Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Teks Eksplanasi Menghasilkan Energi Listrik

50

KABARPANDEGLANG.COM – Kita sering mendengar bahwa kala 20 merupakan kala globalisasi. Berbagai insiden dari aneka macam cuilan dunia mampu kita saksikan langsung melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita dapat bekerjasama dengan sanaksaudara, kerabat, atau teman yang berada di negara lain dengan gampang. Kita seakan hidup dalam satu desa yang sangat besar.

Ayo Membaca

Baca teks ekplanasi ilimiah berikut dengan teliti.

Menghasilkan Energi Listrik

Listrik memiliki tugas penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi sebab perkembangan teknologi di aneka macam bidang, yang didukung oleh tugas listrik sebagai sumber energi di dalamnya.

Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus info kemudian menyebar dengan begitu cepat ke aneka macam negara di berbagai serpihan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di abad globalisasi dikala ini.

 Berbagai peristiwa dari berbagai belahan dunia dapat kita saksikan langsung melalui layar Teks Eksplanasi Menghasilkan Energi Listrik

Listrik dihasilkan di sentra pembangkit menggunakan bermacam-macam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4).

Baca Juga :  Melaksanakan Penelitian Adat Setempat

Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air lalu menggerakan turbin. Energi gerak tersebut lalu diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh akses transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik yakni turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari ajaran air, juga mampu didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang mampu digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Baca Juga :  Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan perihal proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada kejadian lain sebelumnya dan insiden tersebut mengakibatkan kejadian yang lain sesudahnya.

Struktur teks ekplanasi terdiri dari Pernyataan Umum (Topik Masalah), Deretan Penjelas, dan Interpretasi (Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis)

  1. Pernyataan Umum. Berisi perihal klarifikasi umum tentang fenomena yang akan dibahas, mampu berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Dalam contoh teks di atas. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa citra secara umum .
  2. Deretan Penjelas. Berisi wacana klarifikasi proses menghasilkan energi listrik.
  3. Interpretasi (Opsional). Teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud yakni, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan gugusan penjelas. Opsionalnya mampu berupa balasan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.
Baca Juga :  Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel Dan Grafik

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan isu penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut.

Teks Eksplanasi Menghasilkan Energi Listrik

Paragraf 1 : Topik Masalah

Listrik mempunyai tugas penting di periode globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi.

Paragraf 2 : Deretan Penjelas

Listrik dihasilkan di sentra pembangkit menggunakan bermacam-macam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai menggerakan turbin. Energi gerak tersebut lalu diubah menjadi energi listrik .

Paragraf 3 Kesimpulan

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Energi penggerak turbin berasal dari ajaran air, angin, geothermal, dan sumber energi lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More