TIDAK ADANYA SMOKING AREA DALAM BUS LABUAN-KALIDERES

oleh -195 views

KABARPANDEGLANG.COM – TIDAK ADANYA SMOKING AREA DALAM BUS LABUAN-KALIDERES, Transportasi umum berupa bus dengan trek Labuan-Kalideres di Pandeglang memang memadai, banyaknya armada bus seperti Murni Merah, Murni Putih dan Asli dengan selisih waktu pemberangkatan yang singkat memudahkan para calon penumpang yang kadang terlambat.

Namun terdapat kekurangan dalam pelayanan di dalam bus, yaitu tidak disediakannya smoking area, perjalanan dari terminal tarogong Labuan menuju terminal Pakupatan Serang yang memakan waktu kurang lebih 3 jam terasa menyesakkan dada karena banyak penumpang yang merokok didalam bus, perokok yang didominasi pria tak jarang menghiraukan penumpang lain yang sudah menutup hidungnya sebagai tanda bahwa rokoknya sangat mengganggu.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Soppeng, Sulawesi Selatan

Penumpang dari berbagai kalangan usia pun terkadang tak dipedulikan oleh perokok, bahkan banyak ibu yang membawa bayinya terpaksa harus duduk dibagian depan dengan angin yang cukup kencang dari pintu bus yang sengaja dibuka.  Kelebihan muatan pun sering terjadi sehingga sebagian penumpang harus berdiri dan berusaha menyeimbangkan posisinya serta harus menutup hidungbila asap rokok sudah tak terhankan lagi, betapa repotnya mentoleransi perokok.

Pemerintah kabupaten Pandeglang sebaiknya memperhatikan pelayanan bus trek Labuan-Kalideres dengan memberikan peringatan tertulis bagi para perokok dan menyediakan smoking area di dalam bus sehingga semua penumpang nyaman dalam melakukan perjalanan serta diharapkan pula memperbanyak bus ber-AC lengkap dengan smoking areaagar sopir dan kondektur juga tidak merokok saat perjalanan. /Ghina T