang kau pilih untuk membuat gambar kisah. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu mampu mengambil beberapa pola tema berikut.

Baca Juga :  Ciri Manfaat Dan Akibat Adanya Kerukunan Hidup.

1. Lingkunganku sehat airku bersih.
2. Aku menjaga sungaiku bersih.
3. Indonesia bermacam-macam, Indonesia kaya.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More