Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Teks Ulasan Pengaruh Kejadian Sumpah Pemuda 1928

37

KABARPANDEGLANG.COM – Dengan mempelajari pergerakan kebangsaan Indonesia, kita makin tahu sejarah perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. Kita juga tahu bahwa munculnya kesadaran nasional dan pergerakan kebangsaan Indonesia dipelopori oleh para perjaka dan pelajar.

Mereka dengan segenap aliran dan tenaga berupaya memperjuangkan nasib bangsa Indonesia. Perjuangannya melalui organisasiorganisasi pergerakan yang tentunya menuntut adanya kemampuan berpikir, bekerja sama, berstrategi, dan berdiplomasi.

Salah satu pelajaran yang dapat kita petik yaitu hasil aliran pemuda yang tercetus dalam Ikrar Sumpah Pemuda. Pada dikala itu, semua perjaka saling menyadari dan mengakui, serta meletakkan ego kedaerahannya masingmasing untuk melebur dalam satu kepentingan demi terwujudnya satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, adalah Indonesia.

Ikrar tersebut bisa memotivasi seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu mengusir penjajah.

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Pada tanggal 28 Oktober 1928, suatu tekad yang sangat penting bagi penguatan konsep wawasan kebangsaan Indonesia telah diikrarkan. Ikrar tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi terbentuknya negara kesatuan.

Baca Juga :  Kejadian Sumpah Cowok 1928

Tekad untuk bersatu dan mengesampingkan alasan-alasan kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan. Namun, persatuan itu tetap dalam kerangka saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada. Kesemuanya bersatu padu dan melebur dalam ikrar Sumpah Pemuda.

Sejak insiden Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan. Pengaruhnya pun sangat besar bagi organisasi pergerakan. Organisasi-organisasi politik yang lahir sehabis insiden Sumpah Pemuda semuanya memakai kata “Indonesia” dalam namanya.

Begitu pun dengan organisasi yang masih bersifat kedaerahan mulai memproses untuk bersatu dalam satu wadah, ialah Organisasi Indonesia Muda. Adapun tujuannya yakni untuk mempererat tali persatuan segenap pemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.

Dengan mempelajari pergerakan kebangsaan Indonesia Teks Ulasan Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Peristiwa Sumpah Pemuda telah membawa kesadaran dalam diri setiap orang akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah bangsa. Penyatuan berbagai sifat kedaerahan menjadi sifat nasional terus dilakukan.

Baca Juga :  Karakteristik Iklan Media Elektronik

Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa. Rasa inilah yang kemudian menjadikan timbulnya semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada denah di bawah ini.

Ulasan Teks
Judul teks Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928
Bagian yang paling menarik Sejak insiden Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.
Informasi penting
  1. Pada tanggal 28 Oktober 1928 terbentuk tekad untuk bersatu dalam ikrar Sumpah Pemuda.
  2. Sejak insiden Sumpah Pemuda 1928 timbul kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.
  3. Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 kuat sangat besar bagi organisasi pergerakan.
  4. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa.
Pendapat aku ihwal teks ini Saya sangat baiklah bahwa Sumpah Pemuda menawarkan pengaruh yang sangat besar bagi usaha bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari penjajahan bangsa aneh
Saya menyarankan teks ini karena Saya menyarankan teks ini karena berisi gosip yang sangat penting ihwal dampak Sumpah Pemuda terhadap perjuangan bangsa Indonesia
Baca Juga :  Membedakan Zat Tunggal Dan Adonan

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan berita penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

  1. Sejak kejadian Sumpah Pemuda 1928 timbul kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.
  2. Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 besar lengan berkuasa sangat besar bagi organisasi pergerakan.
  3. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More