Teks Eksplanasi Mengapa Harus Hemat Listrik?

  • Bagikan
Teks Eksplanasi Mengapa Harus Hemat Listrik?

KABARPANDEGLANG.COM – Di kurun globalisasi ajakan listrik terus meningkat karena teknologi yang juga berkembangi. Tetapi, undangan yang tinggi tidak diimbangi dengan pasokan listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik negeri kita sehingga ada beberapa tempat yang tidak kebagian listrik.

Banyak dari kita yang sudah mampu menikmati listrik tidak bijak dalam pengunaannya, boros tanpa menyadari bantu-membantu masih ada orang-orang yang kesulitan untuk menyalakan lampu pada malam hari. Untuk lebih jelasnya silahkan simak teks eksplanasi  ihwal hemat listrik berikut ini.

Mengapa Harus Hemat Listrik?

Hampir semua acara insan di kurun globalisasi ini membutuhkan energi listrik, mulai dari acara rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/ industri, bahkan kegiatan eksklusif pun memerlukan tenaga listrik.

Baca Juga :  Nilai Yang Tepat Mewakili Modus, Median Dan Mean

Tanpa listrik kita tidak bisa bayangkan bagaimana hasilnya kehidupan insan di kala sekarang dan di era yang akan datang. Namun, di balik manfaatnya, energi listrik ternyata juga mempunyai efek negatif bagi kehidupan di Bumi jikalau kit menggunakannya secara berlebihan.

Dampak dari pemborosan energi bahu-membahu sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global. Meningkatnya suhu Bumi antara lain disebabkan oleh gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor.

Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfunsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global akan menjadikan cuaca tidak teratur, trend panas yang berkepanjangan hingga berakibat kekeringan di mana-mana.

Kemudian mencairnya pegunungan es di pecahan bumi utara dan selatan yang akan menenggelamkan sebagian besar daratan. Jika hal ini terus terjadi maka manusia akan terancam habitatnya akibat pemanasan global.

Baca Juga :  Menghargai Jasa Pendekar

Untuk menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang mampu dilakukan yaitu dengan melakukan perilaku hidup hemat listrik. Contoh sederhana yang bisa kita lakukan adalah:

  • Pilih peralatan hemat energi, seperti mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
  • Pahami lingkungan sekitar kita. Bila menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan mematikan semua peralatan listrik yang tidak terpakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll) sebelum meninggalkan ruangan.

Dengan melaksanakan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan Bumi kita secara faktual. Kita mampu bayangkan berapa besar energi listrik yang kita irit dengan melaksanakan gerakan ekonomis energi

Tuliskan info penting tersebut dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

Di era globalisasi permintaan listrik terus meningkat karena teknologi yang juga berkemban Teks Eksplanasi Mengapa Harus Hemat Listrik?
Paragraf 1: Topik Masalah

Hampir semua acara manusia di kurun globalisasi membutuhkan energi listrik. Namun energi listrik ternyata memiliki efek negatif jikalau digunakannya secara berlebihan.

Baca Juga :  Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Paragraf 2: Deret Penjelas

Dampak dari pemborosan energi diantaranya ialah pemanasan global. Pemanasan global mengakibatkan cuaca tidak teratur dan  animo panas yang berkepanjangan. Manusia terancam habitatnya akibat pemanasan global.

Paragraf 3: Deret Penjelas

Untuk menghindari pemanasan global mampu dilakukan yaitu dengan melaksanakan sikap hidup irit listrik. Contohnya adalah dengan memiilih peralatan irit energi dan mematikan semua peralatan listrik yang tidak terpakai.

Paragraf 4: Simpulan dan pesan/ pendapat langsung penulis

Dengan hemat energi listrik berarti kita telah menyelamatkan Bumi kita secara aktual.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan