Tiga Sektor Yang Janjikan Potensi Ekspor Besar Bagi Umkm

  • Bagikan
Default Social Share Image

Pandeglangnews.co.id, – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masdukimengungkapkan terdapat 3 sektor yang menjanjikan kesempatan ekspor besar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Meski sarat tantangan, UMKM masih mempunyai cita-cita dan potensi untuk mengembangkan skala usahanya lewat 3 sektor itu.

“Peluang untuk memajukan ekspor masih terbuka lebar kalau pelaku UMKM mau melaksanakan inovasi produk dan mendesainnya dengan sentuhan teknologi,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (10/10).

Ia menjabarkan 3 sektor tersebut meliputi produk masakan dan minuman, fesyen, serta furnitur dan kerajinan. Saat ini, lanjutnya, bantuan ekspor UMKM cuma meraih 14 persen dibandingkan perjuangan besar dengan dukungan hingga 86 persen dari ekspor.

Baca Juga :  Sudah Menikah Tapi Masih Mencintai Mantan? Perhatikan 3 Hal Ini

“Angka ini masih jauh dari donasi UKM di negara-negara APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) yang berkisar 35 persen,” sambungnya.

Ia mengungkapkan UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi covid-19. Bahkan, berdasarkan prediksi Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) separuh UMKM terpaksa mesti bangkrut sehabis September 2020.

Oleh alasannya adalah itu, Teten menuturkan semoga UMKM tetap bertahan membutuhkan bantuan bareng lintas sektoral. Contoh pertolongan itu, kata ia, seperti acara Gerakan Belanja di Warung Tetangga yang digagas Kemenkop UKM. Selain itu, pinjaman acara produksi alat pelindung diri oleh UMKM.

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE