Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?

  • Bagikan
Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?

KABARPANDEGLANG.COM – Listrik mempunyai peran penting di masa globalisasi. Globalisasi terjadi alasannya adalah perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia dikala ini menjadi sangat dekat dengan listrik.

Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, ketika arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, insiden tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan bahu-membahu juga tidak menyukai peristiwa mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup usang. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik.

Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain yaitu: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang besar lengan berkuasa bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar ialah: gangguan alam mirip petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menimbulkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?

Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya mampu membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita gotong royong ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Baca Juga :  Manfaat Gotong Royong Mendukung Keberagaman Sosial

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama sobat untuk menerima tanggapan yang lengkap dan tepat.

1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?

Peran listrik di kurun globalisasi

2. Apa saja penyebab terputusnya anutan listrik dari stasiun pembangkit sampai ke rumah warga?

Penyebab terputusnya pedoman listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga adalah Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?

Cara mencegah matinya lampu mampu dilakukan dengan mencegah gangguan alam mirip petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menjadikan kabel tanah rusak

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama sobat untuk menerima tanggapan yang tepat dan lengkap.

Ayo Menulis

Tuliskan info tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut. Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi Teks Eksplanasi Mengapa Mati Lampu?
Paragraf 1

Listrik memiliki peran penting di masa globalisasi.  Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan.

Paragraf 2

Penyebab terputusnya fatwa listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga adalah Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

Paragraf 3

Sebagai pengguna listrik mampu membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu

Penemuan listrik sangat kuat terhadap proses globalisasi. Benda-benda menggunakan energi listrik yang berperanan sampai terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

Pengaruh listrik terhadap globalisasi yakni menawarkan peran yang sangat besar terhadap jalan masuk isu ke banyak sekali potongan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan